Masih Muda, Tapi Sering Lupa Ini Penyebabnya

Kesehatan

Masih Muda, Tapi Sering Lupa? Ini Penyebabnya

Lupa adalah hal wajar yang dialami semua orang. Namun apa jadinya bila lupa seringkali terjadi dalam kehidupan Anda. Masalah melemahnya daya ingat ini sangat merugikan untuk kehidupan Anda. Apalagi bila Anda dalam masa produktif bekerja dan sekolah yang membutuhkan kekuatan konsentrasi. Oleh sebab itu, Anda perlu ketahui penyebabnya! Berikut penyebab lupa yang telah dirangkum dari beberapa sumber.

Masih Muda, Tapi Sering Lupa Ini Penyebabnya

  • Makan Junkfood

Junkfood merupakan jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi atau lemak jahat, sebab kolesterol dapat menghambat peredaran darah ke otak. Untuk mengatasinya, Anda bisa rutin berolahraga. Dan sebaiknya mengonsumsi makanan sehat seperti salmon yang mengandung omega-3 berfungsi untuk pertumbuhan dan perkembangan otak.

[Baca Juga: Mactivation Mendobrak Sensori dan Rangsang Fungsi Otak]

  • Kurang Tidur

Direktur Medis dari New York Nehrology and Sleep Medicini, Dr Allen Towfigh menjelaskan orang-orang yang kurang tidur atau mengalami gangguan tidur tidak hanya merasakan gangguan memori tapi juga merasakan kelelahan sepanjang hari, gangguan perhatian, dan kurang waktu reaksi. Ketika Anda tidur, otak juga akan beristirahat melibatkan respons memori dan emosional justru lebih aktif.

  • Depresi

Seorang ilmuan dari Brigham Young University bernama Pofessor Brock Kirwan menemukan bahwa depresi berkaitan dengan hilangnya memori otak. Sel baru otak yang tumbuh berupa hippocampus ada dalam penyimpanan memori dan ketika seseorang mengalami depresi, pertumbuhan sel tersebut cenderung melambat.

[Baca Juga: Brain Gym : Senam Otak Yang Dapat Meningkatkan Kecerdasan]

  • Kurang Asupan Nutrisi

Asupan nutrisi sangat dibutuhkan sejak masih muda. Namun, banyak anak muda yang kurang memerhatikan kecukupan nutrisinya. Tubuh butuh vitamin B12 untuk membantu peredaran darah ke otak lebih lancar. Bila tubuh kekurangan vitamin B12, bisa jadi awal dari penurunan daya ingat. Anda bisa mengonsumsi makan-makanan yang mengandung vitamin B12 tinggi, seperti produk susu, telur, ikan, dan daging unggas.

Nah, sudah tahu kan, penyebab Anda sering lupa? Jangan abaikan hal itu agar pikun dini tidak terjadi pada Anda.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digita l.jpg

Pendidikan

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digital

15 May 2022, 10:38

Di era digital saat ini, SDM di Tanah Air didorong memiliki kemampuan public speaking yang tak hanya bersifat luring tapi juga daring.

Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata Ini Dipanen Wagub Ariza.jpg

Berita Kawasan

Panen Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata

13 May 2022, 16:04

Wagub Ariza baru-baru ini bersama istrinya merasakan langsung bagaimana memanen buah belimbing serta sayur bayam di lahan eduwisata urban farming Jakarta Selatan.

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmi n.jpg

Hobi dan Hiburan

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmin

13 May 2022, 10:02

Pada hari ini, DJ Lyfes asal negara Belanda meluncurkan hasil kolaborasinya besama produser EDM dalam negeri DJ Yasmin.

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022.jpg

Pendidikan

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022

12 May 2022, 19:32

Acer Indonesia telah mempersiapkan hadiah total Rp500 juta dalam ajang penghargaan ASSA 2022 demi mempercepat transformasi digital di sekolah SD hingga SMA/SMK di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.