Masa Depan Bisnis di Era Transformasi Teknologi Digital

Bisnis

Masa Depan Bisnis di Era Transformasi Teknologi Digital

Perkembangan teknologi khususnya digital memang membuat tantangan sendiri untuk para penggiat bisnis. Ada yang berinovasi untuk mengembangkan bisnisnya, ada pula yang tergerus teknologi karena tak bisa bertahan dan mengembangkan bisnisnya.

Harvard Business Review menjelaskan, bahwa berdasarkan kajian berjudul The Transformation 20: The top global companies leading strategic transformations oleh Innosight, sebuah perusahaan konsultan strategi, terdapat beberapa indikator yang menjadi tantangan sekaligus peluang bagi pelaku bisnis di era transformasi digital. Melansir dari rilis yang diterima PingPoint.co,id pada (25/10/2019) berikut indikatornya.

[Baca Juga: Bisnis Buku Bekas Pasar Senen di Era Digital]

  • Inovasi Pertumbuhan Baru

Indikator ini dilihat dari kemampuan perusahaan dalam menciptakan produk, layanan, pasar, hingga model bisnis yang baru di pertengahan berkembangnya zaman dan tren. Peluang yang dapat dimanfaatkan perusahaan adalah mengikuti zaman dengan melihat kebutuhan pasar, misalnya langkah yang dilakukan DBS Group.

DBS Grroup yang berhasil masuk ke dalam Top 10 Business Transformation of The Decade oleh Harvard Business Review. DBS Group menyesuaikan diri di era transformasi digital dengan menghadirkan inovasi digital perbankan yang kini dikenal dengan digibank by DBS. Di dalam produk inovasi ini, nasabah mampu melakukan berbagai aktivitas perbankan mulai dari membuka rekening, deposito, pengajuan pinjaman, investasi hingga transfer valuta asing dengan menggunakan ponsel pintar sehingga bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.

[Baca Juga: Bijak Menyikapi Era Digitalisasi pada Bisnis Ritel]

  • Reposisi Inti Bisnis

Tantangan selanjutnya, melakukan reposisi inti. Melakukan reposisi inti bisnis memberikan kehidupan baru pada inovasi bisnis yang dilakukan. DBS Group mereposisi inti bisnisnya dengan melakukan transformasi dari bank konvensional menuju perusahaan platform digital.

  • Keuangan

Selanjutnya, perusahaan juga perlu membukukan kinerja keuangan dan pasar saham yang kuat. Perusahaan juga harus membalikkan bisnisnya dari kerugian atau pertumbuhan yang lambat untuk kembali ke jalurnya. Indikator ini dapat dilihat dari pendapatan CAGR (tingkat pertumbuhan tahunan gabungan), profitabilitas, dan harga saham CAGR selama periode transformasi.

Masa Depan Bisnis di Era Transformasi Teknologi Digital

Sebagai institusi keuangan, Bank DBS memberikan beragam informasi dan wawasan keuangan yang terakurasi bagi nasabah korporasinya serta solusi inovasi yang memudahkan bisnis dalam melakukan transaksi perbankan atau yang dikenal dengan IDEAL RAPID (Real-Time APIs by DBS) yang memungkinkan nasabah startup serta usaha kecil dan menengah (UKM) untuk melakukan pembayaran online real-time, transfer dana dan verifikasi rekening bank untuk memvalidasi detail akun penerima sebelum melakukan transaksi selama 24/7.

CEO DBS Piyush Gupta menyebutkan, DBS telah diakui sebagai salah satu bank terbaik di dunia dalam hal transformasi digital. Pada tahun ini, DBS juga diakui Euromoney sebagai Bank Terbaik di Dunia. Pengakuan serupa diterima pada 2018 dari Global Finance dan The Banker, yang menjadikan DBS bank pertama mendapat tiga gelar bank terbaik dunia pada saat sama.


Read More

Artikel Lainnya

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis Princess Cruises Gelar Ko mpetisi Daring.jpg

Hobi dan Hiburan

Ingin Berlayar di Australia Secara Gratis? Princess Cruises Gelar Kompetisi Daring

30 June 2022, 15:13

Dalam momen peluncuran program liburan di atas kapal pesir ke Tasmania, Princess Cruises menggelar kompetisi daring untuk mendapatkan tiket berlayar gratis selama delapan hari di Australia.

Mulai Pekan Depan! Serial Suka Duka Berduka Ditayangkan Perdana di Vidi o.jpg

Hobi dan Hiburan

Mulai Pekan Depan! Serial Suka Duka Berduka Ditayangkan Perdana di Vidio

30 June 2022, 13:12

: Bagi Anda penggemar komedi Tanah Air, maka bersiaplah untuk menyaksikan serial Suka Duka Berduka yang diperankan bintang papan atas Indonesia yang mulai tayang pekan depan di Vidio.

Stadion Patriot Bekasi Siap Jadi Tuan Rumah Piala AFF U-19 202 2.jpg

Berita Kawasan

Stadion Patriot Bekasi Siap Jadi Tuan Rumah Piala AFF U-19 2022

30 June 2022, 11:09

Akhir pekan ini, Stadion Patriot Bekasi akan menjadi saksi gelaran perdana timnas di Piala AFF U-19 2022.

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia.jpg

Kesehatan

Hindari Obat, Ini Tips Tidur dari Pakar Unair Bagi Penderita Insomnia

29 June 2022, 16:22

Menurut pakar Unair, demi mendapatkan tidur yang berkualitas, penderita insomnia seharusnya berupaya menghindari penggunaan obat tidur.


Comments


Please Login to leave a comment.