Manfaat Soda Kue Bagi Tubuh.jpg

Kesehatan

Manfaat Soda Kue untuk Kesehatan Tubuh

Jika Anda rutin membuat kue, tentu Anda familiar dengan baking soda atau soda kue. Bubuk pengembang atau yang dikenal juga dengan sebutan sodium bikarbonat ialah substansi bubuk putih tanpa aroma yang merupakan kombinasi antara sodium dengan hidrogen karbonat.

Harganya yang cukup terjangkau membuat soda kue biasa digunakan untuk memanggang makanan kecil atau camilan. Tak Cuma itu, soda kue memiliki sifat ragi, yang artinya menyebabkan adonan naik dengan menghasilkan karbondioksida. Selain berfungsi untuk memasak, soda kue memiliki beragam manfaat kesehatan untuk tubuh.

[Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Oleh-oleh Kue Kering]

Bahkan, dilansir dari clearhealthinn.com (28/1/2019), soda kue bisa membantu mengobati beberapa penyakit yang mengancam jiwa. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of American Society of Nephorology (28/1/2019), dari 134 pasien yang punya ginjal kronis diminta untuk mengonsumsi baking soda. Hasilnya, sebanyak 36 persen mengalami perkembangan penyembuhan lebih cepat.

Maka, apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi soda kue untuk kesehatan? Berikut tiga manfaat soda kue untuk tubuh.

1. Mencegah Kanker dan Membantu Kemoterapi

Memang tidak ada penelitian ilmiah yang menyatakan bahwa soda kue bisa mencegah seseorang dari serangan kanker. Namun, seperti yang dilansir dari clearhealthinn.com (28/1/19), soda kue bisa membantu beberapa perawatan kanker, seperti kemoterapi untuk bekerja lebih baik.

Beberapa obat kemoterapi memerlukan kondisi basa. Artinya, tingkat Ph tubuh Anda harus lebih dari 7. Itulah sebabnya mengapa soda kue dapat menghasilkan hasil yang bagus untuk membantu perawatan penyakit kanker.

2. Meredakan Rasa Gatal

Walaupun baking soda tidak baik untuk digunakan sehari-hari terutama pada kulit, namun soda kue bisa meredakan rasa gatal akibat gigitan serangga. Hal ini terjadi karena kandungan soda kue lebih baik ketimbang kandungan tepung jagung maupun oatmeal.

Ada dua cara yang bisa Anda gunakan menggunakan baking soda terutama untuk merawat kulit yang gatal dan terbakar sinar matahari. Salah satunya ialah dengan cara membuat krim dengan campuran 1-2 cangkir soda kue beserta air secukupnya. Lalu, oleskan krim tersebut pada area kulit gatal. Yang kedua ialah dengan membuat pasta dari campuran baking soda dan air. Oleskan pasta soda kue tersebut ke area kulit yang terbakar sinar matahari.

3. Mengobati Asam Lambung

Mengonsumsi makanan yang terdapat soda kue diyakini mampu untuk menangani asam lambung. Hal ini terjadi karena kandungan sodium bikarbonat yang dimiliki baking soda serupa dengan pankreas manusia. Sodium bikarbonat juga punya kemampuan untuk menetralisasi asam lambung dan mengobati gejala yang timbul.

[Baca Juga: 4 Jenis Penyakit yang Menyerang Kelenjar Tiroid]

Dilansir dari Homeremediesforlife.com (28/1/2019), kombinasi soda kue yang dicampur dengan air bisa digunakan untuk mengurangi sakit pencernaan dan mual. Namun, sebaiknya Anda terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter sebagai upaya pencegahan jika terdapat efek samping yang dirasakan.

Perlu Anda perhatikan bahwa penggunaan campuran baking soda harus benar-benar larut sebelum digunakan. Karena pemakaian soda kue tak disarankan untuk menjadi obat jangka panjang.

Read More

Artikel Lainnya

Kasus Terus Bertambah, Flat Isolasi Mandiri Tower 5 Sudah Terisi 91 Persen

Kesehatan

Kasus Terus Bertambah, Flat Isolasi Mandiri Tower 5 Sudah Terisi 91%

21 September 2020, 16:25

Di Tower 5 sudah terisi 1.442 pasien OTG yang tidak punya tempat untuk melakukan isolasi mandiri. Ini berarti tingkat hunian Flat Isolasi Mandiri mencapai 91,84 persen.

Hasil Patroli Akhir Pekan di Bogor Cenderung Sepi dan Terkendali

Berita Kawasan

Hasil Patroli: Akhir Pekan i Bogor Cenderung Sepi dan Terkendali

21 September 2020, 15:11

Wali Kota Bima Arya dan tim menyisir sejumlah restoran dan kafe di sepanjang Jalan KH Abdulah Bin Nuh (Yasmin), Semplak, Cilendek hingga Gunung Batu di Kota Bogor.

HBO Rajai Emmy Awards untuk Televisi, Apple Raih Piala Pertama

Hobi dan Hiburan

HBO Rajai Emmy Awards untuk Televisi, Apple Raih Piala Pertama

21 September 2020, 14:10

Pelopor streaming online Netflix Inc, yang memimpin perolehan dengan rekor 160 nominasi, memperoleh 21 penghargaan.

MRT Jakarta Raih Enam Penghargaan BUMD Marketeers Awards 2020

Bisnis

MRT Jakarta Raih Enam Penghargaan BUMD Marketeers Awards 2020

21 September 2020, 13:27

PT MRT Jakarta (Perseroda) juga mendapatkan penghargaan ICSB Presidential Award dari International Council for Small Business (ICSB) Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.