Mantan Napiter Sumbang 1.350 Masker di Kota Semarang

Berita Kawasan

Mantan Napiter Sumbang 1.350 Masker di Kota Semarang

Mantan narapidana terorisme (napiter) yang tergabung dalam Yayasan Gema Salam menyumbang masker untuk masyarakat Jawa Tengah pada Senin (13/4/2020) di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Kota Semarang.

Perwakilan mantan narapidana Joko Tri Harmanto memberikan 1.350 masker kain langsung kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Masker tersebut merupakan hasil inisiatif para mantan narapidana dan dibuat sendiri oleh mereka. Tujuannya, tak lain untuk menekan laju penyebaran COVID-19 di Jawa Tengah.

Mantan Napiter Sumbang 1.350 Masker di Kota Semarang

“Ini bentuk kepedulian kami kepada pemerintah dan masyarakat Jawa Tengah di tengah wabah corona. Kami ingin membantu meskipun dalam bentuk yang kecil. Harapannya ini [masker] bisa membantu masyarakat agar tetap menaati peraturan pemerintah untuk mengenakan masker,” ujar Joko, dikutip dari ayosemarang.com (13/4/2020).

Joko lebih lanjut menjelaskan, 1.350 masker yang diberikan oleh pihaknya terdiri dari 1.000 masker terbuat dari kaus dan 350 lainnya dari kain batik. Dalam pembuatannya, para mantan narapidana bahu-membahu, ada yang bertugas mengambil bahan sisa jahitan dan ada pula yang bertugas menjahit.

“Ini [masker] jahit sendiri, untuk yang ikut menjahit ada dua orang, yang lain bantu [cari] kaus dan alat lainnya. Bahan kami ambil dari sisa jahitan kaus dan baju batik,” tambah Joko.

[Baca Juga: Lumbung Kelurahan Fasilitasi Warga Semarang Menyumbang Sembako]

Dalam satu hari, Joko dan kawan-kawannya mampu membuat 100 masker. Sementara dalam sepekan, masker yang dihasilkan dapat berjumlah 1.000 helai.

Bantuan ini direspons positif oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ia berterima kasih dan mengapresiasi usaha para eks narapidana Yayasan Gema Salam. Menurutnya, jumlah masker bukan menjadi persoalan penting, tetapi keikhlasan para mantan narapidana menjadi nilai utamanya.

“Saya tidak pernah menghitung jumlahnya, satu pun kalau itu diberikan dengan ikhlas dan ingin disumbangkan untuk kemanusiaan, buat saya itu seperti sejuta masker yang diberikan, bahkan lebih,” kata Ganjar.

[Baca Juga: Pemkot Semarang Beri Keringanan Biaya PDAM di Masa Pandemi]

Ganjar menuturkan, adanya produksi masker seperti ini membuat banyak orang tidak kesulitan untuk mencari dan menggunakan masker. Ia mengimbau kepada masyarakat Jawa Tengah untuk rutin mencuci masker kain, mencuci tangan, dan tetap menjaga jarak fisik atau menerapkan physical distancing.

“Biarkan masker yang berstandar kesehatan digunakan oleh tenaga medis dan kita cukup memakai masker dari kain ini saja,” lanjut Ganjar.

Untuk diketahui, mengutip kompas.id (13/4/2020), Yayasan Gema Salam adalah sebuah yayasan bentukan para mantan narapidana terorisme di Jawa Tengah. Yayasan ini bergerak di bidang sosial dan ekonomi dan menjadi wadah untuk membantu para mantan napi membangun kembali ekonomi keluarga mereka.

Beberapa kegiatan yang sudah dilakukan oleh para mantan napi di antaranya budi daya kambing, sapi, dan lele secara mandiri. Ada pula yang membuat blangkon khas Jawa Tengah.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 5 months lalu
    anisa

    QQHarian Hadirkan Promo Yang lagi HOT Banget neh. Ansuransi Modal Awal 100% Full klaim gak pake RIBET serba AUTO Dan masih banyak Promo lain antaranya yang juga lagi HOT EXTRA BONUS 200% guys. Info lanjut ? langsung hubungi CS nya

  • Emma 2 years, 5 months lalu
    emma

    Hobi bermain game, Takut kalahh?? Tenang Bola165 mempunyai promo Welcome cashback, anda dapat meraih kemenangan anda di kesempatan kedua sesuai modal pertama anda 100%, tunggu apa lagi hanya di bola165 yang berani memberikan bonus promo casback, buruan bergabung sekarang juga Di <a href="https://bola165.org/" title="Agen Judi Bola" rel="nofollow">Bola165</a> :)