Masa Transisi Dimulai, Pemkot Tangsel Izinkan Mal Beroperasi2.jpg

Berita Kawasan

Masa Transisi Dimulai, Pemkot Tangsel Izinkan Mal Beroperasi

Sejumlah wilayah di Indonesia memulai masa transisi menuju kenormalan baru atau new normal, demikian juga langkah yang diambil oleh Pemerintahan Kota (Pemkot) Tangerang Selatan. Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany pun mulai memberikan pelonggaran sarana umum dan tempat publik di pekan kedua pelaksanaan pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Kendati adanya pelonggaran namun ada beberapa hal penting yang Airin garis bawahi. Dia pun meminta warga dan segenap pimpinan Pemkot Tangsel sinergi mematuhi dan menjalankan hal tersebut. Seperti dikutip liputan6.com, Senin (8/6/2020), Airin mengingatkan masyarakat untuk tidak lengah karena adanya keputusan pelonggaran.

Airin pun meminta masyarakat untuk tetap waspada dan disiplin dalam aktifitas sehari-hari dalam menghindari penularan virus SARS-CoV-2. "Nggak boleh lelah, nggak boleh berhenti dan lengah. Bahwa walaupun kita menghadapi gaya hidup baru. Tapi disiplin adalah tanggung jawab semua masyarakat," kata Airin.

Kemudian, sambung Airin, hal kedua yang perlu diperhatikan segenap jajaran Pemkot Tangsel adalah untuk tetap mendirikan pos pemeriksaan di beberapa pusat keramaian, seperti pasar dan terminal. Airin juga mengingatkan bahwa kebijakan surat ijin keluar masuk atau SIKM tetap diberlakukan selama masa transisi berlangsung.

Mengiringi keputusan ini, laman lawancovid19.tangerangselatankota.go.id melaporkan hingga Senin (8/6/2020) total ada 284 warga Tangsel positif COVID-19. Dari jumlah ini tercatat 105 warga penyintas dan 26 warga meninggal dunia. Sisanya, sebanyak 153 warga masih dalam perawatan.

Masa Transisi Dimulai, Pemkot Tangsel Izinkan Mal Beroperasi1.jpg

Sementara itu, jika Pemprov DKI Jakarta baru mengizinkan 50 persen mal beroperasi pada Senin (15/6/2020) mendatang, lain halnya dengan Pemkot Tangsel yang sudah mulai mengijinkan mal atau pusat perbelanjaan untuk beroperasi mulai Senin (8/6/2020).

Dari 10 mal yang ada di wilayah Tangsel, tercatat empat mal sudah meminta izin untuk buka kepada Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Dan dari jumlah tersebut baru Mal Teras Kota yang sudah mendapatkan izin beroperasi. Namun demikian, tetap harus mematuhi protokol kesehatan.

“Kepada mal, mereka harus mengirimkan permohonan lalu kita lihat kesiapannya. Tapi yang sudah kita cek, terus tim turun ke lapangan untuk dilakukan simulasi, memang baru Teras Kota yang dinilai sudah punya persiapan,” ungkap Airin.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Tangsel, Maya Mardiana menegaskan meski diperbolehkan beroperasi tetap harus menaati persyaratan protokol kesehatan. Ada pun jenis layanan yang diperbolehkan di antaranya boleh membuka restoran untuk makan di tempat serta toko kebutuhan sehari-hari.

"Di Teras Kota, kurang lebih ada 32 tenant, tidak sampai 30 persen dari keseluruhan tenant di mal, yang lain masih belum. Untuk yang diperbolehkan seperti supermarket, farmasi, kebutuhan sehari-hari, Ace Hardware yang menjual alat kebutuhan sehari-hari, kemudian juga food and beverage, restoran, toko roti dan lain-lain," ujar Maya.

Terkait protokol kesehatan, pihak pengelola Teras Kota telah menyediakan fasilitas tempat cuci tangan yang menggunakan pedal, sehingga pengunjung tidak perlu lagi menekan atau memutar keran. Elevator atau lift pun dimodifikasi sedemikian rupa sehingga bisa dikendalikan menggunakan pedal.

Eskalator pun dibuat berwarna untuk menandakan jarak antara pengguna yang satu dengan yang lain. Untuk membantu pengawasan, sejumlah kamera pengawas atau closed circuit television (CCTV) disiagakan di banyak sudut untuk mendeteksi kerumunan.

Jika terdapat kerumunan, maka pihak pengelola mal akan memberikan imbauan melalui perangkat penantang suara. Jika imbauan tak diindahkan, teguran pun akan dilakukan dengan cara melalui pelantang suara dengan menyebutkan lokasi ataupun dengan mendatangkan petugas yang sudah dipersiapkan.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.