tbrsOK.jpg

Properti dan Solusi

Manjakan Pengunjung, Pemkot Semarang Bangun Indoor Teater di TBRS

Bagi warga Semarang, pasti mengenal TBRS sebagai pusat kesenian dan kebudayaan yang sering digunakan sebagai tempat pertunjukan seni ataupun acara komunitas. TBRS atau Taman Budaya Raden Saleh terletak di Jl. Sriwijaya Nomor 29 Kota Semarang, provinsi Jawa Tengah dan bersisian dengan Perpustakaan Daerah Jawa Tengah. Nama TBRS sendiri diambil dari nama seorang pelukis terkenal Raden Saleh Sjarif Boestaman yang berasal dari Semarang.

Tempat pertunjukan seni ini sebagian besar memang berkontur tanah dan dipenuhi oleh pepohonan yang rindang. Maklum saja, dahulu TBRS dikenal sebagai Taman Hiburan Rakyat dan menjadi lokasi kebun binatang Semarang. Hingga akhirnya kebun binatang berpindah ke daerah Tinjomoyo lalu ke Mangkang, sejak itulah namanya berganti menjadi Taman Budaya Raden Saleh yang digunakan sebagai pusat kesenian dan kebudayaan Jawa Tengah. Pada tahun 2015 lalu muncul wacana penggusuran TBRS untuk dijadikan Trans Studio, namun karena menimbulkan kontroversi pada akhirnya pembangunan wisata hiburan tersebut dibatalkan.

tbrsOK2.jpg

Baru-baru ini Pemkot Semarang tengah membangun gedung dengan konsep indoor teater di dalam kawasan Taman Budaya Raden Saleh (TBRS) Kota Semarang. Pembangunan ini dimaksudkan untuk memaksimalkan kegiatan seni dan budaya serta membangkitkan perekonomian di kota Atlas. Nantinya di dalam indoor teater pengunjung akan dimanjakan dengan adanya sistem audio dan pencahayaan yang mendukung kenyamanan ketika menikmati pertunjukan seni dan budaya di TBRS Semarang.

Pembangunan indoor teater dengan fasilitas lengkap ini diharapkan dapat menarik minat masyarakat untuk melihat pertunjukan seni dengan suasana yang berbeda sehingga industri hiburan di kota Semarang tetap bertahan. “Transformasi Semarang sebagai kota wisata tidak hanya estetika kota, namun juga pengembangan potensi seni dan budaya yag ada. Temasuk fasilitas bagi pelaku seni, ada yang terbuka seperti di Plaza Kandri dan Taman Indonesia Kaya, dan yang di TBRS ini kita buat indoor teater, lengkap dengan lighting dan sound system,” ujar Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi pada Kamis (7/10/2021) lalu.

[Baca Juga: Festival Kota Lama Semarang 2021, Upaya Bangkitkan Pariwisata]

Mohamad Irwansyah selaku Kepala Dinas Penataan Ruang (Distaru) Kota Semarang menuturkan jika pembangunan gedung indoor teater di kawasan TBRS Semarang ini dikerjakan dalam dua tahap. Pada tahun ini sedang dilaksanakan pembangunan tahap pertama yang difokuskan pada pekerjaan struktur bangunan, sementara tahap kedua pembangunan akan dilakukan di tahun depan. “Sedangkan tahap kedua tahun 2022 akan dilanjutkan untuk penggarapan arsitektural bangunan dan mechanical electrical,” ungkap Irwan.

tbrsOK3.jpg

Hingga hari Kamis (7/10/2021) pembangunan tahap awal telah mencapai 41 persen dan ditargetkan selesai pada bulan Desember 2021 mendatang. Irwan mengungkapkan jika nantinya area pertunjukan akan dibagi menjadi dua bagian yaitu area penonton duduk yang berjumlah 500 orang dan lantai dasar untuk pertunjukan komunal dengan kapasitas 800 orang penonton berdiri. Selain itu terdapat beberapa fasiltas antara lain kursi penonton, pendingin udara, serta sistem audio dan sistem pencahayaan. “Gedung teater ini sendiri bagian dari rencana peningkatan kawasan Taman Budaya Raden Saleh yang nantinya akan dilengkapi dengan sky walk, creative hub, serta beberapa pekerjaan penataan lainnya,” tandas Irwan.


Read More

Taman Budaya Raden Saleh

Pusat kebudayaan

+62248311220
None

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.