Masa Transisi di Malang, Karyawan Boleh Tetap Kerja dari Rumah

Berita Kawasan

Masa Transisi di Malang, Karyawan Boleh Tetap Kerja dari Rumah

Mulai 1 Juni 2020, pasca-PSBB Kota Malang masuk pada masa transisi menuju kondisi new normal. Masa transisi tersebut telah resmi disepakati Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan jajaran Forkopimda Jatim yang berlangsung selama dua pekan.

Dengan begitu, warga Kota Malang dapat melakukan aktivitas luar rumah dengan tetap menjalani protokol kesehatan. Meski begitu, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang mengimbau perusahaan di Kota Malang untuk mempekerjakan karyawannya yang memungkinkan bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

[Baca Juga: Hentikan Penyebaran COVID-19, HIPAKAD di Kota Malang Bagikan APD]

Hal ini berdasarkan Peraturan Wali (Perwal) Kota Malang Nomor 19 Tahun 2020 tentang Pedoman Masyarakat Produktif dan Aman Corona Virus Disease 2019 bagian ketiga tentang Pedoman Kegiatan Bekerja di Tempat Kerja pasal 16 ayat dua dijelaskan, agar selama pandemi covid-19 perusahaan menentukan karyawan esensial yang perlu bekerja di kantor dan dapat melakukan pekerjaannya dari rumah.

Bunyi ayat dua pasal 16 Perwal Nomor 19 tahun 2020, "Selama masa pandemi covid-19, pengelola tempat kerja menentukan pekerja esensial yang perlu tetap bekerja atau datang ke tempat kerja dan pekerja yang dapat melakukan pekerjaan dari rumah,"

Masa Transisi di Malang, Karyawan Boleh Tetap Kerja dari Rumah

Melansir laman malangtimes.com (02/06/2020), Perwal tersebut juga menjelaskan bahwa karyawan yang memiliki indikasi COVID-19 wajib melakukan rapid test. Jika hasilnya reaktif, maka yang bersangkutan harus melakukan tes swab dan isolasi mandiri. Sedangkan tempat bekerja karyawan yang bersangkutan wajib ditutup selama 14 hari atau hingga hasil swab keluar.

Kemudian apabila hasil swab menyatakan jika karyawan yang bersangkutan positif COVID-19, maka kantor wajib dilakukan penutupan selama 14 hari pula. Sedangkan jika hasil swab negatif, maka kantor atau tempat kerja bisa tetap buka. Biaya pelaksanaan rapid test dan swab di masing-masing instansi perusahaan sepenuhnya dibebankan kepada perusahaan.

[Baca Juga: Jelang PSBB, Wali Kota Malang Sosialisasikan Aturan Main PSBB]

Bagi karyawan yang sudah mulai bekerja di kantor, setiap perusahaan maupun karyawan wajib menyediakan beberapa kebutuhan sesuai protokol kesehatan. Mulai dari penyediaan alat ukur suhu tubuh, tempat cuci tangan, hand sanitizer, hingga membersihkan kantor secara berkala.

Para karyawan juga wajib menerapkan protokol kesehatan dengan mengenakan masker, menjaga kebersihan diri dan mencuci tangan secara berkala.


Read More

Artikel Lainnya

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Dewa 19 di JIS Siap Digelar 4 Februari 2023, Tiket Mulai Dijual Pekan Ini

25 January 2023, 14:57

Setelah sempat ditunda tahun lalu, pihak Red Line Kreasindo memastikan konser Dewa 19 yang mempertemukan empat vokalis dan empat drummer dipastikan akan digelar di JIS pada awal Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 7 months lalu
    anisa

    Bahaya untuk keluar rumah,agar mencegah #covid19 lebih baik #DIRUMAHAJA dengan bermain slots online aja. Bisa cari atau search di google QQHARIAN. Yang dimana menyediakan Berbagai Hadiah yg Wow guys. Yang jauh mendekat,Yang dekat merapat. tunggu apa lagi ? segera rapatkan barisan di QQHarian serta ambil bonusnya sekarang juga.

  • Suki 2 years, 7 months lalu
    suki

    yuuukkk MABAR game dupa88 guuys.... seru asik dan bisa bikin bengkak tak terbatas rek tabungan kita juga, banyak bonus bonus yang bisa kita dapatin dan jackpot yang luar biasaaa.... mau kaya ya di dupa88 ajaaa bukan yang lain..