Masjid  Mustaqim

Berita Kawasan

Masjid di Jogja Siap Fasilitasi Jamaah Beribadah Ramadan

Sedikitnya 500 buah masjid yang ada di wilayah Kota Yogyakarta siap menyambut bulan suci Ramadan. Selain sejumlah pengelola sudah divaksin, setiap masjid yang ada di Kota Yogyakarta sudah dilengkapi dengan fasilitas protokol kesehatan yang sesuai dengan anjuran pemerintah. Oleh karena itu, umat muslim tidak perlu ragu lagi dalam menjalankan ibadah selama bulan Ramadan.

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menegaskan, kesiapan masjid-masjid ini dilakukan sebagaimana imbauan Pemerintah dan PP Muhammadiyah dan penyelenggaraan ibadah Ramadhan tahun ini di setiap wilayah disesuaikan dengan kondisi masing-masing.

Masjid  Mustaqim  Dilengkapi Dengan Fasiltas Ramah Difable

“Mengingat masih adanya pandemi COVID-19, maka perlu penyelenggaraan ibadah selama bulan Ramadan harus dilaksanakan dengan penerapan prokes yang ketat," ujar Heroe ketika memberikan sambutan dalam kegiatan peresmian pembangunan Masjid Al Mustaqim di Jalan Parangtritis 124 Yogyakarta pada Minggu, 4 Maret 2021.

Selanjutnya Heroe mengakui bahwa sampai saat ini masih ada kasus penularan COVID-19 di Kota Yogyakarta. Hal tersebut membuktikan masih ada pihak-pihak yang lalai dalam menerapkan protokol kesehatan . Sehubungan dengan hal tersebut pihaknya tidak ingin pada saat ibadah Ramadan nanti jamaah masjid harus lebih disiplin dalam penerapan protokol kesehatan .

[Baca Juga: Kemenag Jogja Keluarkan Aturan Ibadah di Bulan Ramadan]

“Saya tak ingin lagi mendengar ada kasus penularan COVID-19 di masjid. Oleh karena itu hendaknya jamaah disiplin menerapkan protokol kesehatan," Heroe tegas mengatakan.

Wawali berharap lembaga masjid harus mampu memfasilitasi jamah lokal dan orang yang bepergian selama 24 jam dapat menjalankan ibadahnya. Meski demikian, hendaknya masjid juga harus menerapkan aturan yang ketat tanpa mengurangi kenyamanan dalam beribadah.

Sementara itu Ketua Takmir Masjid Al Mustaqim, Eka Yawara menyatakan bahwa Masjid Al Mustaqim sudah siap memfasilitasi para jamaah untuk melaksanakan ibadah selama 24 jam. Bahkan masjid tersebut sudah memiliki fasilitas khusus bagi kaum difabel dan lansia serta melayani untuk ibadahnya secara nyaman.

“Untuk kondisi paska renovasi ini kami yakin, saat ini jamaah sudah lebih nyaman dibanding sebelumnya," ujar Eka.

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Purwadi ( tengah ) usai meresmikan Masjid Al Mustaqim Yogyakarta

Terkait dengan masa pandemi Eka menjelaskan, pihaknya turut berpartisipasi aktif dalam mencegah serta mengurangi dampak pandemi. Karena itu, takmir masjid menerapkan aturan bahwa setiap jamaah yang memasuki masjid harus memakai masker , mencuci tangan terlebih dahulu serta menjaga jarak pada saat berada di ruangan masjid.

Masjid Al Mustaqim direnovasi total karena sebelumnya masjid sudah tidak mampu menampung jamaah yang akan menjalankan sholat berjamaah terutama sholat Jumat. Oleh karena itu, kapasitas masjid ditingkatkan dengan menambah luas bangunan serta penambahan fasilitas lain sehingga diharapkan jamaah lebih nyaman dalam beribadah. Saat ini Masjid Al Mustaqim dibangun dengan gaya indies yang terdiri dari dua lantai dengan kapasitas tiap lantai 200 jamaah dan dilengkapi basement untuk parkir. toilet dan sarana untuk berwudhu.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.