Resmi Masuk Tahap Pembangunan, RS Unpad-Pertamina Ditargetkan Rampung 2023.jpg

Kesehatan

Masuk Tahap Pembangunan, Target RS Unpad-Pertamina Rampung 2023

Seperti yang sudah diwartakan sebelumnya, Universitas Padjadjaran (Unpad) berkolaborasi dengan PT. Pertamina Bina Medika (Pertamedika IHC) dalam merealisasikan hadirnya rumah sakit yang mempermudah masyarakat Kota Bandung untuk mendapatkan layanan kesehatan di spesialisasi jantung, otak, dan kanker. Setelah melalui proses panjang akhirnya pada pekan ini, pembangunan rumah sakit bernama RS Unpad-Pertamina itu bisa dimulai.

Peresmian dimulainya pembangunan RS Unpad-Pertamina digelar melalui acara penandatangan Perjanjian kerjasama antara Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti dan Direktur Utama Pertamedika IHC Fathema Djan Rachmat di Kampus Unpad Bandung pada 24 November 2021. Pihak Pertamedika IHC memandang pembangunan rumah sakit ini senada dengan upaya penanganan penyakit kanker, jantung, dan otak kepada masyarakat di Tanah Air, khususnya di Kota Kembang. Pasalnya, ketiga penyakit ini menjadi salah satu penyakit yang menyebabkan kematian tertinggi di Indonesia.

“Kita ketahui semua fasilitas untuk pengobatan kanker itu kurang, sehingga bisa kita eksplor data terkait penyakit apa yang dibutuhkan pengobatannya di Bandung. Akhirnya jadinya rumah sakit ini,” ungkap Fathema, sebagaimana dikutip dari unpad.ac.id (24/11/2021).

Resmi Masuk Tahap Pembangunan, RS Unpad-Pertamina Ditargetkan Ram pung 2023.jpg

Mengenai RS Unpad-Pertamina ini sebenarnya diawali antara dialog Unpad dan Pertamedika IHC yang menginginkan menghadirkan rumah sakit khusus jantung di Kota Bandung. Namun setelah sejumlah pertemuan dan pembahasan lebih lanjut akhirnya disepakati untuk mengembangkan rumah sakit ini ke bidang otak dan onkologi. Di mana harapan utama dari pihak Pertamedika IHC adalah warga Bandung tak perlu keluar kota atau ke luar negeri untuk berobat hal-hal yang berhubungan dengan jantung, otak, dan kanker.

[Baca Juga: Bandung Resmikan Kawasan Tanpa Rokok Versi Terbaru]

Pembangunan RS Unpad-Pertamina dilakukan di atas lahan seluas 9034 meter yang berda tepat di area eks Klinik Kesehatan Unpad di Jalan Dipati Ukur No.46 Bandung. Rencananya rumah sakit ini akan memiliki enam lantai dengan daya tampung sekitar 200 tempat tidur. Dari sisi fasilitasnya, rumah sakt ini disebut akan memiliki beragam peralatan medis serta laboratorium yang modern, instalasi gawart darurat, ruang radiologi (dari mulai layanan USG sampai CS Scan tersedia), Pet Scan, brachitherapy, klinik anestesi serta manajemen nyeri, klinik rehabilitasi medik, neurodiagnostik, neuronintensive, instalasi farmasi, ruang operasi dan ruang siklotron.

“Diharapkan rumah saki ini tidak hanya melayani masyarakat Bandung, tapi juga masyarakat Jawa Barat. InsyaAllah tahun 2023 sudah bisa operasional,” tambah Fathema.

Dari sisi Unpad sendiri, kehadiran RS Unpad-Pertamina ini juga ditujukan sebagai rumah sakit pendidikan dan riset demi menghadirkan SDM yang berkualitas dari sisi spesialisasi jantung, otak, dan onkologi. Sehingga menurut Prof. Rina, pihaknya sangat menyambut pengembangan fokus rumah sakit ini yang awalnya hanya jantung turut mencakup spesialisasi lainnya.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi.jpg

Bisnis

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi

18 January 2022, 16:06

Walau menjelang perayaan Imlek 2022, pengrajin barongsai di Kota Tangerang mengaku kesulitan menjual produknya akibat pandemi COVID-19.

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu .jpg

Pendidikan

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu

18 January 2022, 15:01

SMPN 6 Yogyakarta menghadirkan tugu khusus dengan tujuan menggaungkan budaya literasi di sekolahnya.

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun.jpg

Pendidikan

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun

18 January 2022, 14:02

Dengan tujuan semakin mendorong geliat minat baca di Ibu Kota, program tantangan Baca Jakarta di tahun 2022 ini siap digelar lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad.jpg

Pendidikan

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad

18 January 2022, 13:03

Mendikbudristek Nadiem pada pekan ini berkunjung ke Unpad untuk membahas mengenai penerapan program MBKM di universitas negeri tersebut.


Comments


Please Login to leave a comment.