Mantap Inilah Manfaat Susu Kuda Liar

Kesehatan

Mantap! Inilah Manfaat Susu Kuda Liar

Kebanyakan orang lebih memilih untuk minum susu sapi dan susu vegetarian, seperti susu almond atau susu kedelai, ketimbang harus minum susu kuda liar. Meskipun kurang populer, nyatanya susu kuda sudah dikonsumsi oleh banyak orang dari segala penjuru dunia sejak ribuan tahun yang lalu. Banyak yang bilang susu kuda liar untuk meningkatkan stamina pria, tetapi tak hanya itu, beragam manfaat susu kuda liar bagi kesehatan.

Susu kuda liar yang paling terkenal di Indonesia berasal dari kuda-kuda liar di Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Itu sebabnya bagi masyarakat Timur Indonesia, mengonsumsi susu kuda liar tak asing lagi. Melansir dari beberapa laman kesehatan (3/9/2019), berikut ini manfaat susu kuda liar yang perlu Anda tahu, diantaranya:

Mantap Inilah Manfaat Susu Kuda Liar

1) Kandungan Gizi Sama Mendekati ASI

Susu kuda liar adalah susu hewan yang memiliki nilai gizi paling mirip dengan ASI manusia. ASI diketahui mengandung sederet vitamin dan mineral penting bagi tubuh bayi, mulai dari protein whey dan kasein, asam lemak; omega-3 dan omega-6, karnitin, vitamin; A, C, D, E, dan K; serta riboflavin, niasin, dan asam panthothenic, hingga karbohidrat.

2) Intoleransi Laktosa

Susu kuda liar mengandung protein kasein yang lebih sedikit dibanding dengan susu sapi. Kandungan kasein yang lebih sedikit ini membuat susu kuda liar mudah dicerna dibanding dengan susu sapi. Inilah yang menjadi alasan kenapa susu kuda liar bisa dikonsumsi untuk anak-anak dan orang dewasa yang kesulitan mencerna susu sapi atau intoleransi laktosa, maupun yang alergi susu sapi. Kualitas protein susu kuda liar juga lebih baik dibandingkan dengan susu sapi karena susu kuda liar memiliki jenis asam amino yang lebih lengkap dibandingkan susu sapi.

[Baca Juga: Pemkab Bekasi Dorong Masyarakat untuk Rutin Minum Susu]

3) Melancarkan Pencernaan

Susu kuda liar telah lama dipercaya sebagai obat alami untuk membantu menyembuhkan beragam masalah pencernaan akibat jajahan bakteri jahat di usus, seperti diare dan infeksi usus. Hal ini dikarenakan susu kuda liar memiliki kandungan lysozyme dan lactoferrin yang bisa membatasi dan menahan pertumbuhan bakteri yang tidak diinginkan di usus. lysozyme adalah enzim yang bertindak sebagai agen antimikroba. Sedangkan laktoferrin adalah zat yang memiliki sifat antibakteri, antioksidan, dan antiperadangan untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Dari kandungan tersebutlah yang membuat susu kuda liar bisa bertindak sebagai probiotik karena dapat mempromosikan pertumbuhan bakteri baik, seperti lactobacillus plantarum dan lactobacillus salivarius.

4) Perawatan Kecantikan

Kandungan laktoferrin dalam susu kuda liar, memiliki khasiat sebagai pelembap alami yang bisa membantu meregenerasi kulit dan memperlambat penuaan dini. Tak hanya itu, kandungan antibakteri juga bermanfaat untuk merawat dan mencegah kulit berjerawat. Beberapa penelitian mengungkapkan jika kuda liar mampu membantu penyembuhan beberapa masalah kulit seperti eczema, psoriasis, atau neurodermatitis.

5) Rendah Kalori

Mengandungan lemak tak jenuh tunggal yang berkontribusi untuk mengurangi kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh sehingga baik untuk mengontrol kadar kolesterol.

[Baca Juga: Ini Sumber Kalsium dan Vitamin D Alternatif Selain Susu Sapi]

Mengetahui manfaat di atas, apakah Anda niat mencoba susu kuda liar ? Jika Anda ingin membelinya, Anda tidak harus pergi jauh ke Sumbawa. Anda bisa mendapatkan di agen khusus dan toko online, tentunya web yang dapat Anda percaya. Perhatikan asli atau tidak, serta bagaimana review-nya.


Read More

Artikel Lainnya

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.


Comments


Please Login to leave a comment.