Masyarakat Diizinkan Lepas Masker di Luar Ruangan, Ini Pendapat Pakar UNAIR.jpg

Kesehatan

Masyarakat Diizinkan Lepas Masker di Luar Ruangan, Ini Pendapat Pakar UNAIR

Pada pertengahan Mei 2022, masyarakat Tanah Air mendapatkan kabar angin segar usai Presiden Joko Widodo memberikan pengumuman terbarunya terkait kebijakan COVID-19. Di mana kali ini, orang nomor satu di RI itu sudah mengizinkan masyarakat untuk membuka maskernya ketika beraktivitas di ruangan terbuka dengan kondisi area yang tidak padat. Mendengar kebijakan ini maka sudah semakin banyak orang-orang di jalanan yang mulai menanggalkan maskernya yang sebelumnya sudah menjadi kebiasaan untuk digunakan dalam rangka mengantisipasi paparan COVID-19. Mendengar kabar ini, pakar epidemiolog dari Universitas Airlangga atau UNAIR memberikan pandangannya.

Menurut Pakar Epidemiolog Fakultas Kesehatan Masyarakat UNAIR Dr. Windhu Purnomo, dr., Ms., menganggap melepaskan masker di luar ruangan seharusnya hanya sekadar anjuran semata bukan sebagai ajakan. Karena menurutnya, memang betul presiden sudah memberikan izinnya kepada publik untuk melepaskan masker tapi seharusnya ditegaskan, hal ini tidak dilakukan ketika berkerumum serta untuk mereka yang memang sedang sakit.

Masyarakat Diizinkan Lepas Masker di Luar Ruangan, Ini Pendapat Pakar UNAI R.jpg

“Atau orang yang sedang sakit seperti batuk, pilek, dan gejala yang menunjukan penyakit COVID-19 harus memakai masker. Baik di dalam maupun luar ruangan,” tegasnya, sebagaimana dikutip dari Unair.ac.id (25/5/2022).

Dari sinilah, pakar epidemiologi ini meminta pemerintah memberikan narasi tambahan sehingga masyarakat tidak melepas maskernya begitu saja ketika mereka berada di luar rumah. Ia mencontohkan adalah saat berada di sekolah, rumah ibadah, kantor, pabrik, sampai transportasi publik, masyarakat harus tetap patuh protokol kesehatan dengan menggunakan masker. Selain itu, narasi ini juga perlu dipertegas bahwa jika Anda sedang berkumpul atau di area yang memang banyak orang lalu-lalang maka masker tetap dianjurkan untuk dibuka. Beda situasinya ketika Anda sedang berolahraga atau makan sendiri di ruang terbuka maka melepas masker menjadi sesuatu yang diperbolehkan.

[Baca Juga: Kini, Haruskah Pakai Masker Saat Keluar Rumah?]

“Namun, ketika narasi tersebut disampaikan, orang yang sakit batuk pilek seolah-olah diperbolehkan keluar ruangan meski menggunakan masker. Padahal, awal pandemi kita menggolongkannya ke dalam kasus suspect,” sambungnya.

Dari sinilah Windhu meminta, agar protokol kesehatan tetap dipatuhi dengan baik khususnya bagi Anda yang memang menunjukkan gejala seperti influensa. Ada baiknya, alih-alih keluar rumah tanpa tahu kondisi Anda sebenarnya sakit apa, Anda tetap berada di rumah saja.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.