Cegah Kekerasan Seksual yang Sering Terjadi Pada Remaja

Pendidikan

Maraknya Pelecahan Seksual, Universitas Mercu Buana Gelar Diskusi Daring

Merupakan bagian dari Kuliah Peduli Negeri, Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Mercu Buana (UMB) menggelar sebuah dikusi daring mengenai pelecehan seksual yang marak terjadi pada siswa-siswi SMP dan SMA. Dalam diskusi tersebut, UMB menggandeng PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) Hiama, Depok. Menurut Ketua Pelaksana, Rendra Aji, kegiatan yang berlangsung pada hari Jumat (28/05/21) ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para pelajar tentang bahaya pelecehan seksual yang tengah marak terjadi.

“Webinar edukasi tentang pelecehan seksual ini bertujuan untuk membangun pemahaman para pelajar di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Hiama – Depok tentang pentingnya menumbuhkan rasa awareness pada remaja terkait pengetahuan tentang pelecehan seksual dan bagaimana cara untuk mengantisipasi terjadinya pelecehan seksual, selain itu kegiatan ini dapat menciptakan pertmanan sehat jasmani dan rohani yang sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku, “ ungkap Rendra berdasarkan rilis yang diterima PingPoint (05/05/21).

Pelecehan Seksual.jpg

Dalam pelaksanaannya, webinar tersebut diikuti oleh 50 peserta yang terdiri dari pelajar SMP dan SMA. Meski pembahasannya cukup berat, namun para peserta tetap antusias dalam menyimak pemaparan narasumber. Salah satu narasumber kegiatan ini adalah Hurriyah Gayo, atau yang akrab disapa Raya. Raya merupakan mahasiswi Magister Psikokogi yang memberikan pemaparan tentang pelecahan seksual secara pskologis.

[Baca Juga: Dear Ladies, Pelecehan di Kantor Termasuk Kekerasan Seksual!]

Raya pun menerangkan tentang perbedaan antara pelecehan seksual dan kekerasan seksual, serta menjelaskan dampak yang mungkin terjadi pada korban pelecehan seksual. Selain itu, pemahaman terkait cara mencegah terjadinya pelecehan seksual dan apa yang harus dilakukan ketika dilingkungan sekitar ditemukan korban peleceha, juga terangkan Raya.

Pelecehan Seksual2.jpg

Dalam sesi berbeda, Rendra Aji selaku Ketua Pelaksana juga memberikan penjelasan tentang Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO). Rendra mengangkat topik tersebut karena dalam beberapa tahun terakhir kasus KBGO mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Menurut data laporan Komnas Perempuan, kasus KBGO naik dari 281 kasus (2019) menjadi 659 kasus pada (2020 - data hingga bulan Oktober). Rendra pun mengajak para peserta untuk mengurangi KBGO dengan cara memutus konten yang tersebar di media sosial yang mengandung unsur kekerasan seksual.

Pelecehan Seksual3.jpg

Muhammad Irfan, yang merupakan perwakilan guru dari PKBM Hiama menghaturkan terima kasih karena dengan diselenggarakannya webinar tersebut diharapkan dapat menambah wawasan bagi seluruh peserta diskusi baik para siswa maupun pengajar yang hadir. , “Acara ini sangat bermanfaat dan sangat jarang kita laksanakan, bisa jadi ini menjadi tambahan pengetahuan bagi peserta didik, menjadi warning bagi semua dan menjadi pengingat bagi dewan guru sebagai pendidik.” pungkas Irfan.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.