Maret 2020, 4 Stasiun di Jakarta Akan Terintegrasi Antarmoda

Berita Kawasan

Maret 2020, 4 Stasiun di Jakarta Akan Terintegrasi Antarmoda

Demi meningkatkan jumlah pengguna transportasi umum, PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek yang dibentuk oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta lewat PT Moda Raya Terpadu (MRT) dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) berencana mengubah empat Stasiun Kereta Api di Jakarta menjadi stasiun Transit Oriented Development ( TOD ).

Keempat Stasiun tersebut adalah Stasiun Tanah Abang, Stasiun Pasar Senen, Stasiun Juanda, dan Stasiun Sudirman. Nantinya, keempat stasiun tersebut akan terhubung dengan moda transportasi lain seperti Transjakarta, MRT, LRT, hingga angkutan umum yang tergabung dengan Jak Lingko.

[Baca Juga: Ini Kelebihan Menggunakan Kartu Jelajah MRT]

Pemprov DKI Jakarta sebagai pihak yang merancang tata ruang Ibukota mengaku akan melakukan penataan ulang di kawasan empat stasiun tersebut. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan selain untuk memudahkan masyarakat yang menggunakan transportasi umum, pengintegrasian ini juga dilakukan untuk mengurangi masalah transportasi termasuk kemacetan.

"Masalahnya, ada banyak sebetulnya mulai lalu lintas dari orang masuk stasiun sampai lalu lintas kendaraan di sekitar stasiun. Jadi ini semua nanti wujunya stasiunnya rapi, lalu lintas lancar. Setiap stakeholder di situ ada tempatnya. Semua ini terjadi tidak ada pengelolaan jadi satu," ucap Anies.

Maret 2020, 4 Stasiun di Jakarta Akan Terintegrasi Antarmoda

Pengintegrasian tersebut nantinya akan melibatkan banyak pihak, tak terkecuali PT Transjakarta serta perusahaan angkutan online. Anies menjelaskan bahwa nanti pihaknya yang akan mengelola kawasan di sekitar stasiun. Sementara untuk peningkatan prasarana di stasiun, manajemen sirkulasi penumpang, dan kendaraan serta izin akses akan dikelola PT KAI. Namun tetap, semuanya akan berada di bawah kendali Pemprov DKI.

"Saya menggarisbawahi DKI yang menjadi pengendali di sini, karena yang mengelola tata ruang adalah yang mengelola tata transportasi, ketika tata transportasi tidak sinkron dengan tata ruang maka jadi masalah. Tata ruang ada di pemerintah, perencanaan transportasinya mencerminkan perencanaan tata ruang,"

Mantan Menteri Pendidikan RI itu pun menargetkan pengintegrasian di empat stasiun tersebut bisa diselesaikan pada bulan Maret tahun ini.

[Baca Juga: Gubernur DKI Tinjau Integrasi MRT Jakarta dan Transjakarta]

"Nah, fase awalnya kita dengan penataan stasiunnya, di empat stasiun ini sepenuhnya akan diintegrasikan stasiunnya juga mengalami penyesuaian nanti juga diperhitungkan efek pada lalu lintas. Bulan Maret di empat stasiun kami akan menyaksikan wujud dari integrasi," tambahnya.

Setelah pengintegrasian empat Stasiun selesai, selanjutnya PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek akan melakukan pengintegrasian antarmoda di 68 Stasiun termasuk Stasiun yang menuju ke bandara mau pun Stasiun Kereta Commuter Indonesia.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Natasya88 3 years lalu
    Natasya88

    Banyak orang telah meraih puluhan juta rupiah hanya dengan bermain game di dupa88,net sekarang saatnya giliran kamu untuk seperti mereka kunjungi situsnya dan bergabunglah sekarang juga.

  • Kelly 3 years lalu
    kelly

    Jangan sia-sia kan masa muda mu untuk hal yang tidak perlu, kunjungi qqharian,info Dan kamu hanya perlu bermain game untuk menangkan hadiah puluhan juta rupiah, tertarik untuk bergabung? Kunjungi situs nya sekarang juga.