Masjid Al-Bakrie Wakili Jakarta Selatan di Lomba Binaul Masjid 2019

Berita Kawasan

Masjid Al-Bakrie Wakili Jakarta Selatan di Lomba Binaul Masjid 2019

Lomba Binaul Masjid Tingkat Provinsi DKI Jakarta kembali digelar tahun ini yang di mana kegiatan ini merupakan hasil kerjasama Pemerintah Provinsi DKI dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jakarta. Untuk wilayah Jakarta Selatan, Masjid Al-Bakrie yang berlokasi di Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan terpilih menjadi perwakilan dalam lomba ini. Pada 3 November 2019, masjid ini pun sudah mulai masuk ke dalam tahap penilaian.

Sekadar informasi, Masjid-Al Bakrie berlokasi di kawasan kompleks Apartemen Taman Rasuna dan berdiri di atas tanah Pemprov DKI Jakarta. Tempat ibadah umat Muslim ini memiliki luas bangunan 1.458 meter persegi yang mampu menampung sampai 1.000 jamaah. Masjid ini diresmikan proyeknya pada 23 Oktober 2004 dan mulai digunakan oleh jamaah pada Oktober 2005.

Masjid Al-Bakrie Wakili Jakarta Selatan di Lomba Binaul Masjid 2019

Untuk Lomba Binaul Masjid tahun ini, pihak panitia mengambil tema Melalui Lomba Binaul Masjid 2019 Kita Tingkatkan Kualitas Pengelolaan Idaroh, Imaroh dan Riayah Masjid. Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan menyambut baik terpilihnya Masjid Al-Bakrie dan kembalinya digelar Lomba Binaul Masjid.

“Membangun masjid yang dimaksud tidak sekedar mendirikan bangunanya saja, tetapi lebih jauh ialah membangun, menghidupkan, dan memakmurkan fungsi masjid yang didirikan itu terhadap jamaah dan umatnya,” ungkap Sekretaris Kota Jakarta Selatan Munjirin, sebagaimana dikutip dari selatan.jakarta.go.id (3/4/2019).

[Baca Juga: Masjid Jami' Al-Makmur, Peninggalan Raden Saleh Ini Hampir Tergusur]

Sesuai tema Lomba Binaul Masjid 2019, menurut Munjiri terdapat tiga aspek penting dalam mendukung pemeliharaan serta pengelola masjid. Tiga hal ini terdiri dari idarah atau manajemen, imarah atau pengelolaan program, dan riayah atau pengelolaan arsitektur masjid.

Pemkot Jakarta Selatan juga turut menyampaikan harapannya melalui lomba Binaul Masjid 2019 terhadap tempat-tempat ibadah umat Muslim di Ibu Kota. “Kami berharap dengan sejalan perkembangan masyarakat, fungsi masjid yang sekarang sudah banyak sebagai pusat kegiatan umat Islam, baik kegiatan dakwah, sosial dan pendidikan perlu mendapat perhatian yang lebih besar lagi dari umat Islam untuk menjaga dan memakmurkan masjid,” tambah Munjirin.

[Baca Juga: Ancol Bangun Masjid Terapung Pertama di Jakarta]

Dalam menghadapi panitia Lomba Binaul Masjid 2019, pihak DKM Masjid Al-Bakrie juga sudah mempersiapkan diri untuk memenuhi persyaratan penilaian. Dari mulai pengecekan dokumentasi serta administratifnya guna mendapatkan nilai yang terbaik dalam lomba ini.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digita l.jpg

Pendidikan

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digital

15 May 2022, 10:38

Di era digital saat ini, SDM di Tanah Air didorong memiliki kemampuan public speaking yang tak hanya bersifat luring tapi juga daring.

Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata Ini Dipanen Wagub Ariza.jpg

Berita Kawasan

Panen Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata

13 May 2022, 16:04

Wagub Ariza baru-baru ini bersama istrinya merasakan langsung bagaimana memanen buah belimbing serta sayur bayam di lahan eduwisata urban farming Jakarta Selatan.

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmi n.jpg

Hobi dan Hiburan

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmin

13 May 2022, 10:02

Pada hari ini, DJ Lyfes asal negara Belanda meluncurkan hasil kolaborasinya besama produser EDM dalam negeri DJ Yasmin.

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022.jpg

Pendidikan

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022

12 May 2022, 19:32

Acer Indonesia telah mempersiapkan hadiah total Rp500 juta dalam ajang penghargaan ASSA 2022 demi mempercepat transformasi digital di sekolah SD hingga SMA/SMK di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.