Pesantren Ramadan 2021

Pendidikan

Masjid Al-Huda Tetap Gelar Pesantren Ramadan di Masa Pandemi

Ramadan di tengah pandemi COVID-19 menyebabkan beberapa tempat ibadah tidak mengadakan kegiatan yang berkaitan dengan agama. Hal tersebut dikarenakan khawatir menjadi penyebab timbulnya klaster baru terhadap masyarakat. Masjid Al-Huda yang terletak di daerah Kelurahan Tugu Depok ini dengan berani mengadakan kegiatan Pesantren Ramadan, baik secara online maupun offline.

Kegiatan ini dinilai memberikan dampak positif terhadap anak-anak sekitaran Kelurahan Tugu guna untuk memberikan pemahaman agama dan mengisi waktu saat Ramadan. Ketua Pelaksana Pesantren Ramadan, Ihsan Abdurohman mengungkapkan, “Di kawasan Kelurahan Tugu ini cukup banyak anak-anak yang perlu diberikan pemahaman sejak dini tentang ilmu agama,” tuturnya kepada Pingpoint.co.id, Sabtu (24/04/2021).

Pesantren Ramadan di Masjid Saat Pandemi

Jumlah peserta Pesantren Ramadan sebanyak 80 orang yang dilaksanakan secara offline dan online. Pengaturan waktunya pun terbilang cukup efisien untuk mengurangi kerumunan di tengah pandemi. Kegiatan offline diselenggarakan per kloter dengan membagi jumlah peserta menjadi tiga kloter. Kloter pertama dilakukan pada tanggal 24 April, kloter ke dua tanggal 2 Mei, dan kloter ketiga tanggal 8 Mei. Sedangkan kegiatan online dilakukan secara rutin dari mulai tanggal 24-29 April 2021 via Zoom.

[Baca Juga: Harapkan Masjid Pemersatu Umat, Pemko Medan Gelar Safari Ramadan Virtual]

Materi yang disampaikan adalah materi-materi yang berkesinambungan dengan ilmu agama dan kehidupan agar menerapkan sifat-sifat baik yang berakhlaqul karimah. Selain materi, panitia juga menyelingi kegiatan dengan dongeng atau games. “Kemarin dengar informasi ada remaja yang tawuran di sekitar daerah Tugu, maka dari itu kami memiliki tujuan untuk memberikan pengaruh baik,” ungkap Ihsan.

Kegiatan Pesantren Ramadan

Meski beberapa orang tua peserta khawatir dengan kondisi pandemi COVID-19, Ihsan dan segenap panitia remaja masjid mampu memberikan keyakin kepada para orang tua bahwa kegiatan ini diterapkan dengan protokol kesehatan yang ketat. Panitia diwajibkan untuk menegur siapapun yang lengah terhadap protokol kesehatan, seperti menggunakan masker yang tidak benar. Masing-masing kelompok juga sudah dibekali masker cadangan dan hand sanitizer.

Kegiatan ini tentunya diberikan dukungan oleh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Huda dan warga sekitar Tugu. Selain itu, beberapa donatur juga memberikan dana untuk terlaksananya kegiatan Pesantren Ramadan ini setelah vakum selama satu tahun. “Antusiasme anak-anak di sini cukup kuat, orang tua juga meyakini bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat,” tutupnya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.