Saat WFH Hindari Kerja Dari Atas Kasur, Ini Alasannya

Bisnis

Masa Pandemi, Banyak Kontrak Pekerja Lepas Industri Kreatif Dibatalkan

Dampak pandemi COVID-19 begitu kencang terasa oleh para pekerja, tak terkecuali para pekerja lepas di industri kreatif. Banyak dari pekerja lepas di industri kreatif yang mengalami pembatalan kontrak kerja.

Hal tersebut sebagaimana laporan hasil survei yang dilakukan oleh Serikat Pekerja Media dan Industri Kreatif untuk Demokrasi (Sindikasi) (16/4/2020). Dalam survei yang melibatkan 139 pekerja di beberapa wilayah dan dilakukan pada 20 Maret sampai 4 April 2020 ini, ditemukan bahwa 36 persen pekerja lepas di industri kreatif yang bekerja di DKI Jakarta mengalami pembatalan kontrak.

Hal ini menjadikan DKI Jakarta dan sekitarnya (Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) sebagai provinsi terbesar jumlah pekerja lepas di industri kreatifnya yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi COVID-19. Adapun persentase pekerja industri kreatif yang terdampak pandemi di Bogor sebesar 2,2 persen, Tangerang Selatan 6,5 persen dan Bekasi 4.3 persen.

Ini Tips WHF Ala CEO Sunfish HR dan Greatday HR

Meski demikian, pekerja industri kreatif di wilayah lainnya pun juga menghadapi problem yang serupa. Sebanyak 17,3% pekerja lepas industri kreatif di Bandung kehilangan pekerjaan.

Pekerja lepas industri kreatif lainnya yang kehilangan pekerjaan juga yakni di Kota Yogyakarta sebanyak 6,5 persen, Surabaya 5,0 persen, Malang 4,3 persen dan Semarang 2,9 persen. Sayangnya, kondisi serupa turut dialami oleh pekerja industri kreatif di luar Pulau Jawa, seperti Pontianak dan Manado.

Tidak Bisa WFH

Pekerja industri kreatif kerap identik dengan fleksibilitas tempat dan waktu kerja dan kecanggihan teknologi. Namun, nyatanya ada pula bidang kerja di industri kreatif yang tidak bisa melakukan kegiatan kerja di rumah. Hal ini dikarenakan sistem kerja mereka yang mengharuskan bekerja di luar rumah.

Oleh karenanya, survei Sindikasi ini turut menemukan bahwa pekerja di subsektor Film, Video, Audio Visual paling banyak mengalami pembatalan kerja. Setidaknya ada 17,35 persen dari mereka yang mengalami pembatalan kerja karena pandemi COVID-19.

[Baca Juga: Ancaman PHK Intai Pekerja Ibu Kota di Kala Pandemi]

Hal yang sama juga dialami oleh pekerja di seni pertunjukan dengan jumlah 10,85 persen, lalu seni vokal dan musik sebanyak 9,4 persen dan fotografi sebanyak 9,4 persen.

Kendati demikian, para pekerja lepas ini sayang tak mendapatkan kompensasi atas pembatalan kontrak kerja mereka. Setidaknya sebanyak 87,8 persen pekerja industri kreatif tidak mendapat kompensasi. Hanya 7,2 persen yang mendapatkan kompensasi.

Rekomendasi

Oleh karena itu, Sindikasi mendorong seluruh pihak terutama pemerintah untuk membuat kebijakan yang melindung dan adil untuk para pekerja. Alih-alih memberikan pelatihan online, anggaran Kartu Pra Kerja dapat dikeluarkan seluruhnya dalam bentuk bantuan langsung tunai. Pemerintah juga perlu memberi subsidi dan memperbanyak skema bantuan langsung.

Lalu perusahaan dan pengusaha kecil/menengah diharapkan patuh dengan regulasi ketenagakerjaan dan membuka ruang dialog yangs eimbang sebeblum membuat keputusan yang berdampak pada pekerja sebagai imbas dari pandemi COVID-19. Para pekerja lepas di industri media dan kreatif pun diharapkan berserikat dan saling berjejaring satu sama lain agar dapat saling berkolaborasi dan memperoleh informasi untuk menambah pemasukan atau mendapatkan bantuan lainnya.

Sebagai informasi, pekerja lepas kini menjadi salah satu bentuk profesi yang diminati oleh anak muda. Dilansir dari Tempo.co (16/4/2020), mengacu data Badan Pusat Statistika (BPS) hingga mei 2019, dari total 136,18 juta orang dalam satu angkatan kerja, diperkirakan sebanyak 5,89 juta orang atau 4,55 persen merupakan pekerja lepas.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna56 2 years, 9 months lalu
    hanna56

    Jangan lewatkan kesempatan menjadi Milyarder ! Caranya sangat mudah, hanya bergabung di poker165.co dengan TCoin Atau ikuti babak kualifikasi untuk memenangkan tiketnya 😎 Untuk info lebih lanjut kunjungi roadto1billion.com