IMG_24112021_112556_(1100_x_600_piksel).jpg

Kesehatan

Masyarakat Diimbau Jangan Sembarangan Konsumsi Obat Antibiotik

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumut drg. Ismail Lubis melalui Sekretaris dr Aris Yudhariansyah mengimbau, masyarakat agar mengkonsumsi obat sesuai anjuran dokter atau tenaga kesehatan, berdasarkan hasil pemeriksaan.

Hal itu dikatakannya berkaitan dengan Pekan Kesadaran Antimikroba Sedunia (World Antimicrobial Awareness Week) yang ditetapkan WHO pada 18-24 November setiap tahunnya, (24/11/2021).

Tujuan dari peringatan #WorldAntibioticAwareness adalah untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang bahaya resistensi antibiotik, melakukan strategi mitigasi AMR berbasis bukti lewat pengawasan dan penelitian, menggunakan antimikroba secara bijaksana dalam pangan dan pertanian.

"Antibiotik/antimikroba memang obat yang digunakan tenaga kesehatan untuk membunuh kuman di luar virus, bakteri yang menyebabkan penyakit. Jadi WHO mengeluarkan hari baru Awareness terhadap antimikroba,” kata Aris.

10232021195526.jpg

Jadi, lanjutnya, harus waspada terkait penggunaan obat obat pembunuh kuman. Kalau tidak tepat digunakan menyebabkan gangguan pada tubuh manusia.

“Kalau tidak sesuai digunakan, menyebabkan resistensi maksudnya kuman-kuman penyakit membentuk kekebalan tubuhnya terhadap obat obatan, sehingga antibiotik dan antimikroba tidak tepat lagi digunakan,” jelas Aris.

Ia juga tidak menyarankan bila membeli obat antibiotik di kedai atau sembarang tempat, karena anti biotik diberikan kepada orang sesuai anjuran dokter dan sesuai hasil pemeriksaannya serta dibeli di apotek.

Begitu pun, Aris mewanti wanti apotek agar tidak menjual obat antibiotik tanpa resep dokter. “Ada sanksinya. Balai Pengawasan Obat Dan Makanan disamping memeriksa makanan juga melakukan pemeriksaan penjualan antibiotik. Ini juga yang bisa menyebabkan resistensi antibiotik pada seseorang karena penggunaannya tidak tepat sasaran,” tegas Aris.

[Baca Juga: Ini 2 Obat COVID-19 Yang Diijinkan BPOM, Tidak Ada Ivermectin]

Menurutnya, pada penyakit tertentu, penggunaannya harus sesuai resimen atau kebutuhan, ada yang dosis tunggal, ada yang digunakan sehari dua kali atau tiga kali dan digunakan berapa lama. “Itu dokter yang menentukan, masyarakat tidak bisa sembarangan menggunakannya,” tukas Aris lagi.

Terkait pengawasan, Aris menyatakan, Dinas Kesehatan Sumut dan Dinas Kesehatan kab/kota secara berkala melakukan pengawasan terhadap penggunaan antibiotik dan biasanya tetap dilaporkan.

“Apalagi sudah ada kerjasama Dinas Kesehatan untuk seluruh kab/kota dengan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), ada satu program yaitu program gerakan masyarakat cerdas menggunakan obat (Gema Cermat). Ini merupakan upaya edukasi pada masyarakat agar faham menggunakan obat,” pungkas Aris.


Read More

Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara

Kantor Pemerintah Daerah

+62614524550
None

Artikel Lainnya

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung 2.jpg

Kuliner

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung

07 December 2021, 18:02

Iga Bakar si Jangkung bisa dijadikan pilihan kuliner saat akan berkunjung ke Kota Bandung. Rasa yang ditawarkan begitu gurih dan lezat, apalagi sangat cocok disantap saat panas.

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara

07 December 2021, 17:35

Dari mulai pompa hingga mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang diakibatkan banjir rob menjadi bagian upaya Pemkot Jakarta Utara untuk tangani situasi ini.

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

Bisnis

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

07 December 2021, 17:05

Sabun Nature DK bisa dipakai untuk wajah dan tubuh. Fungsinya menutrisi dan membersihkan kulit kita jadi lebih mulus sehat dan wangi.

padepokan talangOK4.jpg

Pendidikan

Lama Mangkrak, Padepokan Silat Gunung Talang akan Dibangun Kembali

07 December 2021, 16:34

“Harapannya tahun depan terealisasi, dan lahan aset Pemkot Semarang ini bisa dimanfaatkan untuk sarana latihan para atlet, khususnya olahraga silat untuk mengasah kemampuan, sehingga berprestasi di ajang event olahraga.”


Comments


Please Login to leave a comment.