Masuk Fase New Normal, Mobilitas Dunia Kerja akan Aktif Kembali

Bisnis

Masuk Fase New Normal, Mobilitas Dunia Kerja akan Aktif Kembali

Kementerian Kesehatan merilis panduan protokol normalitas baru (new normal) yang tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/328/2020 tentang panduan pencegahan dan pengendalian COVID-19 di tempat kerja perkantoran dan industri dalam mendukung keberlangsungan usaha pada situasi pandemi.

Dalam lansiran kemkes.go.id (26/05/2020). Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengungkapkan, dunia usaha dan masyarakat pekerja memiliki peran penting dalam memutus persebaran COVID-19 yang disebabkan aktivitas pekerjaan.

Masuk Fase New Normal, Mobilitas Dunia Kerja akan Aktif Kembali

"Tempat kerja sebagai lokus interaksi dan berkumpulnya orang merupakan faktor risiko yang perlu diantisipasi penularannya," ujar Terawan.

Jika melihat Peraturan Pemerintah Nomor 21/2020 tentang PSBB yang mengatur percepatan pencegahan COVID-19, dinyatakan bahwa jika suatu daerah menerapkan PSBB harus meliburkan tempat kerja. Namun, tidak mungkin dunia kerja harus dibatasi terus-menerus. Aktivitas perekonomian harus tetap berjalan.

[Baca Juga: Fastwork Siap Dukung Freelancer Muda Tanah Air Hadapi "New Normal"]

"Pasca-pemberlakuan PSBB dengan kondisi pandemi COVID-19 yang masih berlangsung, perlu dilakukan upaya mitigasi dan kesiapan tempat kerja seoptimal mungkin sehingga dapat beradaptasi melalui perubahan pola hidup pada situasi COVID-19 atau new normal," ujarnya.

Terkait prosedur aturan normal baru yang akan diterapkan, beberapa mengatur pembagian shift bagi karyawan yang masih harus tetap bekerja di lapangan. Jika memungkinkan, aturan tersebut juga mengatur pembagian waktu kerja yang dimulai malam hingga pagi hari untuk ditiadakan.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto

Pihak perusahaan juga diminta menentukan pekerja yang harus tetap bekerja di tempat kerja dan para pekerja yang dapat melakukan pekerjaan di rumah masing-masing atau work from home (WFH). "Selain itu, di pintu masuk tempat kerja dilakukan pengukuran suhu dengan menggunakan thermo gun," ujar Terawan.

Lebih lanjut, Terawan mengimbau perusahaan menekan waktu kerja agar tidak terlalu panjang atau ditambah dengan waktu lembur. Waktu kerja yang panjang akan memengaruhi tingkat imunitas tubuh pekerja dikarenakan kekurangan waktu istirahat.

[Baca Juga: Ini Cara Menteri Terawan Tingkatkan Imunitas Tubuh]

Para pekerja juga diwajibkan untuk selalu mengenakan masker dan perusahaan diimbau untuk menganjurkan makan buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C, seperti jeruk untuk memenuhi dan membantu daya imunitas tubuh seseorang.

Dan yang perlu diingatkan lagi untuk setiap perusahaan agar tetap menerapkan physical distancing selama bekerja minimal satu meter.


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 8 months lalu
    anisa

    ⁣Bahaya untuk keluar rumah,agar mencegah #covid19 lebih baik #DIRUMAHAJA dengan bermain slot online di situs QQHARIAN (bisa cari atau search di google) ya guys. Yang dimana menyediakan Berbagai Bonus baik new member maupun member setia kami. Yang jauh mendekat,Yang dekat merapat. tunggu apa lagi ? segera rapatkan barisan di QQHARIAN serta ambil bonusnya sekarang juga.