Kebon-Jeruk-Kawasan-Masjid-Bersejarah-di-Tambora-Jakarta-Akan-Direvitalisasi-emil-03.jpg

Berita Kawasan

Masjid Bersejarah di Tambora Jakarta Akan Direvitalisasi

Di wilayah Pekojan, Kecamatan Tambora Jakarta Barat terdapat bangunan yang terkenal sebagai tempat ibadah umat Muslim bersejarah. Karena bangunan bernama Masjid Langgar Tinggi itu sudah berdiri semenjak 1830-an dan menjadi saksi perkembangan agama Islam di era Kolonialisasi Belanda di Batavia. Namun sayangnya masjid bersejarah tersebut termakan waktu sehingga beberapa bagiannya terlihat membutuhkan renovasi.

Mengingat Masjid Langgar tinggi merupakan cagar budaya di Jakarta, maka Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pun bergerak untuk melakukan revitalisasi. Hal ini dilakukan guna memperbaiki sejumlah titik di masjid yang menua sehingga lebih aman ketika digunakan untuk kegiatan beragama atau untuk dikunjungi orang-orang yang ingin melakukan wisata religi.

Masjid Langgar Tinggi di Tambora, Jakarta Barat

Kabar baik ini disampaikan saat Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Gubernur DKI Bidang Pariwisata dan Budaya, Agus Suradika datang ke Masjing Langgar Tinggi di Tambora Jakarta Barat pada Kamis, 15 November 2018. Ia tidak datang sendiri, karena Agus juga ditemani tim gubernur percepatan pembangunan, Balai Konservasi Cagar Budaya, Unit Pengelolaan Kota Tua dan tim revitalisasi yang langsung meninjau Masjid Langgar Tinggi.

[Baca Juga: Melihat Masjid Megah ala Taj Mahal di Danau Sunter]

“Kami berharap percepatan revitalisasi Langgar Pekojan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dengan mengedepankan cagar budayanya,” ucap Agus, sebagaimana dikutip dari barat.jakarta.go.id.

Masjid Langgar Tinggi di Tambora, Jakarta Barat

Rencananya, revitalisasi ini akan dilakukan secara menyeluruh tapi tetap dengan tujuan menjaga keaslian masjid beserta isinya. “Secara khusus dapat memberikan rasa aman dan nyaman buah jamaah atau masyarakat yang melaksanakan ibadah di Langgar Tinggi,” tambah Agus.

[Baca Juga: 6 Tanda Anda Harus Segera Melakukan Renovasi Rumah]

Sekadar informasi, keberadaan Masjid Langgar Tinggi juga menjadi bukti keberadaan Kampung Arab di kawasan Pekojan. Kala Jakarta masih bernama Batavia, para warga yang tinggal di wilayah ini rata-rata merupakan imigran yang berasal dari Hadramaut atau Yaman.

Sebelum menjadi cagar budaya, masjid bersejarah di wilayah Tambora Jakarta tersebut sebenarnya adalah musala yang berdiri di atas penginapan miliki Abu Bakar Shihab. Penginapan ini pada abad ke-19 digunakan para pedagang dari kawasan Tangerang dan sekitarnya untuk menginap atau sekadar menyandar perahu serta rakit mereka.

Read More

Artikel Lainnya

Ramah di Kantung, realme C3 Resmi Diluncurkan

Bisnis

Ramah di Kantung, realme C3 Resmi Diluncurkan

19 February 2020, 21:00

Keluarga teranyar dari C Series dengan julukan Triple Camera, Game Monster akhirnya resmi diluncurkan di pasar Indonesia.

Ribuan Warga Jakarta Sudah Menggunakan Aplikasi ini, Kamu Kapan

Berita Kawasan

Ribuan Warga Jakarta Sudah Menggunakan Aplikasi ini, Anda Kapan?

19 February 2020, 20:00

Revolusi industri 4.0 hampir menyentuh di segala lini. Kemajuan zaman telah menghasilkan disrupsi atau inovasi, sistem lama yang serba fisik pun kini tergantikan sistem baru yang serba digital dan efisien.

PBB Setu Babakan, Mengakarkan Budaya Betawi di Jakarta

Berita Kawasan

PBB Setu Babakan, Mengakarkan Budaya Betawi di Jakarta

19 February 2020, 19:00

Ternyata terdapat makna budaya yang kuat di dalam eksistensi dari Kampung Betawi Setu Babakan. Pembangunannya memang ditujukan untuk menguatkan akar budaya Betawi di Jakarta.

Kelurahan Kramat Jati Bakal Punya Gedung Kantor Baru

Berita Kawasan

Kelurahan Kramat Jati Bakal Punya Gedung Kantor Baru

19 February 2020, 18:00

Pemerintah Kota Jakarta Timur akan bangun gedung baru Kantor Kelurahan Kramat Jati. Pemerintah Kota Jakarta Timur sedang mempersiapkan proses lelang.


Comments


Please Login to leave a comment.