Manfaatkan Air Cucian Beras Untuk Wajah Lebih Cerah

Kecantikan dan Fashion

Manfaatkan Air Cucian Beras untuk Wajah Lebih Cerah

Mulai sekarang kalian jangan langsung membuang air yang digunakan untuk mencuci beras. Sebab, air cucian beras yang selama ini sering dibuang begitu saja ternyata memiliki banyak khasiat. Bahkan wanita di berbagai belahan dunia seperti: Jepang, Tiongkok dan negara di Asia Tenggara banyak yang memanfaatkannya untuk mempercantik diri.

[Baca Juga: 10 Ciri Perbedaan Jenis Beras]

Beras sendiri diketahui mengandung oryzanol yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan terbukti mampu untuk menangkal sinar ultraviolet yang masuk ke dalam kulit. Selain itu, air cucian beras penuh dengan vitamin, mineral dan asam amino termasuk asam ferulat, antioksidan kuat, dan allantoin, yang mengandung sifat anti-inflamasi.

Meski begitu, pastikan juga air cucian beras yang kalian ambil bukan air cucian beras pertama yang masih kotor, melainkan air cucian beras terakhir ketika beras sudah mulai dirasa benar-benar bersih. Gunakan air tersebut untuk mencuci muka untuk dapat merasakan manfaatnya.

Maanfaatkan Air Cucian Beras Untuk Wajah Lebih Cerah

Lalu apa saja manfaat dari air cucian beras ini?

  • Pembersih Wajah

Cobalah untuk rutin membersihkan wajah kalian dengan air cucian beras. Caranya dengan mencelupkan kapas ke dalam cairan air cucian beras lalu kemudian pijat dengan lembut ke bagian wajah selama beberapa menit. Diamkan sampai benar-benar menyerap. Jika dilakukan setiap hari, kulit Anda akan terasa lembut, kencang, dan bercahaya. Air cucian beras ini juga berkhasiat untuk meningkatkan pertumbuhan sel, menstimulasi aliran darah, dan membantu menjaga kulit tetap halus dan cerah.

  • Perawatan Jerawat

Untuk kalian yang memiliki masalah dengan jerawat, kalian bisa mencoba juga memanfaatkan air cucian beras. Karena selain mencerahkan kulit, air beras juga membantu menyembuhkan jerawat dan mendinginkan kulit. Hal itu dikarenakan air beras berfungsi sebagai astringent pada kulit yangb bisa mengencangkan pori-pori. Kandungan allantoin pada air cucian beras ini juga mampu mengurangi produksi minyak berlebih yang menjadi salah satu penyebab jerawat.

  • Meredakan Kulit Hitam Akibat Sinar Matahari

Air cucian beras bisa digunakan untuk meredakan kulit yang hitam akibat terbakar sinar matahari. Sebab kandungan antioksidan dalam air cucian beras ini dipercaya dapat merangsang produksi kolagen pada kulit yang dapat mencegah lahirnya kerutan, melindungi kulit dari dampak sinar matahari, dan bersifat anti-aging.

  • Memperbaiki Kerusakan Rambut

Selain untuk perawatan wajah, air cucian beras ini juga bermanfaat bagi rambut. Dikutip dari Healthline, penelitian membuktikan bahwa kandungan inositol yang ditemukan dalam air cucian beras mampu memperbaiki rambut yang rusak termasuk kusam dan bercabang. Caranya, dengan menggunanan air cucian beras setelah kalian selesai menggunakan shampoo. Pijat kulit kepala dan biarkan hingga 20 menit baru kemudian bilas rambut hingga bersih dengan air. Coba lakukan ini dua kali dalam seminggu. Kemudian erhatikan perubahaanya dalma satu bulan.

[Baca Juga: Kenali 5 Dampak Buruk Membersihkan Wajah Pakai Tisu Basah]

Bagaimana? Apakah kalian mulai tertarik untuk menggunakan air cucian beras untuk merawat kulit wajah dan rambut?

Read More

Artikel Lainnya

JOOX Siap Manjakan Penggemar K-Pop dari Juni Hingga Agustus.jpg

Hobi dan Hiburan

JOOX Siap Manjakan Penggemar K-Pop dari Juni Hingga Agustus

03 June 2020, 21:00

Dengan program terbarunya, JOOX ingin memanjakan para penggemar K-Pop di Tanah Air sekaligus berikan kesempatan berinteraksi dengan idola.

Di Antara Hewan Peliharaan, Kucing Disinyalir Paling Berpotensi Terkena COVID-19.jpg

Kesehatan

Kucing Disinyalir Hewan Peliharaan Paling Berpotensi Terkena COVID-19

03 June 2020, 20:00

Berdasarkan penelitian ahli, di antara semua hewan peliharaan yang dapat terinfeksi COVID-19, kucing berpotensi paling besar terkena.

sejarah KA semarang_1.jpg

Berita Kawasan

Menelusuri Jejak Stasiun Kereta Api Pertama di Semarang

03 June 2020, 19:47

Stasiun Semarang Gudang merupakan stasiun yang dibangun kala penjajahan Belanda. Namun, stasiun tersebut bukanlah stasiun kereta api pertama di Semarang.

Tes Swab di Pasar Perumnas Klender Kedua Temukan 15 Kasus Positif

Kesehatan

Tes Swab di Pasar Perumnas Klender Kedua Temukan 15 Kasus Positif

03 June 2020, 19:30

Pengetesan kedua ini dilakukan karena ditemukan kasus positif sebelumnya, kini ditemukan 15 orang yang positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.