Puskesmas Setiabudi Galakkan Pemberantasan TBC

Kesehatan

Masih Ada Ancaman TBC di Tengah Pandemi Covid-19

Ada yang berbeda dalam peringatan hari Tuberkulosis atau TBC di dunia yang jatuh pada hari ini (24/3/2020). Bila biasanya peringatan hari TBC sedunia diwarnai dengan rangkaian acara seremonial atau kegiatan di ruang terbuka, untuk saat ini tidak. Pasalnya, pada peringatan hari TBC atau TB sedunia tahun ini bersamaan dengan pesatnya penyebaran pandemi COVID-19 yang melanda sejumlah negara, termasuk Indonesia.

Untuk kasus Indonesia, ancaman TBC sendiri sebenarnya sama besarnya dengan pandemi Covid-19. Data dari World Health Organization (WHO) pada tahun 2019 menunjukkan bahwa Indonesia berada di peringkat ketiga dengan kasus TBC tertinggi di dunia. Sementara peringkat pertama ditempati oleh India dan China di posisi kedua.

Inilah Penjelasan Kondisi Paru-Paru Ketika Menderita COVID-19

Data WHO juga memperkirakan sebanyak 845.00 orang di Indonesia mengalami penyakit TBC. Hal ini membuat Indonesia menjadi salah satu negara penyumbang 60 persen kasus TB yang ada di dunia.

Di tengah masa pandemi Covid-19, WHO menyerukan agar pelayanan kesehatan serta program nasional untuk melawan TBC tak boleh abai. Upaya melawan penyebaran Covid-19 perlu dibarengi dengan penanganan terhadap TBC.

[Baca Juga: Inilah Penjelasan Kondisi Paru-Paru Ketika Menderita COVID-19]

Setidaknya, ada sejumlah catatan yang dibuat oleh WHO untuk membantu program nasional penanganan TBC dan tenaga kesehatan untuk tetap memperhatikan layanan bagi orang yang mengalami TBC di masa pandemi Covid-19. Dilansir dari laman WHO (24/3/2020), cara yang dapat dilakukan yakni dengan pendekatan inovatif yang berpusat pada individu dan bersama-sama memaksimalkan dukungan untuk memberantas kedua penyakit ini.

Orang yang mengalami TB dan Covid-19 sendiri memiliki gejala yang serupa, seperti batuk dan sulit bernafas. WHO menyebutkan bahwa kedua penyakit ini juga sama-sama menyerang paru-paru. Proses penularannya pun juga sama, yakni melalui kontak fisik. Masa inkubasi virus TB pun lebih lama, bahkan dengan proses yang lambat.

[Baca Juga: Latihan Teknik Pernapasan Untuk Tingkatkan Fungsi Paru-paru]

Kendati masih belum banyak kasus pasien TB yang terjangkit Covid-19, namun WHO memperkirakan bahwa orang yang mengalami TB dan Covid-19 akan menghadapi hasil pengobatan yang lebih buruk. Apalagi bila pengobatan TB dihentikan.

Oleh karena itu, WHO menyarankan agar para pasien TB melakukan pencegahan sebagaimana yang disarankan oleh lembaga kesehatan agar terhindar dari Covid-19. Tak lupa, pasien TB tetap harus terus melanjutkan pengobatan mereka sebagaimana prosedur yang telah ditentukan.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.