Serba- Serbi Perayaan Lebaran di Wilayah Semarang

Berita Kawasan

Masjid Al Kautsar Gelar Salat Iduladha dan Pemotongan Hewan Kurban

Ditengah pemberlakuan PPKM Darurat di Kota Semarang dan imbauan meniadakan salat Iduladha berjamaah di masjid ternyata pelaksaan salat Iduladha berjamaah tetap digelar di masjid Al Kautsar. Lokasi masjid Al Kautsar yang berada di RT4 RW 3 Kelurahan Krobokan Semarang tetap menggelar salat Iduladha berjamaah.

Berdasarkan penelusuran langsung tim redaksi PingPoint.co.id di lapangan, Selasa (20/7/2021) alasan Masjid Al Kautsar tidak khawatir dengan penularan virus COVID-19 dengan tetap menggelar salat Iduladha berjamaah karena pelaksanaan salat Iduladha sendiri hanya diikuti oleh warga sekitar masjid.

Sejak PPKM Darurat, pengurus RT dan RW setempat telah memberlakukan lockdown PPKM mikro bagi warga. Bahkan mereka juga memberi tanda di pagar depan rumah jika ada warga yang menjalankan isolasi mandiri. Apalagi, wilayah RW 3 Kelurahan Krobokan juga telah membentuk Kampung Siaga Candi Hebat di awal masa pandemi. Sehingga aktivitas sebagian besar warga bisa dilakukan di rumah saja.

Selain itu, pemberitahuan pelaksanaan salat Iduladha berjamaah di masjid Al Kautsar sendiri diberitahukan setelah salat Isya bertepatan pada malam takbiran supaya tidak diketahui khalayak luas. Pelaksanaannya dimulai lebih awal pukul 06.15 WIB untuk menghindari kerumunan warga. Jalan masuk kampung juga ditutup portal untuk memastikan hanya warga sekitar yang bisa mengikuti salat Iduladha berjamaah di masjid Al Kautsar. Demikian keterangan Panitia Kegiatan Iduladha Masjid Al Kautsar.

Inilah Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Kurban Masa PPKM Darurat

Lalu terkait protokol kesehatan (prokes) yang diterapkan antara lain setiap jamaah wajib mengenakan masker, pihak masjid menambah akses masuk dan keluar masjid agar tidak bertumpuk, serta menyediakan handsanitizer di dekat pintu masuk dan keluar masjid. Waktu pelaksanaan salat Iduladha juga dibuat singkat dan semua jamaah langsung pulang ke rumah masing- masing agar tidak berkerumun.

Kemudian pemotongan hewan kurban dilakukan di halaman dalam Panti Asuhan Putra Al Kautsar, tak jauh dari masjid Al Kautsar untuk menghindari tontonan warga pada saat penyembelihan. Ditambahkan pula yang boleh melakukan pemotongan hanya pengurus masjid sekaligus pengurus panti yang terlibat tentu dengan menerapkan prokes.

“Sejak pandemi tahun lalu, kita melakukan pemotongan hewan kurban di halaman dalam panti. Jika sebelumnya kita biasa melakukan pemotongan secara bersama- sama dengan yang lain di dalam lapangan SMP N 30 Semarang. Untuk tahun ini kita batasi hanya melakukan pemotongan untuk empat ekor sapi dan dua ekor kambing,” ujar Panitia Kegiatan Iduladha Masjid Al Kautsar

Pada saat pembagian hewan kurban, itu dilakukan dengan mendatangi masing- masing rumah warga sekitar dengan menyematkan kantung berisi daging kurban di atas pagar halaman untuk menghindari kontak dan menjaga jarak.


Read More

Masjid Al-Kautsar

Masjid

None
None

Artikel Lainnya

Kolepa.jpg

Bisnis

Uniknya Kolepa, Merasakan Nuansa Coffe Shop Bersanding Mini Golf

05 August 2021, 22:31

Berbeda dengan coffe shop pada umumnya, Kolepa di Kota Tangerang Selatan tawarkan nuansa ngopi dan fasilitas mini-golf di sekelilingnya.

Menelusuri Rumah Pengabdi Setan di Bukit Pangalengan, Bikin Merinding!.jpg

Hobi dan Hiburan

Rumah Pengabdi Setan di Bukit Pangalengan Bikin Merinding!

05 August 2021, 22:02

Anda penikmat horor? Silakan datang ke Rumah Pengabdi Setan yang berada di Kawasan Perkebunan Teh Kertamanah Pangalengan, Kab. Bandung. Rasakan sensasinya!

Endik 1.jpg

Bisnis

Bengkel Endik, Tanpa Perlu Nama Mobil-Mobil Sudah Berdatangan

05 August 2021, 21:09

Tanpa perlu memasang papan nama, sebuah bangunan petak milik Mas Endik didatangi pengendara mobil untuk servis.

Kalijaga 2.jpg

Berita Kawasan

Musala Sunan Kalijaga Kota Batu, Bangunan Kecil Bersejarah

05 August 2021, 20:08

Memberikan nuansa bersejarah dalam sebuah musala kecil di pinggir jalan Giripurno, Musala Sunan Kalijaga bikin hati dipenuhi berkah.


Comments


Please Login to leave a comment.