Manfaat Mengonsumsi Labu Siam

Kesehatan

Manfaat Mengonsumsi Labu Siam

Sechium edule atau yang lebih dikenal dengan labu siam sering dikonsumsi warga Jakarta dan sekitarnya. Rasanya yang ringan juga segar biasa disajikan dalam berbagai macam masakan, seperti lalap, sayur bening atau sayur lodeh. Selain itu labu siam juga bisa diolah dengan dikukus atau ditumis.

Bukan hanya nikmat, labu siam juga mengandung beberapa nutrisi penting yang baik dikonsumsi bagi kesehatan tubuh Anda. Dikutip dari beberapa sumber, berikut rangkuman PingPoint.co.id (21/8/2019) mengenai manfaat labu siam:

Manfaat Mengonsumsi Labu Siam
  • Menghilangkan Kembung

Labu siam bermanfaat untuk mengobati gangguan pada perut, zat diuretik yang terkandung di dalamnya berguna untuk mengobati perut kembung.

  • Menjaga Kolesterol

Labu siam rendah kalori, serta tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Namun, kaya akan serat makanan, antioksidan, vitamin dan mineral.

[Baca Juga: Rasa Pahit Pare Ternyata Punya Manfaat yang Berlimpah]

  • Menurunkan Tekanan Darah

Labu siam mengandung zat yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi, melarutkan batu ginjal, dan mengobati aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah arteri.

  • Sumber Folat Dan Vitamin B Kompleks

Labu siam merupakan sumber baik vitamin B kompleks seperti, asam folat. Folat sangat penting dalam pembelahan sel dan pembentukan DNA. Mengkonsumsi labu siam dalam jumlah yang cukup sebelum atau selama awal kehamilan bisa membantu mencegah cacat tabung saraf pada bayi.

Manfaat Mengonsumsi Labu Siam

  • Mencegah Anemia

Kekurangan vitamin B2 dan zat besi bisa menyebabkan seseorang mengalami kekurangan darah merah atau anemia. Labu siam mengandung dua unsur tersebut yang mampu merangsang produksi sel darah merah dan hemoglobin di dalam tubuh, sehingga dapat mencegah terjadinya anemia.

  • Anti-kanker dan Mencegah Penuaan Dini

Labu siam juga mengandung antioksidan flavonoid poli fenolik seperti, apigenin dan luteolin. Senyawa ini bermanfaat untuk mengikat radikal bebas berbahaya dalam tubuh yang berperan dalam pembentukan kanker, penuaan dini, dan berbagai macam penyakit.

[Baca Juga: Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan Tubuh]

  • Sumber Stamina

Labu siam juga mengandung potasium yang merupakan salah satu jenis elektrolit yang beguna sebagai sumber stamina tubuh kita.

Selain harga yang terjangkau dan sangat mudah didapat, dengan mengonsumsi labu siam sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda. Anda bisa kreasikan dalam sajian masakan khas atau resep turun-temurun keluarga Anda.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.