alat-penjinak-kurban.jpg

Berita Kawasan

Masjid di Kota Medan ini Punya Alat Menjinakkan Sapi Kurban

Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Asy Syafi’iyah Jalan Guru Sinumba Raya No 1, Kelurahan, Helvetia Timur, Kota Medan pada pelaksanaan penyembelihan hewan kurban tahun ini akan menggunakan alat menjinak sapi hasil pengolahan teknologi tepat guna yang diciptakan salah seorang pengurus BKM Asy Syafi’iyah.

Demikian dikatakan Ketua BKM Asy Syafi’iyah H.Eddy Syofian ketika melakukan uji coba alat tersebut di Medan (18/7/2021).

Didampingi Sekretaris Ustad H.Muhammad Rais, Ketua Panitia Qurban H Purwanto, dan pencipta alat penjinak sapi Ali Arifin, disebutkan Eddy Syofian dengan alat mekanis ini banyak manfaat yang diperoleh antara lain biaya relatif murah dan bisa digunakan sepanjang tahun, cara menggunakan sederhana dan menghemat waktu, perlakuan terhadap hewan lebih ikhsan dan pelaksanaannya lebih nyaman, tanpa hiruk pikuk dan gangguan serta mengurangi jumlah orang yang terlibat dalam menangani kurban saat penyembelihan.

“Momentun PPKM Darurat sangat tepat menggunakan alat ini karena dapat menghindari kerumunan” tegas Eddy Syofian. Dia menyebutkan biaya pembuatannya sekitar Rp2.000.000 dan BKM bisa menyewakannya .

Eddy juga menjelaskan untuk tahun ini hewan kurban yang disembelih sebanyak 9 ekor sapi dan 14 ekor kambing. Daging kurban akan didistribusikan kepada 650 KK.

kurban kerbauOK.jpg

”Alhamdulillah terjadi peningkatan dimana tahun lalu kita hanya bisa menyalurkan 492 KK” ujarnya seraya menyebutkan semua daging kurban akan diantar ke rumah masing masing oleh panitia sesuai zona wilayah yang sudah ditetapkan oleh BKM.

Sementara itu,Ustadz H.Muhammad Rais menjelaskan penyembelihan secara mekanis merupakan bentuk modernisasi berbuat ikhsan kepada hewan disembelih sesuai ajaran Rusulullah dan memenuhi ketentuan syari”.

Dia menjelaskan ajaran Islam menuntun agar menyembelih dengan pisau yang tajam, tidak disiksa dalam penyembelihan. Menggunakan pisau yang tajam, semakin tajam pisaunya, maka akan semakin baik. Hal ini telah didasarkan oleh hadist Syaddad Bin Aus radhiallahu ‘anhu, jika Nabi SAW berkata.

”Sesungguhnya Allah SWT mewajibkan melakukan ihsan dalam segala macam hal. Apabila kalian membunuh, maka bunuhlah secara ihsan, dan jika kalian menyembelih, maka sembelihlah secara ihsan. Hendaknya kalian mempertajam pisau dan menyenangkan sembelihnya.” (HR. Muslim)

“Jadi,teknik penyembelihan tadi hukumnya sah dan halal”, ujarnya seraya mengatakan BKM Asy Syafi’iyah menghadirkan penyembelih yang sudah mengikuti Diklat dan bersertifikat.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.