Masih Banyak Pelanggar Terciduk di H-4 Berakhirnya PSBB Jakarta

Berita Kawasan

Masih Banyak Pelanggar Terciduk di H-4 Berakhirnya PSBB Jakarta

Data terbaru yang dilaporkan pemerintah melalui situs covid19.go.id, pada Minggu (17/5/2020) tercatat 18.010 kasus positif COVID-19 di tanah air, 4.324 orang penyintas dan sisanya 1.191 pasien meninggal dunia. Sementara Provinsi DKI Jakarta menorehkan 6.010 kasus dengan rincian 1.306 pasien sembuh dan 463 pasien meninggal dunia.

Dalam memutus rantai penyebaran virus SARS-CoV-2, Pemprov DKI Jakarta telah sejak lama memberlakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Ibukota, namun terus saja peningkatan kasus terjadi setiap harinya. Kurangnya kerja sama warga adalah salah satu faktor penyebabnya, padahal Pemprov telah menerbitkan Pergub No. 41 Tahun 2020 tentang adanya sanksi kerja sosial dan administrasi bagi pelanggar PSBB. Namun tampaknya aturan ini belum bisa membuat warga takut.

Terbukti pada hari ke-4 menuju berakhirnya PSBB periode kedua, masih saja ditemui pelanggaran PSBB. Seperti yang terjadi di kawasan Jatinegara Jakarta Timur, sebagaimana dilaporkan beritajakarta.id, Senin (18/5/2020).

Pemberlakuan PSBB, Petugas Tertibkan PKL di Sejumlah Titik Jakarta

Sebanyak 19 pelanggar dijatuhi sanksi menyapu jalan di kawasan Terminal Kampung Melayu. Menggunakan rompi berwarna oranye bertuliskan 'Pelanggar PSBB', para pelanggar yang kedapatan tidak menggunakan masker ini bergantian menyapu jalanan.

Wakil Camat Jatinegara Endang Kartika Wahyuningsih mengatakan, setiap hari pihaknya mengerahkan 45 petugas gabungan melakukan pengawasan dan penindakan PSBB di lokasi yang berpindah-pindah. Sedangkan besaran denda diambil nominal terkecil, yakni Rp100.000. “Pemberian sanksi ini diharapkan memberikan efek jera dan warga juga bisa lebih disiplin menjalankan protokol kesehatan yang berlaku," ujar Endang.

[Baca Juga: Pelanggaran PSBB Jakarta Selatan Banyak Terjadi di Jalan Ciledug Raya]

Di wilayah lainnya, Pulogadung, Jakarta Timur, saat dilakukan razia oleh 60 petugas gabungan, Minggu (17/5/2020) kedapatan sejumlah pengendara motor yang tak memakai masker. Pengendara motor yang melintas di Jalan Pemuda Rawamangun tersebut pun mendapatkan sanksi. Petugas Satpol PP memberikan dua pilihan sanksi. Pilihan pertama ialah menyapu halaman sekitar lokasi razia dan yang kedua ialah push up. Dan warga pun memilih pilihan yang kedua.

Yang lebih mencengangkan adalah tertangkapnya ratusan warga Jakarta Utara yang melanggar PSBB di tempat prostitusi. Pemerintah Kota Jakarta Utara menjatuhkan sanksi kepada 108 pelanggar PSBB. Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko mengatakan para pelanggar harus membersihkan trotoar sepanjang Danau Sunter Selatan, Kelurahan Sunter Jaya, Tanjung Priok.

Masih Banyak Pelanggar Terciduk di H-4 Berakhirnya PSBB Jakarta

"Apa yang dikerjakan bersama kali ini akan jadi sebuah catatan masyarakat untuk disiplin. Setiap pelanggaran ada konsekuensinya agar terbebas dari COVID-19," kata Sigit dalam keterangan tertulisnya yang diterima PingPoint (18/5/2020).

Ratusan orang ini merupakan pengunjung, pelayan, dan karyawan di kafe remang-remang Jakarta Utara. Sebelumnya, Kepolisian Resor Jakarta Utara menangkap mereka dari tujuh kafe lantaran mendapat laporan warga ihwal dugaan pelanggaran PSBB.

[Baca Juga: Wali Kota Jakarta Timur Tak Segan Tindak Tegas Pelanggar PSBB]

Menurut Sigit, sanksi harus memberikan efek jera. Tujuannya untuk memastikan aktivitas masyarakat berjalan sesuai aturan yang berlaku. Dia berharap sanksi ini dapat mendorong warga berperilaku disiplin.

Sementara itu, Polres Jakarta Utara telah menetapkan lima orang sebagai tersangka. Kelimanya adalah pemilik kafe yang diduga melanggar Pasal 2 Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang juncto Pasal 296 KUHP. Ancaman sanksi pidana berupa 15 tahun penjara. "Barang bukti yang kami sita di antaranya rekaman video digital, alat kontrasepsi, dan berkas pembukuan pengelolaan kafe, " ujar Kapolres Jakarta Utara Komisaris Besar Budhi Herdi Susianto.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.