Manfaat Soda Kue Bagi Tubuh.jpg

Kesehatan

Manfaat Soda Kue untuk Kesehatan Tubuh

Jika Anda rutin membuat kue, tentu Anda familiar dengan baking soda atau soda kue. Bubuk pengembang atau yang dikenal juga dengan sebutan sodium bikarbonat ialah substansi bubuk putih tanpa aroma yang merupakan kombinasi antara sodium dengan hidrogen karbonat.

Harganya yang cukup terjangkau membuat soda kue biasa digunakan untuk memanggang makanan kecil atau camilan. Tak Cuma itu, soda kue memiliki sifat ragi, yang artinya menyebabkan adonan naik dengan menghasilkan karbondioksida. Selain berfungsi untuk memasak, soda kue memiliki beragam manfaat kesehatan untuk tubuh.

[Baca Juga: Tips Memulai Bisnis Oleh-oleh Kue Kering]

Bahkan, dilansir dari clearhealthinn.com (28/1/2019), soda kue bisa membantu mengobati beberapa penyakit yang mengancam jiwa. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan Journal of American Society of Nephorology (28/1/2019), dari 134 pasien yang punya ginjal kronis diminta untuk mengonsumsi baking soda. Hasilnya, sebanyak 36 persen mengalami perkembangan penyembuhan lebih cepat.

Maka, apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi soda kue untuk kesehatan? Berikut tiga manfaat soda kue untuk tubuh.

1. Mencegah Kanker dan Membantu Kemoterapi

Memang tidak ada penelitian ilmiah yang menyatakan bahwa soda kue bisa mencegah seseorang dari serangan kanker. Namun, seperti yang dilansir dari clearhealthinn.com (28/1/19), soda kue bisa membantu beberapa perawatan kanker, seperti kemoterapi untuk bekerja lebih baik.

Beberapa obat kemoterapi memerlukan kondisi basa. Artinya, tingkat Ph tubuh Anda harus lebih dari 7. Itulah sebabnya mengapa soda kue dapat menghasilkan hasil yang bagus untuk membantu perawatan penyakit kanker.

2. Meredakan Rasa Gatal

Walaupun baking soda tidak baik untuk digunakan sehari-hari terutama pada kulit, namun soda kue bisa meredakan rasa gatal akibat gigitan serangga. Hal ini terjadi karena kandungan soda kue lebih baik ketimbang kandungan tepung jagung maupun oatmeal.

Ada dua cara yang bisa Anda gunakan menggunakan baking soda terutama untuk merawat kulit yang gatal dan terbakar sinar matahari. Salah satunya ialah dengan cara membuat krim dengan campuran 1-2 cangkir soda kue beserta air secukupnya. Lalu, oleskan krim tersebut pada area kulit gatal. Yang kedua ialah dengan membuat pasta dari campuran baking soda dan air. Oleskan pasta soda kue tersebut ke area kulit yang terbakar sinar matahari.

3. Mengobati Asam Lambung

Mengonsumsi makanan yang terdapat soda kue diyakini mampu untuk menangani asam lambung. Hal ini terjadi karena kandungan sodium bikarbonat yang dimiliki baking soda serupa dengan pankreas manusia. Sodium bikarbonat juga punya kemampuan untuk menetralisasi asam lambung dan mengobati gejala yang timbul.

[Baca Juga: 4 Jenis Penyakit yang Menyerang Kelenjar Tiroid]

Dilansir dari Homeremediesforlife.com (28/1/2019), kombinasi soda kue yang dicampur dengan air bisa digunakan untuk mengurangi sakit pencernaan dan mual. Namun, sebaiknya Anda terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter sebagai upaya pencegahan jika terdapat efek samping yang dirasakan.

Perlu Anda perhatikan bahwa penggunaan campuran baking soda harus benar-benar larut sebelum digunakan. Karena pemakaian soda kue tak disarankan untuk menjadi obat jangka panjang.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.