Masuk Angin Adalah Penyakit Sungguhan Atau Mitos

Kesehatan

Masuk Angin Tergolong Penyakit Sungguhan atau Mitos?

Masuk angin adalah penyakit paling populer di Indonesia. Sebagai negara tropis yang kental akan cuaca yang panas dan hujan, masuk angin jadi penyakit yang sering terjadi pada masyarakat kita. Meski sering dianggap sebagai penyakit yang lumrah terjadi, tapi ada beberapa fakta menarik seputar masuk angin yang di dapatkan PingPoint.co.id dari beberapa laman. Berikut penjelasannya.

Jika ditelisik lebih dalam, ciri-ciri masuk angin yang sering terjadi mulai dari pegal-pegal, perut kembung, perut terasa penuh, flu, demam dan sebagainya. Terjadinya penyakit masuk angin biasanya disebabkan terlalu sering berkegiatan outdoor, berada di ruangan dengan pendingin udara, mengkonsumsi makanan/minuman dingin, terkena angin malam hingga sering terkena hujan. Penyebab-penyebab masuk angin tersebut sering diartikan sebagai faktor menurunnya suhu tubuh normal karena hawa dingin sehingga menyebabkan jumlah angin di dalam tubuh meningkat. Kondisi jika ini terjadi maka definisi keadaan tubuh yang sering diartikan adalah “Tidak enak badan”.

[Baca Juga: 5 Makanan yang Dapat Mengurangi Perut Kembung]

Kondisi “tidak enak badan” sering diartikan sebagai penyakit masuk angin. Biasanya, masyarakat kita memiliki cara tersendiri dalam menanggulangi penyakit masuk angin. Cara pengobatan masuk angin ada bermacam-macam, mulai dari mengkonsumsi minuman hangat seperti, teh atau jahe, minum obat-obatan herbal, di pijat hingga di kerok.

Sayangnya cara-cara tersebut tidak semuanya efektif dalam mengobati penyakit masuk angin. Contohnya pengobatan masuk angin dengan cara di kerok. Berdasarkan penyataan dari beberapa dokter, kerokan sesungguhnya tidak begitu efektif dalam mengobati masuk angin, hal ini justru membuka lebar pori-pori kulit.

Masuk Angin Adalah Penyakit Sungguhan Atau Mitos

Lalu Apa Sebenarnya Masuk Angin?

Menurut penyataan seorang dokter yang dikutip dari laman Hallo Sehat yaitu dr. Mulia menyatakan, penyakit masuk angin tidak ada di dalam literatur kedokteran. Contohnya, jika Anda bersendawa ketika dipijat maka fenomena tersebut tidak semata-mata Anda terkena penyakit masuk angin melainkan ada beberapa gejala penyakit lainnya seperti terjepitnya urat saraf, kelebihan kadar lemak darah trigliserid atau hipertrigliseridemia dan sebagainya. Karena tidak teruji secara ilmiah atau ilmu kedokteran, maka dari itu masuk angin dapat diartikan sebagai sebuah istilah orang Indonesia dalam mengartikan kumpulan gejala-gejala yang terjadi.

[Baca Juga: Jangan Abaikan Jika Berasa Nyeri di Leher]

Meski masih banyak penelitian yang menjelaskan fakta seputar masuk angin, namun tidak sedikit yang masih percaya dengan mitos penyakit masuk angin yang hanya terjadi di Indonesia ini. Apakah Anda termasuk yang percaya dengan penyakit masuk angin?


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.