Masuk Masa New Normal, Sleman Persiapkan Sektor Pariwisata.jpg

Berita Kawasan

Masuk Masa New Normal, Sleman Persiapkan Sektor Pariwisata

Memasuki fase new normal beberapa sektor ekonomi mulai berbenah untuk bangkit beroperasi kembali, termasuk sektor pariwisata yang direncanakan mulai akan dibuka masa new normal. Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Sleman sudah melakukan penguatan sinergitas dengan pelaku desa wisata dan pelaku pariwisata lainnya.

Kepala Dinas Parisiwata Kabupaten Sleman Sudarningsih menyebutkan, di tengah pandemi COVID-19 ini, pihaknya menilai mau tidak mau dan siap tidak siap harus ada perubahan di masyarakat yang awam disebut new normal.

Sudarningsih mengatakan, perubahan tersebut termasuk nilai budaya yang tentunya akan berpengaruh ke perilaku masyarakat baik dalam perilaku sosial maupun perilaku masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya.

"Wisata merupakan salah satu kebutuhan masyarakat untuk menstimulasi kesehatan jiwa dan raga, bahkan sudah ada kelompok masyarakat yang menilai wisata merupakan kebutuhan primer bagi mereka," ujar Sudarningsih seperti dikutip dari harianjogja.com (7/6/2020).

Surdianingsih melanjutkan, peran budaya sangat kuat apalagi disektor wisata yang mengubah kebutuhan tersier hingga menjadi kebutuhan primer. Sementara itu, wisata pada pasca pandemi ini akan ada standar baru yang menjadi perilaku baru masyarakat ketika berwisata. Ia juga mengatakan bentuk aktivitas yang rentan dalam masa pandemi COVID-19 akan cenderung dihindari karena masih khawatir dan cemas terhadap virus Corona.

Menurutnya, masyarakat masih menerapkan jaga jarak dalam kegiatan harian, hal ini menyebabkan pasar wisata akan bergeser dari wisata massal menjadi wisata personal, pasangan, atau keluarga dengan memperhatikan kebersihan, kesehatan, dan keamanan.

"Dengan demikian agar dapat bertahan, pariwisata haruslah mengikuti perubahan selera pasar yang ada," ujar Surdianingsih.

Ia menyebutkan, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman bersama dengan desa wisata dan pelaku pariwisata telah melakukan sejumlah persiapan, seperti penyiapan sarana prasarana yang sesuai protokol pencegahan penyebaran COVID-19 sehingga wisatawan yang datang merasa aman ketika berkunjung, selain itu pula, aman bagi operator pariwisata, dan juga aman bagi lingkungannya.

"Penguatan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) pada destinasi wisata juga perlu dilakukan dan yang tidak kalah pentingnya adalah penguatan sumber daya manusia (SDM) pelaku wisata, serta pengemasan atraksi," pungkas Surdianingsih.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.