Masjid Hadiah dari Presiden UEA di Solo Diresmikan.jpg

Berita Kawasan

Masjid Hadiah dari Presiden UEA di Solo Diresmikan

Seperti yang pernah diwartakan sebelumnya, sejak pertengahan tahun 2020 di Kota Solo tengah dibangun masjid yang menjadi miniatur dari masjid termegah di dunia dan ini merupakan hadiah dari Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed Bin Zayed Al-Nahyan untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi). Rumah ibadah yang megah ini bernama Masjid Raya Sheikh Zayed Solo dan berada di Jalan A.Yani Nomor 126, Gilingan, Kecamatan Banjarsari. Setelah proses konstruksi yang panjang, masjid ini akhirnya diresmikan pada hari ini 14 November 2022 oleh Jokowi serta Sheikh Mohammed Bin Zayed.

Sebagaimana dilansir dari Jatim.antaranews.com (14/11/2022), kedua pemimpin negara sudah tiba di masjid raya di Surakarta itu pada Senin pagi yang di mana Jokowi dan Sheikh Mohammed Bin Zayed terlihat naik di mobil yang sama. Saat tiba di lokasi, keduanya terlihat didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta aktivis Islam Yenny Wahid. Presiden RI dan Presiden UEA itu pun menyempatkan untuk beribadah salat dan dilanjutkan dengan proses penandatangan prasasti peresmian masjid serta berdoa. Tak lupa, sebelum meninggalkan masjid, Sheikh Mohammed Bin Zayed dan Jokowi juga melakukan proses penanaman pohon di pekarangan masjid megah tersebut.

Masjid Hadiah dari Presiden UEA di Solo Diresmika n.jpg

Dengan peresmian ini, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo sudah bisa digunakan publik dalam waktu dekat. Terkait masjid megah tersebut, rumah ibadah ini memiliki luas sekitar 8.000 meter persegi dan di daamnya terdapat ruangan atas dan bawah untuk ibadah, ruang VIP, perpustakaan dengan luas 20 meter persegi, dan area basement untuk tempat wudhu. Selain itu, masjid ini juga sudah menyediakan area parkir yang dapat menampung banyak kendaraan demi menghindari potensi kemacetan yang dapat timbul.

[Baca Juga: Kang Emil Diminta Gubernur Jawa Timur Desain Masjid Islamic Center Surabaya]

Dari sisi penggunaannya sendiri, tentunya Masjid Raya Sheikh Zayed Solo ditujukan sebaga rumah ibadah bagi umat Muslim dari Kota Solo dan sekitarnya. Untuk kapasitas dari rumah ibadah ini diperkirakan bisa menampung jemaah hingga 10 ribu orang dengan jumlah maksimal jemaah di dalam ruangannya sebanyak 4.000 orang. Selain itu, masjid ini disinyalir juga akan menjadi salah satu lokasi wisata religi di Surakarta.

Mengenai wisata religinya, Masjid Raya Sheikh Zayed Solo ini memang dibuat layaknya miniatur Sheikh Zayed Grand Mosque yang berada di negara Uni Emirat Arab dengan mobel empat menara dan satu kubah utama. Dari sisi eksteriornya, terlihat jelas bagaimana pengaruh elemen khas Timur Tengah menghiasi Masjid Raya Sheikh Zayed Solo. Sehingga bagi publik yang sebelumnya hanya bisa melihat Sheikh Zayed Grand Mosque via internet sudah dapat menyaksikan miniaturnya secara langsung bahkan salat di dalamnya.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.