Demi Kelancaran PSBB, Pemprov DKI Salurkan 29.831 Paket Bansos

Berita Kawasan

Masalah Bansos Dominasi Laporan Posko Pengaduan Ombudsman

Terhitung sejak Ombudsman membuka posko pengaduan bagi warga terdampak COVID-19 pada 29 April lalu, total per 12 Mei 2020 telah ada 387 aduan yang diterima. Dari jumlah tersebut, sebanyak 278 atau 72% adalah aduan terkait masalah pengelolaan dan penyaluran dana Bantuan Sosial (Bansos) dari pemerintah.

“Terbanyak kedua yang dilaporkan adalah bidang keuangan sebanyak 89 aduan atau 23%, disusul pelayanan kesehatan dan transportasi sebanyak 8 aduan atau 2%, dan keamanan sebanyak 4 aduan atau 1 %,” kata Ketua Ombudsman Prof. Amzulian Rifai dalam konferensi pers daring (13/5/2020).

Amzulian menjelaskan, sebagian besar pengaduan yang masuk terkait masalah distribusi bantuan yang tidak merata dan jumlahnya yang tidak sesuai dengan yang ditentukan. Selain itu, aduan yang masuk juga banyak terkait tidak jelasnya prosedur dan persyaratan untuk menerima bantuan.

Masalah Bansos Dominasi Laporan Posko Pengaduan Ombudsman

Ada pula masyarakat yang tidak terdaftar sebagai penerima bantuan, padahal sedang berada dalam kondisi darurat lapar. Tak hanya itu, ada pula masyarakat yang terdaftar tetapi tidak dapat menerima karena KTP yang dimiliki bukan domisili tempat tinggal atau karena tidak memiliki KTP/KK. Aduan yang masuk juga ada yang melaporkan oknum yang meminta imbalan ketika masyarakat mendaftar sebagai penerima bantuan.

“Sebaliknya, COVID-19 mengakibatkan kelompok menengah yang rentan mendadak miskin, oleh karenanya akurasi data niscaya menjadi persoalan,” tambahnya.

[Baca Juga: Ombudsman Buka Posko Aduan Daring untuk Warga Terdampak COVID-19]

Lebih lanjut Amzulian mengatakan bahwa aduan-aduan yang sudah masuk telah ditindaklanjuti Ombudsman dan diteruskan ke instansi terkait. Dalam prosesnya, Ombudsman menggunakan pola Respon Cepat Ombudsman (RCO), yakni metode penyelesaian laporan secara cepat dengan koordinasi langsung ke instansi terlapor.

Untuk diketahui, berdasarkan lokasi pengaduan paling banyak berasal dari Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi dengan total 47 atau 12 persen. Selanjutnya disusul provinsi Sumatera Barat sebanyak 44 aduan atau 11,37%, Banten sebanyak 34 aduan atau 8,79%, Sulawesi Selatan sebanyak 26 aduan atau 6,72%, Jawa Barat sebanyak 24 aduan atau 6,20%, DI Yogyakarta sebanyak 23 aduan atau 5,94%, Jawa Timur sebanyak 22 aduan atau 5,68%, dan Jawa Tengah sebanyak 21 aduan atau 5,43%.

Distribusi Sembako Presiden di Surabaya Masih Tunggu Verifikasi Data MBR

Sementara itu aduan dalam bidang keuangan yang diterima Ombudsman yakni belum tersedianya informasi secara jelas mengenai kebijakan relaksasi kredit, seperti prosedur dan mekanisme permohonan restrukturisasi kredit. Dari aduan tersebut juga terungkap kebijakan pemberian diskon 50% yang tidak berlaku untuk semua pelanggan listrik 900 VA.

“Keringanan kredit dirasakan tidak operasional, WFH menaikkan konsumsi listrik 30%. Jika keringanan kredit tak berhasil, diperkirakan warga akan memilih menjual aset, melakukan pinjaman online atau terpaksa tetap keluar rumah,” ungkap Amzulian.

[Baca Juga: DPRD DKI Bahas Realokasi Deviden & Keterlibatan Distribusi Bantuan]

Di bidang kesehatan, aduan masyarakat yang masuk yakni perihal minimnya informasi perihal klasifikasi pasien COVID-19 dan kurangnya informasi tentang alur pelayanan kesehatan bagi masyarakat dengan gejala mirip COVID-19. Selain itu ada pula aduan terkait keterlambatan penyampaian hasil tes COVID-19, kurangnya personil tenaga medis dan kurangnya fasilitas di RS rujukan COVID-19.

Lalu pada bidang transportasi, masyarakat melaporkan adanya penghentian angkutan umum di wilayah yang belum ditetapkan PSBB serta tidak disediakan alternatifnya. Sedangkan di bidang keamanan, masyarakat melaporkan kurangnya penertiban kerumunan orang di zona penerapan PSBB dan tidak adanya sanksi tegas bagi kantor yang wajib meliburkan pekerjanya selama masa PSBB.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.