Manners Dipandang Penting Dipupuk untuk Anak Sedini Mungkin.jpg

Pendidikan

Manners Dipandang Penting Dipupuk untuk Anak Sedini Mungkin

Siapa yang tak mengenal kata manners? Mengingat kata ini terkadang digunakan dalam bahasa sehari-sehari atau mungkin ketika Anda berkomunikasi dengan orang lain dan melihat sesuatu yang sesuai atau tak sesuai etika serta nilai tertentu pada umumnya maka kata manners pun terlontar. Namun pernahkah Anda bertanya sebenarnya apa itu manners dan mengapa ini terkadang tak diterapkan oleh semua orang di Indonesia yang notabene seharusnya sangat mengenal tata krama. Menurut praktisi pendidikan dan komunikasi Dr Vivid F. Argarini, ini kembali kepada bagaimana pemupukan mengenai manners itu sendiri kepada anak-anak sedini mungkin di rumah.

Menurut penulis buku Manners Matter no Matter What itu, manners sendiri merupakan 'budi pekerti'. Di mana ini dipandang terbentuk dari lingkungan tumbuh kembang seseorang yang tentu saja mayoritas terjadi di rumah. Dengan konsep good manners atau budi pekerti yang baik itu sendiri tak bisa berdiri sendiri. Karena menurut, manners memiliki kaitan dengan nilai, norma, prinsip hidup, dan keyakinan.

[Baca Juga: SHARE.INC, Platform Berbagi dalam Menghadapi New Normal]

“Berawal dan kembali ke rumah, pendidikan yang penting dari manners dimulai dari rumah. Makanya saya katakan ‘Yuk kita bersama-sama ya feeding you brain, feeding your mind, feeding your soul’,” ujar Vivid dalam webinar The Life Matrix – Trilogi Cinta dalam Karier melalui Zoom (4/7/2020).

Webinar The Life Matrix ini diselenggarakan SHARE.INC dan merupakan seri kedua setelah GOOD-Go Online or Die. Seminar online melalui aplikasi Zoom yang kedua ini menampilkan dua pembicara lain, yaitu Okky R. Ngakili dan Dr. Leila Mona Geniem.

Manners Dipandang Penting Dipupuk untuk Anak Sedini Mungkin .jpg

Alumni University of Wisconsin di Amerika Serikat itu mencontohkan langkah asupan untuk buah hati saja sebenarnya masuk ke dalam proses pembentukan manners anak ketika berada di rumah. Dengan kita memberikan makanan yang terbaik dan sehat ini menjadi langkah layaknya menyuapkan asupan untuk otak, pikiran, dan jiwa. Apalagi di masa pandemi COVID-19 seperti sekarang, dengan Anda berbelanja ke tukang sayur atau membeli makan dari usaha yang berjualan dari rumah maka Anda sedikit banyak membantu mereka secara ekonomi dan hal seperti ini perlu dijelaskan kepada buah hati terkait manfaat saling membantu.

Aspek pendidikan manners di rumah juga sebenarnya juga sangat berhubungan dengan teknologi, apalagi di era seperti saat ini. Mengingat menurut Vivid, proses tumbuh kembang anak dipengaruhi keluarga, sekolah, teman, dan yang terakhir adalah teknologi yang terbilang perlu pendekatan dari Anda.

[Baca Juga: SHARE.INC #2: Tingkatkan Nilai Diri untuk Kemajuan Karier Era New Normal]

Sebagai digital native, mereka akan dengan mudah berselancar di dunia maya, bermain game, sampai melihat berbagai konten di media sosial. Pada momen inilah, Anda harus masuk dan mengambil peran sebagai 'pengendali teknologi'. Contohnya ketika buah hati Anda gemar bermain game maka Anda melakukan pendekatan dengan bertanya aspek apa yang membuat ia menggemari game tersebut atau bahkan minta diajari agar bisa bermain bersama.

Aspek lainnya yang menurut Vivid harus dicoba diterapkan adalah bagaimana Anda memperlihatkan portrait manners dalam keseharian. Ia menambahkan, hal paling sederhana yang bisa diterapkan pada tahapan ini adalah sekadar mengucapkan terima kasih kepada pedagang saat Anda berbelanja atau ketika di pusat perbelanjaan ada bagian cleaning service, Anda memberikan apresiasi karena mereka menjaga kebersihan dengan menyampaikan terima kasih. Walau ini sederhana tapi bila dilakukan secara berulang maka dapat membuat buah hati menirunya kelak demi terbentuknya manners yang baik.

Read More

Artikel Lainnya

Dirjen Dikti Kemendikbud Ikut Pantau Penyelenggaran Ujian SMUP Unpad .jpg

Pendidikan

Dirjen Dikti Kemendikbud Ikut Pantau Penyelenggaraan Ujian SMUP Unpad

10 August 2020, 15:07

Dirjen dari Kemendikbud RI menyempatkan diri untuk melihat langsung proses ujian SMUP Unpad yang digelar secara daring.

Wali Kota Risma Terus Genjot Perampungan Stadion Piala Dunia U-20 2021.jpg

Berita Kawasan

Wali Kota Risma Terus Genjot Perampungan Stadion Piala Dunia U-20 2021

10 August 2020, 14:00

Pada akhir pekan kemarin, Wali Kota Risma menggelar sidak demi memasikan rampungnya stadion yang nanti jadi venue Piala Dunia U-20 2021 sesuai jadwal.

Sejarah dan Makna 5 Lomba Agustusan Sebagai Bentuk Perayaan Kemerdekaan

Berita Kawasan

Sejarah dan Makna 4 Lomba Agustusan, Bentuk Perayaan Kemerdekaan

10 August 2020, 13:03

Setelah intensitas perang kemerdekaan menurun dan Ibu Kota kembali dipindah ke Jakarta, perayaan kemerdekaan pun berlangsung meriah dengan mengadakan banyak lomba Agustusan.

Obesitas Kala Pandemi Bisa Diatasi Setelah Ditemukan Penyebabnya

Kesehatan

Obesitas Kala Pandemi Bisa Diatasi Setelah Ditemukan Penyebabnya

10 August 2020, 12:05

Orang dengan COVID-19 yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki peningkatan risiko komplikasi serius dan kematian.


Comments


Please Login to leave a comment.