Cegah Kekerasan Seksual yang Sering Terjadi Pada Remaja

Pendidikan

Maraknya Pelecahan Seksual, Universitas Mercu Buana Gelar Diskusi Daring

Merupakan bagian dari Kuliah Peduli Negeri, Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Mercu Buana (UMB) menggelar sebuah dikusi daring mengenai pelecehan seksual yang marak terjadi pada siswa-siswi SMP dan SMA. Dalam diskusi tersebut, UMB menggandeng PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Hiama, Depok. Menurut Ketua Pelaksana, Rendra Aji, kegiatan yang berlangsung pada hari Jumat (28/05/21) ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para pelajar tentang bahaya pelecehan seksual yang tengah marak terjadi.

“Webinar edukasi tentang pelecehan seksual ini bertujuan untuk membangun pemahaman para pelajar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Hiama – Depok tentang pentingnya menumbuhkan rasa awareness pada remaja terkait pengetahuan tentang pelecehan seksual dan bagaimana cara untuk mengantisipasi terjadinya pelecehan seksual, selain itu kegiatan ini dapat menciptakan pertmanan sehat jasmani dan rohani yang sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku, “ ungkap Rendra berdasarkan rilis yang diterima PingPoint (05/05/21).

Pelecehan Seksual.jpg

Dalam pelaksanaannya, webinar tersebut diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari pelajar SMP dan SMA. Meski pembahasannya cukup berat, namun para peserta tetap antusias dalam menyimak pemaparan narasumber. Salah satu narasumber kegiatan ini adalah Hurriyah Gayo, atau yang akrab disapa Raya. Raya merupakan mahasiswi Magister Psikokogi yang memberikan pemaparan tentang pelecahan seksual secara pskologis.

[Baca Juga: Dear Ladies, Pelecehan di Kantor Termasuk Kekerasan Seksual!]

Raya pun menerangkan tentang perbedaan antara pelecehan seksual dan kekerasan seksual, serta menjelaskan dampak yang mungkin terjadi pada korban pelecehan seksual. Selain itu, pemahaman terkait cara mencegah terjadinya pelecehan seksual dan apa yang harus dilakukan ketika dilingkungan sekitar ditemukan korban peleceha, juga terangkan Raya.

Pelecehan Seksual2.jpg

Dalam sesi berbeda, Rendra Aji selaku Ketua Pelaksana juga memberikan penjelasan tentang Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO). Rendra mengangkat topik tersebut karena dalam beberapa tahun terakhir kasus KBGO mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Menurut data laporan Komnas Perempuan, kasus KBGO naik dari 281 kasus (2019) menjadi 659 kasus pada (2020 - data hingga bulan Oktober). Rendra pun mengajak para peserta untuk mengurangi KBGO dengan cara memutus konten yang tersebar di media sosial yang mengandung unsur kekerasan seksual.

Pelecehan Seksual3.jpg

Muhammad Irfan, yang merupakan perwakilan guru dari PKBM Hiama menghaturkan terima kasih karena dengan diselenggarakannya webinar tersebut diharapkan dapat menambah wawasan bagi seluruh peserta diskusi baik para siswa maupun pengajar yang hadir. , “Acara ini sangat bermanfaat dan sangat jarang kita laksanakan, bisa jadi ini menjadi tambahan pengetahuan bagi peserta didik, menjadi warning bagi semua dan menjadi pengingat bagi dewan guru sebagai pendidik.” pungkas Irfan.


Read More

Artikel Lainnya

Picu Tsunami COVID-19 Akibat Varian Virus Baru Corona B1617

Kesehatan

COVID-19 Varian Delta Sudah Masuk, Pemda Belum Bisa Bedakan Antar Varian Baru

17 June 2021, 21:09

Salah satu varian Delta yang memberi andil besar terjadinya lonjakan kasus COVID-19 di Kudus Jawa Tengah.

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung 4.jpg

Kuliner

Rekomendasi Tempat Makan Steak di Bandung

17 June 2021, 19:07

Restoran steak di Bandung tersebar di mana-mana, mulai dari yang harganya terjangkau hingga tempat yang unik.

Wisma Makara UI Resmi Jadi Lokasi Isolasii OTG di Depok .jpg

Berita Kawasan

Kasus COVID-19 di Depok Mengalami lonjakan, Wisma Makara UI Penuh

17 June 2021, 18:30

Kasus COVID-19 mengalami peningkatan signifikan yang terjadi selama kurang lebih tiga pekan terakhir.

D'Lumpang

Kuliner

Menikmati Suasana Asri dan Hawa Dingin Kota Batu di Café D’Lumpang

17 June 2021, 18:06

Berlokasi di Jalan Anjasmoro, Bumiaji, Kota Batu, Café D’Lumpang menjadi salah satu pilihan café di Kota Batu yang menawarkan pemandangan yang indah.


Comments


Please Login to leave a comment.