Masjid Amir Hamzah TIM akan Dibangun Lebih Modern dan Minimalis

Berita Kawasan

Masjid Amir Hamzah TIM akan Dibangun Lebih Modern dan Minimalis

Taman Ismail Marzuki atau yang sering disebut TIM ini merupakan pusat kesenian Jakarta. Berbagai acara kesenian diselenggarakan di tempat tersebut, mulai dari pementasan drama, wayang, pameran lukisan, dan lain-lain. Di sekitar kompleks TIM terdapat satu-satunya masjid yang telah diresmikan pertama kali Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin, pada 28 Januari 1977.

Sejak saat itu, Masjid Amir Hamzah dinyatakan sebagai cagar budaya. Pada Agustus 2013, Masjid Amir Hamzah sempat dibongkar untuk pengembangan gedung kampus Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Di tahun 2017, Masjid Amir Hamzah kembali diresmikan yang ditandatangani Djarot Saiful Hidayat sebagai wakil gubernur pada saat itu.

Masjid Amir Hamzah TIM akan Dibangun Lebih Modern dan Minimalis

Dan mulai bulan September 2019 ini, Masjid Amir Hamzah akan direvitalisasi Tahap I oleh Kepala Unit Pengelola Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki Imam Hadi Purnomo. Melansir laman beritajakarta.id (05/09/2019), Imam Hadi Purnomo menjelaskan pembangunan masjid tersebut daya tampung jamaah akan ditingkatkan menjadi 250 jamaah. Desain interior masjid akan dibuat lebih modern dan minimalis dengan mamadukan unsur seni. “Bangunan Masjid Amir Hamzah yang baru letaknya tidak lagi berdekatan dengan pintu masuk utama TIM atau di samping Gedung Planetarium,” ucapnya.

[Baca Juga: Revitalisasi Kawasan TIM Usung Konsep Ramah Lingkungan]

Dirinya menerangkan Masjid Amir Hamzah yang baru akan dibangun di antara Gedung Teater Jakarta TIM, Graha Bhakti Budaya, dan Kampus Institut Kesenian Jakarta. Tujuannya, untuk lebih memudahkan masyarakat maupun pengunjung untuk melaksanakan ibadah.

Selama pembangunan Masjid Amir Hamzah yang akan direvitalisasi itu, fasilitas sarana ibadah umat muslim akan ditempatkan sementara di Gedung Teater Jakarta. Imam menjelaskan, akan menyediakan papan informasi petunjuk lokasi sementara sarana ibadah. Selain itu, pihaknya juga menyosialisasikan terkait pembangunan Masjid Amir Hamzah yang baru kepada masyarakat yang datang ke TIM.

[Baca Juga: JILF Hadir dengan Semangat Mencoret "Pagar"]

Dirinya menambahkan, terdapat tiga kegiatan dalam revitalisasi PKJ TIM Tahap I ini yakni, pembangunan hotel terintegrasi dengan Perpustakaan Umum Daerah Cikini, pembangunan parkir basement di depan Gedung Planetarium, serta pembangunan Masjid Amir Hamzah yang baru. "Targetnya, September ini revitalisasi PKJ TIM Tahap I sudah bisa dimulai dan selesai pada Januari 2020," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.