Masuki Musim Hujan, Cegah Kebocoran Rumah dengan Cara Ini

Properti dan Solusi

Masuki Musim Hujan, Cegah Kebocoran Rumah dengan Cara Ini

Masuki musim hujan masalah yang kerap kali terjadi adalah atap rumah yang bocor sehingga sangat mengganggu kenyamanan. Sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika hujan, sebaiknya Anda perhatikan beberapa bagian rumah yang harus segera diganti dan diperbaiki agar tidak mengalami rembes di dalam rumah. Apa saja yang harus diperhatikan? Berikut ulasannya yang diambil dari beberapa sumber.

[Baca Juga: Antisipasi Musim Hujan, Pemkot Jakarta Barat Tambah Unit Pompa]

Memeriksa dan Merapikan Kondisi Genteng

1) Periksa dan Perbaiki Genteng

Periksalah genteng rumah Anda, pastikan genteng rumah tidak rusak atau lapuk karena usia. Sebaiknya lakukan pemeriksaan ini minimal 2-3 bulan sekali. Bila terdapat kerusakan, segeralah ganti. Perhatikan pula apakah sambungan antar genteng sudah tertutup dengan baik atau tidak? Karena bila posisi genteng tidak tertutup dengan sempurna akan mengalami kebocoran dan akan merembes.

3 Warna Cat untuk Langit-langit Agar Ruangan Terasa Lebih Luas

2) Periksa Plafon Rumah

Setelah memeriksa genteng, kondisi plafon rumah juga perlu diperhatikan. Atap bisa mengalami pelapukan karena lembap. Atap yang sudah rusak, segeralah mengganti dengan yang baru. Bila plafon rusak dan mudah rembes, bukan tidak mungkin plafon akan ambruk. Masuki musim hujan, plafon perlu perhatian penuh agar plafon tidak mudah rembes dan mengalami kebocoran. Untuk mengurangi kerusakan karena air hujan, seperti dilansir artikelrumah123.com (15/11/2019), gunakan alumunium foil yang berukuran 1-2 mm sebagai alat pelapis di antara plafon dan genteng.

Cegah Kebocoran Dinding Rumah Dengan Cat Waterproof

3) Gunakan Pelapis Antibocor

Memasuki musim hujan dengan perkiraan curah hujan yang tidak dapat diprediksi membuat Anda harus mewaspadai segala kebocoran di rumah. Atap yang retak bisa menyebabkan rembesan air. Maka solusinya adalah dengan menambalnya memakai pelapis antibocor yang tahan dengan gangguan air hujan.

Membersihkan Talang Air

4) Talang Air Hujan

Talang air hujan berfungsi untuk mengalirkan air dari atap ke tempat pembuangan air yang tepat, berguna untuk mencegah kucuran air hujan dari atap ke tempat yang tidak tepat. Periksa talang air hujan, apakah masih bagus atau sudah rusak? Bila rusak, sebaiknya segera perbaiki. Talang air bisa dibersihkan agar tidak mengalami penumpukan sampah yang menghambat saluran air. Talang air yang tidak dibersihkan akan menyebabkan korosi pada talang logam, lapuk pada talang kayu bahkan talang bisa jebol.

[Baca Juga: Cegah Kebocoran Dinding Rumah dengan Cat Waterproof]

Jangan disepelekan kerusakan yang terjadi pada atap rumah Anda. Hal tersebut akan membuat air rembes atau bocor saat memasuki musim hujan. Beberapa pemeriksaan kondisi rumah yang tersebut di atas semoga dapat membantu Anda untuk mencegah terjadinya kebocoran pada rumah.


Read More

Artikel Lainnya

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Terus Dorong Geliat Pariwisata Ibu Kota, Jakarnaval Digelar di Sirkuit E-Prix Jakarta

12 August 2022, 16:43

Pada 14 Agustus 2022, Sirkuit Internasional E-Prix Jakarta akan menjadi lokasi acara puncak karnaval bernama Jakarnaval yang digelar untuk geliatkan wisata di Ibu Kota.

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluars a.jpg

Kesehatan

Dinkes Kota Tangerang Edukasi Warganya Terkait Obat Kadaluarsa

12 August 2022, 14:41

Setelah ramainya kabar mengenai balita di wilayahnya yang diberikan obat kadaluarsa, Dinkes Kota Tangerang berikan edukasi publik

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini.jpg

Bisnis

KFC Hadirkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di Gerai Jakarta Barat Ini

12 August 2022, 10:30

Pada pekan ini, berkat kolaborasi PT Fast Food Indonesia dan PT Agra Surya Energi, KFC Indonesia meresmikan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum di salah satu gerainya.

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandun g.jpg

Properti dan Solusi

Jelang HUT RI ke-77, Ini Gedung Saksi Sejarah Perobekan Bendera Belanda di Bandung

11 August 2022, 17:17

Jika Anda berencana wisata sejarah di Kota Bandung jelang HUT RI ke-77 maka gedung yang berada di area Jalan Braga ini menjadi salah satu objek yang bisa Anda kunjungi.


Comments


Please Login to leave a comment.