Masjid Amir Hamzah TIM akan Dibangun Lebih Modern dan Minimalis

Berita Kawasan

Masjid Amir Hamzah TIM akan Dibangun Lebih Modern dan Minimalis

Taman Ismail Marzuki atau yang sering disebut TIM ini merupakan pusat kesenian Jakarta. Berbagai acara kesenian diselenggarakan di tempat tersebut, mulai dari pementasan drama, wayang, pameran lukisan, dan lain-lain. Di sekitar kompleks TIM terdapat satu-satunya masjid yang telah diresmikan pertama kali Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin, pada 28 Januari 1977.

Sejak saat itu, Masjid Amir Hamzah dinyatakan sebagai cagar budaya. Pada Agustus 2013, Masjid Amir Hamzah sempat dibongkar untuk pengembangan gedung kampus Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Di tahun 2017, Masjid Amir Hamzah kembali diresmikan yang ditandatangani Djarot Saiful Hidayat sebagai wakil gubernur pada saat itu.

Masjid Amir Hamzah TIM akan Dibangun Lebih Modern dan Minimalis

Dan mulai bulan September 2019 ini, Masjid Amir Hamzah akan direvitalisasi Tahap I oleh Kepala Unit Pengelola Pusat Kesenian Jakarta Taman Ismail Marzuki Imam Hadi Purnomo. Melansir laman beritajakarta.id (05/09/2019), Imam Hadi Purnomo menjelaskan pembangunan masjid tersebut daya tampung jamaah akan ditingkatkan menjadi 250 jamaah. Desain interior masjid akan dibuat lebih modern dan minimalis dengan mamadukan unsur seni. “Bangunan Masjid Amir Hamzah yang baru letaknya tidak lagi berdekatan dengan pintu masuk utama TIM atau di samping Gedung Planetarium,” ucapnya.

[Baca Juga: Revitalisasi Kawasan TIM Usung Konsep Ramah Lingkungan]

Dirinya menerangkan Masjid Amir Hamzah yang baru akan dibangun di antara Gedung Teater Jakarta TIM, Graha Bhakti Budaya, dan Kampus Institut Kesenian Jakarta. Tujuannya, untuk lebih memudahkan masyarakat maupun pengunjung untuk melaksanakan ibadah.

Selama pembangunan Masjid Amir Hamzah yang akan direvitalisasi itu, fasilitas sarana ibadah umat muslim akan ditempatkan sementara di Gedung Teater Jakarta. Imam menjelaskan, akan menyediakan papan informasi petunjuk lokasi sementara sarana ibadah. Selain itu, pihaknya juga menyosialisasikan terkait pembangunan Masjid Amir Hamzah yang baru kepada masyarakat yang datang ke TIM.

[Baca Juga: JILF Hadir dengan Semangat Mencoret "Pagar"]

Dirinya menambahkan, terdapat tiga kegiatan dalam revitalisasi PKJ TIM Tahap I ini yakni, pembangunan hotel terintegrasi dengan Perpustakaan Umum Daerah Cikini, pembangunan parkir basement di depan Gedung Planetarium, serta pembangunan Masjid Amir Hamzah yang baru. "Targetnya, September ini revitalisasi PKJ TIM Tahap I sudah bisa dimulai dan selesai pada Januari 2020," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.