Kebon-Jeruk-Kawasan-Masjid-Bersejarah-di-Tambora-Jakarta-Akan-Direvitalisasi-emil-03.jpg

Berita Kawasan

Masjid Bersejarah di Tambora Jakarta Akan Direvitalisasi

Di wilayah Pekojan, Kecamatan Tambora Jakarta Barat terdapat bangunan yang terkenal sebagai tempat ibadah umat Muslim bersejarah. Karena bangunan bernama Masjid Langgar Tinggi itu sudah berdiri semenjak 1830-an dan menjadi saksi perkembangan agama Islam di era Kolonialisasi Belanda di Batavia. Namun sayangnya masjid bersejarah tersebut termakan waktu sehingga beberapa bagiannya terlihat membutuhkan renovasi.

Mengingat Masjid Langgar tinggi merupakan cagar budaya di Jakarta, maka Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun bergerak untuk melakukan revitalisasi. Hal ini dilakukan guna memperbaiki sejumlah titik di masjid yang menua sehingga lebih aman ketika digunakan untuk kegiatan beragama atau untuk dikunjungi orang-orang yang ingin melakukan wisata religi.

Masjid Langgar Tinggi di Tambora, Jakarta Barat

Kabar baik ini disampaikan saat Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Gubernur DKI Bidang Pariwisata dan Budaya, Agus Suradika datang ke Masjing Langgar Tinggi di Tambora Jakarta Barat pada Kamis, 15 November 2018. Ia tidak datang sendiri, karena Agus juga ditemani tim gubernur percepatan pembangunan, Balai Konservasi Cagar Budaya, Unit Pengelolaan Kota Tua dan tim revitalisasi yang langsung meninjau Masjid Langgar Tinggi.

[Baca Juga: Melihat Masjid Megah ala Taj Mahal di Danau Sunter]

“Kami berharap percepatan revitalisasi Langgar Pekojan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dengan mengedepankan cagar budayanya,” ucap Agus, sebagaimana dikutip dari barat.jakarta.go.id.

Masjid Langgar Tinggi di Tambora, Jakarta Barat

Rencananya, revitalisasi ini akan dilakukan secara menyeluruh tapi tetap dengan tujuan menjaga keaslian masjid beserta isinya. “Secara khusus dapat memberikan rasa aman dan nyaman buah jamaah atau masyarakat yang melaksanakan ibadah di Langgar Tinggi,” tambah Agus.

[Baca Juga: 6 Tanda Anda Harus Segera Melakukan Renovasi Rumah]

Sekadar informasi, keberadaan Masjid Langgar Tinggi juga menjadi bukti keberadaan Kampung Arab di kawasan Pekojan. Kala Jakarta masih bernama Batavia, para warga yang tinggal di wilayah ini rata-rata merupakan imigran yang berasal dari Hadramaut atau Yaman.

Sebelum menjadi cagar budaya, masjid bersejarah di wilayah Tambora Jakarta tersebut sebenarnya adalah musala yang berdiri di atas penginapan miliki Abu Bakar Shihab. Penginapan ini pada abad ke-19 digunakan para pedagang dari kawasan Tangerang dan sekitarnya untuk menginap atau sekadar menyandar perahu serta rakit mereka.

Read More

Artikel Lainnya

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

Bisnis

Shell Eco-marathon Memacu Generasi Muda Siap Mencapai Mobilitas Berkelanjutan

05 December 2020, 09:05

Dalam perjalanan 10 tahun partisipasi Indonesia di SEM, ada peningkatan jumlah mahasiswa yang terlibat yaitu sebanyak lebih dari 200 persen.

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

Kesehatan

Sebelum Vaksinasi Nasional Dilakukan, Wali Kota Bogor Tekankan Tiga Hal Ini

04 December 2020, 15:33

Bima Arya membagi tiga kategori warga yang enggan diberi vaksin, yakni ada warga yang tidak ingin diberi vaksin karena tidak percaya bahwa COVID-19 itu ada dan nyata, ada juga karena alasan keagamaan dan ada juga karena takut.

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

Berita Kawasan

Lantik Pengurus PCI 2020-2024, Koni Kabupaten Bogor Optimistis Majukan Cricket

04 December 2020, 14:37

Ketua Koni Kabupaten Bogor Junadi Syamsudin mengatakan, di kukuhkannya kepengurusan PCI periode 2020-2024. Dapat menjalankan berbagai program kegiatan dengan inovatif sehingga Cabor Cricket bisa lebih maju.

14 Hari Kedepan, Sejumlah Ruas Jalan di Bandung Ditutup

Berita Kawasan

14 Hari Ke Depan, Sejumlah Ruas Jalan di Bandung Ditutup

04 December 2020, 13:49

Hal ini sebagai tindak lanjut atas kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) proporsional yang diambil sebagai langkah penanganan pandemi di Kota Bandung.


Comments


Please Login to leave a comment.