Masalah Kulit yang Perlu Diperhatikan Saat Musim Panas

Kesehatan

Masalah Kulit yang Perlu Diperhatikan Saat Musim Kemarau

Pada musim kemarau, apakah cuaca panas membuat Anda malas melakukan banyak hal? Satu hal yang sebaiknya dihindari adalah malas merawat kulit. Anda tentunya tidak ingin mengalami masalah kulit yang mengganggu penampilan atau bahkan masalah kulit ini bisa berisiko menimbulkan berbagai penyakit yang membahayakan. Oleh karena itu, Anda patut waspada dan mengenal berbagai macam penyakit kulit yang disebabkan cuaca panas.

Berikut ulasan mengenai masalah kulit di musim kemarau seperti dilansir laman webmd.com (04/09/2019).

Masalah Kulit yang Perlu Diperhatikan Saat Musim Panas

1. Ruam Merah

Matahari dan suhu yang sangat panas dapat menyebabkan beragam ruam merah muda, gatal, iritasi, dan umumnya tidak menyenangkan. Di awal musim, area yang terpapar sinar matahari, seperti wajah, dada, dan lengan bawah. Ruam-ruam ini bisa dicegah dengan menjaga kulit agar tetap lembab. Cari tempat yang teduh, dan hindari paparan sinar UV yang berlebihan. Krim hidrokortison dan pelembap lembut yang menenangkan dapat membantu meredakan ruam. Hubungi dokter Anda jika ada erupsi kulit yang parah, tidak sembuh, atau jika Anda mengandalkan krim kortison selama lebih dari beberapa hari.

[Baca Juga: 3 Pola Makan Sehat di Musim Kemarau]

2. Kulit Terbakar

Kulit Anda bisa saja terbakar saat musim panas. Maka dari itu, alangkah baiknya Anda cegah sebelum kulit Anda terbakar. Kulit yang terbakar akibat sinar matahari bisa berisiko terkena kanker kulit dan kulit akan cepat menua. Gunakan topi lebar agar terhindar dari paparan sinar matahari, dan pakailah tabir surya dengan SPF 30 yang bisa Anda aplikasikan setiap dua jam, setelah berenang atau berkeringat.

Anda juga bisa mengonsumsi suplemen yang mengandung nicotinamide (vitamin B3) atau ekstrak pakis antioksidan Polypodium leucotomos yang membuat kulit sedikit lebih tahan terhadap paparan sinar UV, meskipun mereka bukan pengganti pelindung matahari. Namun, bila Anda terpapar sinar matahari, Anda bisa mengolesi lidah buaya atau krim pelembap sebagai obat anti-inflamasi, seperti ibuprofen atau aspirin.

3. Melasma dan Bintik Matahari

Sinar ultraviolet yang kuat selama musim panas dapat dengan cepat menggelapkan melasma (bercak-bercak kulit yang berubah warna pada pipi, bibir atas, dahi, atau garis rahang) dan bintik-bintik karena sinar matahari. Itu sebabnya tabir surya spektrum dengan SPF tinggi, setidaknya 30 dan idealnya 50 atau lebih tinggi sangat penting digunakan.

4. Ruam Setelah Berenang

Saat musim panas ketika Anda berenang, klorin akan membuat kulit Anda bertambah kering dan bisa terjadi iritasi kulit. Gunakan pelembap sebelum berenang di musim panas. Dan jangan lupa untuk mengoleskannya juga setelah berenang di danau, sungai, atau laut.

[Baca Juga: Tips Jaga Kesehatan di Musim Kemarau]

Itulah empat berbagai masalah penyakit kulit yang terjadi selama musim kemarau. Kesehatan kulit Anda juga perlu dijaga, jangan sampai mengalami penyakit kulit yang tersebut di atas ya!


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.