Peranan Tumbuhan Paku Bagi Kehidupan Manusia

Kesehatan

Manfaat Tumbuhan Paku, Santapan, Pajangan, Hingga Bahan Baku Obat

Tumbuhan paku merupakan sebuah tumbuhan parasit yang sering Anda jumpai di daerah sekitar tempat tinggal Anda. Tumbuhan ini sering disebut sebagai tumbuhan pengganggu atau parasit. Karena memiliki ciri-ciri yakni bisa hidup di berbagai habitat seperti permukaan batu atau tanah, dan menempel pada kulit pohon. Bahkan tumbuhan ini lebih suka tinggal di tempat yang lembap atau higrofit. Bahkan tak sedikit orang yang tidak suka melihat tumbuhan ini, dinilai merusak esktetika dan mengotori sisi atau daerah tertentu.

Peranan Tumbuhan Paku Bagi Kehidupan Manusia

Namun di balik dari sifat parasit itu, terdapat manfaat yang berguna bagi kesehatan dan kehidupan manusia. Tumbuhan ini malah dijadikan sebagai bahan baku pembuatan obat-obatan, sebagai tanaman hias dan masih banyak lagi manfaat bagi manusia.

[Baca Juga: 3 Tanaman Hias yang Bantu Ademkan Rumah]

Dilansir dari beberapa laman, berikut ulasan PingPoint.co.id tentang peranan dan manfaat tumbuhan paku bagi kehidupan manusia, diantaranya :

  • Sebagai Bahan Baku Pembuatan Obat-obatan.

Beberapa jenis tumbuhan paku dimanfaatkan manusia sebagai bahan baku dalam membuat obat-obatan. Jenis tumbuhan paku tersebut diantaranya adalah equisetum, lycopodium clavatum, aspidium sp, dan dryopteris filix-mas.

  • Sebagai Bahan Makanan Sayuran

Tumbuhan paku seperti marsilea crenata atau semanggi, dan Salvinia natans atau kiambang dapat berperan sebagai sayuran yang memiliki manfaat nutrisi yang baik untuk tubuh. Bisa dimakan langsung sebagai lalap atau pun dimasak sebagai sayur lodeh.

Peranan Tumbuhan Paku Bagi Kehidupan Manusia

  • Sebagai Pupuk Hijau Alami yang Tidak Merusak Lingkungan

Anda juga dapat memanfaatkan untuk membuat pupuk hijau. Beberapa jenis tumbuhan paku yang dipakai untuk membuat pupuk ini adalah azolla pinnata bersimbiosis dengan anabaena azollae atau gangang biru. Pupuk dari tumbuhan paku ini bisa menyuburkan tanaman sebagai alternatif pengganti pupuk kimia.

  • Sebagai Tanaman Hias yang Menyejukkan

Selain beberapa manfaat di atas, tumbuhan paku berperan menjadi tanaman hias. Rumah Anda terlihat indah oleh tumbuhan paku jenis ini. Tumbuhan paku yang dijadikan sebagai tanaman hias seperti paku tanduk rusa, paku sarang burung, suplir, dan paku rane.

[Baca Juga: Kebayoran Lama Punya Lorong Tanaman Obat Keluarga]

Mengetahui tumbuhan paku memiliki peranan bagi kehidupan manusia, mungkin akan mengurangi ketidaksukaan Anda terhadap tanaman ini. Anda pun bisa memanfaatkannya untuk jenis menu masakan baru dan juga dapat menggunakannya sebagai obat-obatan. Ekstrak beberapa jenis tumbuhan paku yang terkandung dalam obat pun bisa Anda dapatkan dalam produk kesehatan. Tentunya Anda mesti konsultasikan terlebih dahulu ke dokter sebelum mengonsumsinya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.