Masih Ingatkah Kau Jalan Pulang, Kolabroasi Dua Penulis Lintas Generasi

Pendidikan

Masih Ingatkah Kau Jalan Pulang, Kolabroasi Dua Penulis Lintas Generasi

Nama Penyair Sapardi Djoko Damono mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan para penikmat seni puisi. Tokoh yang terkenal lewat karyanya Hujan Bulan Juni ini menjadi inspirasi beberapa seniman di tanah air.

Nah, baru-baru ini, Sapardi Djoko Damono pun meluncurkan kumpulan puisi terbarunya berjudul Masih Ingatkah Kau Jalan Pulang. Dalam bukunya tersebut, Sapardi berkolaborasi dengan penulis muda Nadhifa Allya Tsana atau yang biasa dikenal dengan nama pena Rintik Sedu.

[Baca Juga: Fim Buku Harianku, Film Musikal Anak Pertama di Tahun 2020]

"Sepanjang proses penulisannya, saya mendengar dialog dalam kepala saya siang malam antara dua orang, perempuan dan laki-laki, yang sepenuhnya diucapkan oleh Rintik Sedu, dan tugas saya adalah menuliskan semua yang saya dengar dan dengarkan dari dialog itu. Sepenuhnya." tulis Sapardi pada bagian awal buku Masih Ingatkah Kau Jalan Pulang.

Meski bisa dikatakan sebagai kolaborasi lintas generasi, tapi Sapardi mengaku sangat menganggumi Rintik Sedu. Berawal ketika kedua penulis tersebut bertemu dalam acara Klub Buku Narasi pada Agustus 2019. Setelah 7 bulan berselang, akhirnya ide kedua penyair lintas generasi tersebut dapat terelisasikan menjadi sebuah buku.

Masih Ingatkah Kau Jalan Pulang, Kolabroasi Dua Penulis Lintas Generasi

“Dialog yang akan Anda baca ini dengan demikian bukanlah sepenuhnya karya saya tetapi hasil kolaborasi Rintik Sedu dan saya. Tidak akan pernah bisa saya bayangkan menulis buku semacam ini sendirian saja," tambah Sapardi.

Ditanya mengapa buku kolaborasinya diberi judul Masih Ingatkah Kau Jalan Pulang, penyair kelahiran 1940 mengaku, dirinya terinspirasi dari lagu "Do You Know the Way to San Jose" yang dinyanyikan oleh Dionne Warwick.

[Baca Juga: Pasar Buku Murah Terkenal di Jakarta]

"Makanya judulnya itu, dan dia (Rintik Sedu) tidak keberatan. Masalah pergi dan pulang itu adalah masalah yang luar biasa bagi manusia, bagi saya. Bukan sekedar pergi terus pulang ke rumah, perjalanan hidup kita itu kan pergi dan dengan pulang lagi," ujar Sapardi.

Setelah ini, Sapardi Djoko Damono berencana meluncurkan karya baru berupa trilogi novel Segi Tiga dan Mantra Orang Jawa pada Maret 2020. Sementara Rintik Sedu akan meluncurkan buku baru berjudul Buku Minta Dibanting pada Februari ini.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.