Makanan yang Mengandung Vitamin C.jpg

Kecantikan dan Fashion

Manfaat Vitamin C dan Vitamin E untuk Kecantikan

Makan makanan yang sehat bukan hanya berfungsi untuk memiliki badan yang bugar. Mengonsumsi makanan sehat secara teratur juga bisa bermanfaat untuk menjaga kecantikan tubuh, mulai dari kulit, rambut, hingga kuku. Vitamin yang harus Anda konsumsi untuk menjaga kecantikan adalah Vitamin C dan Vitamin E.

[Baca Juga: Ini Sumber Kalsium dan Vitamin D Alternatif Selain Susu Sapi]

Kedua vitamin ini bisa Anda temukan dalam makanan sehari-hari, namun perlu Anda perhatikan, asupan vitamin harian untuh tubuh tidak terlalu banyak, sehingga terlalu mubazir jika Anda mengonsumsi dalam dosis tinggi. Berdasarkan referensi dari Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Angka Kecukupan Gizi yang dianjurkan bagi masyarakat Indonesia sebagaimana disebutkan dalam No.75 tahun 2013 menyebutkan kebutuhan Vitamin C untuk pria (19 -64 tahun) cukup dengan 90 mg/hari sedangkan wanita (19-64 tahun) cukup dengan 75 mg/hari. Sedangkan untuk dosis Vitamin E harian yang dianjurkan untuk pria dan wanita (19-64 tahun) adalah sebanyak 15 mg/hari.

Sumber Makanan Mengandung Vitamin E

Vitamin C bisa Anda dapatkan dari jambu biji, cabai, kiwi, jeruk, stroberi, melon, brokoli, kembang kol ubi, dan lainnya. Sedangkan sumber makanan yang mengandung Vitamin E adalah kacang-kacangan dan biji-bijian. Setelah mengonsumsi kedua vitamin ini dengan rutin, manfaat apa saja yang bisa Anda dapatkan? Inilah manfaat kecantikan yang bisa Anda dapatkan ketika mengonsumsi Vitamin E dan C secara rutin.

1 Menangkal Penuaan Dini

Melansir dari womenhelathmag.com, sebuah penelitian yang berjudul American Journal of Clinical Nutrition (2007) menemukan wanita paruh baya yang rutin mengonsumsi Vitamin C dari makanan yang langsung dari alam (real food) memiliki kerutan yang lebih sedikit dan kulitnya lebih lembap. Penemuan ini mendorong para ahli untuk sepakat, Vitamin C sebagai bahan untuk memperlambat penuaan berkat radikal bebas.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Selatan Tekankan Pentingnya Gizi Seimbang]

Sedangkan menurut lansiran yang diambil dari popsugar.com mengatakan jika minyak Vitamin E sangat baik untuk memperbaiki penuaan karena mempercepat regenerasi sel, meningkatkan elastibilitas, dan melindungi pertumbuhan kolagen.

2 Baik untuk Kesehatan Rambut

Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang efektif untuk meningkatkan pertumbuhan dan menguatkan rambut. Sedangkan Vitamin E sangat biak untuk menstimulasi pertumbuhan rambut karena mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan sirkulasi darah, khususnya pada kulit kepala.

3 Memperindah Kuku

Agar tampilan kuku Anda makin indah, coba maksimalkan konsumsi Vitamin E. Dengan dosis yang cukup, Vitamin E dapat membantu kuku dan kutikel jadi lebih lembap, menghindari kuku yang mudah patah sehingga pertumbuhannya makin baik. Begitu juga juga Vitamin C yang dapat membantu menjaga kekuatan kuku.

Itulah manfaat Vitamin E dan C untuk kecantikan tubuh, rambut, dan kuku Anda. Jika dengan makanan Anda merasa kurang maksimal, Anda bisa tambahkan multivitamin. Namun perhatikan dosisnya, jangan sampai dosisnya berlebihan.

Read More

Artikel Lainnya

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik .jpg

Berita Kawasan

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik

29 September 2020, 16:08

Salah satu inovasi yang diterapkan di Terminal Jatijajar di masa pandemi seperti sekarang adalah pemberlakukan sistem e-ticketing.

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir.jpg

Berita Kawasan

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir

29 September 2020, 15:03

Wali Kota Tangerang memastikan pihaknya sudah mempersiapkan skenario antisipasi terhadap potensi terjadinya banjir akibat musim hujan.

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember

29 September 2020, 14:02

Pemkot Tangerang saat ini tengah bekerja keras untuk mengubah status wilayahnya dari zona orange menjadi zona hijau COVID-19.

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September .jpg

Berita Kawasan

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September

29 September 2020, 13:01

Pasar Ciplak di wilayah Jakarta Selatan disebut ditutup pada pekan ini usai ada pedagang yang positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.