Kepulauan Seribu Mengalami Peningkatan Wisatawan Pada Maret 2019

Berita Kawasan

Maret 2019, Wisatawan Kepulauan Seribu Meningkat

Kepulauan Seribu mengalami peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara maupun nusantara sepanjang Maret 2019 yang mencapai sekitar 21.000 orang. Peningkatan ini jauh lebih tinggi dibandingkan pada bulan Februari.

Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Sudin Parbud) Kepulauan Seribu Cucu Ahmad Kurnia mengatakan, pada bulan Februari jumlah kunjungan wisatawan sebanyak 15.000 orang. Sementara, pada bulan Maret mencapai 36.000 orang. “Meningkat mencapai 21.000 orang. Mudah-mudahan tren positif itu terus meningkat terus berlanjut,” katanya dikutip dari Berita Jakarta (4/4/2019).

[Baca Juga: Jakarta Tourism akan Kembangkan Kepulauan Seribu]

Peningkatan jumlah kunjungan wisatawan itu sangat berkolerasi dengan cuaca yang sangat mendukung untuk perjalanan laut, penambahan lokasi baru khususnya untuk berswafoto, serta gencarnya promosi dan sosialisasi. “Berkat itu semua kini sektor pariwisata di Kepulauan Seribu semakin menggeliat,” kata Cucu.

Pihaknya juga akan memperbanyak lagi kegiatan festival atau event yang bisa menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung ke Kepulauan Seribu. Sektor pariwisata ini menjadi salah satu andalan untuk menggerakan perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan warga di Kepulauan Seribu.

[Baca Juga: Ayo Coba Spot Snorkeling Clownfish di Pulau Untung Jawa]

Sekadar informasi, Kepulauan Seribu sebagai salah satu dari 10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) atau Bali Baru yang dikembangkan pemerintah. Untuk medukung tersebut, sejumlah infrastruktur dibangun pemerintah.

Pembangunan infrastruktur direncanakan secara terpadu baik penataan kawasan, jalan, penyediaan air baku dan air bersih, pengelolaan sampah, sanitasi dan perbaikan hunian penduduk melalui sebuah rencana induk pembangun infrastruktur yang disusun Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah.

[Baca Juga: Seribu Islands Reggae Festival Hibur Wisatawan Pulau Pari]

Pada tahun 2017-2018, Kementerian PUPR melalu Ditjen Cipta Karya telah membelanjakan anggaran sebesar Rp36,16 miliar untuk pengembangan daerah penyangga di KSPN Kepulauan Seribu yakni Pulau Tidung dan Pulau Untung Jawa.

Lingkup pekerjaan yang dilakukan yakni pembangunan Taman Arsa, Taman Sakura, dan Jalan Gertak Mangrove atau Jembatan Pengantin di Pulau Untung Jawa. Sementara untuk di Pulau Tidung telah dibangun fasilitas foodcourt, gazebo, dan pusat suvenir. Anggaran itu juga mencakup pembangunan sarana sanitasi.

Read More

Artikel Lainnya

Sosok KH.Tubagus Muhammad Falak yang Dijadikan Nama Jalan di Kota Bogor

Berita Kawasan

Sosok KH.Tubagus Muhammad Falak yang Dijadikan Nama Jalan di Kota Bogor

24 October 2020, 18:03

Peresmian dilakukan Wali Kota Bogor Bima Arya usai mengikuti peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2020 Tingkat Kota Bogor di Pondok Pesantren Al Falak, Pagentongan, Bogor Barat, Kota Bogor.

Maybelline X Janji Jiwa Luncurkan Superstay Matte Ink Coffee Edition

Kecantikan dan Fashion

Maybelline X Janji Jiwa Luncurkan Superstay Matte Ink Coffee Edition

24 October 2020, 15:08

Masih sama dengan edisi sebelumnya, Maybelline Superstay Matte Ink Coffee Edition diklaim memiliki formula lip cream yang intens, tahan lama hingga 16 jam, dan transferproof.

Warga Warakas, Tanjung Priok Manfaatkan Lahan Kolong Tol untuk Urban Farming

Berita Kawasan

Warga Warakas, Tanjung Priok Manfaatkan Lahan Kolong Tol untuk Urban Farming

24 October 2020, 12:21

Lahan seluas sekitar 500 meter persegi tersebut dikelola Kelompok Wanita Tani (KWT) Hijau Daun RW 09, Kelurahan Warakas, Tajung Priok, Jakarta Utara.

Naughty by Nature, Gerai KFC Tematik Pertama di Indonesia.jpg

Kuliner

Naughty by Nature, Gerai KFC Tematik Pertama di Indonesia

23 October 2020, 17:21

Dengan berbagai menu yang tak ditemukan di gerai lainnya, Naughty by Nature hadir sebagai KFC tematik pertama yang ada di Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.