Masyarakat Tangerang Selatan Peduli Sampah Dengan Sistem 3R 1.jpg

Berita Kawasan

Masyarakat Tangerang Selatan Peduli Sampah Dengan Sistem 3R

Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany mengajak seluruh masyarakat dan stakeholder untuk peduli terhadap sampah. Hal ini diungkapkannya saat mengikuti kegiatan Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 di Amphitheater Jaletreng Riverpark, Serpong, Kota Tangsel (24/2/2019).

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel Toto Sudarto mengatakan, peringatan HPSN merupakan hari bersejarah bagi Kota Tangsel. Pada kegiatan ini seluruh elemen masyarakat dan stakeholder bersatu untuk Kota Tangsel yang bersih. Sehingga dapat terwujudnya Indonesia 2020 bebas sampah.

“Sampah merupakan musuh bersama. Untuk itu, kami menghimbau agar masyarakat lebih peduli, baik dalam memilah dan mengelola sampah mengurangi produksi sampah kedepannya,” ucapnya.

[Baca Juga: TPA Cipayung Bakal Menerapkan Metode Sanitary Landfill]

Hingga saat ini, sambung Toto, Kota Tangsel sudah memiliki 215 bank sampah, sembilan komunitas, serta sedekah sampah. "Kita ajak masyarakat untuk mengelola sampah dengan sistem 3R (reuse, reduce, recyle)," ucapnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Tangsel AKBP Ferdy Irawan, Dandim 0506/Tgr Letkol Inf Faizol Izzudin Karimi, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel Toto Sudarto, PT Indah Kiat Tangerang, Bank Jabar, Bank BNI, Sinarmas Land, Pegadaian, Universitas Prasetya Mulya, Camat se Tangsel serta pegiat Bank Sampah Se-Kota Tangsel.

Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany Ajak Peduli Sampah

Pengelolaan Sampah

Dalam sambutannya Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengajak, masyarakat berpartisipasi dan lebih peduli dalam mengelola sampah baik dalam rumah tangga dan lingkungan tempat tinggal. “Dari sekarang, kita biasakan untuk mengelola sampah dan hidup bersih, sehat serta bernilai untuk lingkungan,” katanya.

Menurutnya, untuk mengatasi persoalan sampah, Pemkot Tangsel berencana membangun PLTSa Cipeucang. Saat ini detail Engineering Design (DED) sudah ada dan kemudian akan dilelang di bulan Maret.

[Baca Juga: Tandon Ciater, Wisata Murah di Tangerang Selatan]

"Mudah-mudahan di akhir tahun peletakan batu pertama menandai dimulainya pembangunan PLTSa Cipeucang. Kita bekerjasama dengan Korea Selatan untuk membangun PLTSa," ujarnya.

Masyarakat Tangerang Selatan Peduli Sampah Dengan Sistem 3R

Dalam kesempatan itu, peserta kegiatan menonton pemutaran Video donasi Bank Sampah serta penyerahan secara simbolis sedekah sampah dan hadiah pemenang untuk katagori Lomba Pidato, Sekolah Bank Sampah, Bank Sampah Berprestasi, Lomba pidato SD hingga SMA, Penghargaan Pelopor dan bank sampah serta pengundian Grand Prize sepeda motor.

Read More

Artikel Lainnya

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis   .jpg

Bisnis

Java Aquatic, Hobi Biota Laut yang Dikembangkan Jadi Bisnis

28 September 2020, 20:19

Berkat hobi biota laut, Nico dan rekannya berhasil dirikan toko Java Aquatic yang berlokasi di kawasan Kebayoran Lama Jakarta Selatan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur.jpg

Berita Kawasan

Cegah Banjir, Pemkot Jakarta Utara Gelar Gerebek Lumpur

28 September 2020, 16:55

Pada akhir pekan kemarin, Pemkot Jakarta Utara memanfaatkannya untuk mengadakan kegiatan demi mencegah terjadinya banjir di musim hujan.

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel.jpg

Berita Kawasan

Setelah Viral di Medsos, Kafe di Galaxy Bekasi Disegel

28 September 2020, 14:41

Pada akhir pekan kemarin, jagat medsos Jabodetabek dihebohkan dengan pengunjung kafe di area Galaxy Kota Bekasi yang ramai berjoget tanpa mengindahkan protokol kesehatan.

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok.jpg

Berita Kawasan

Gantikan Mohammad Idris, Dedi Supandi Jabat Pjs Wali Kota Depok

28 September 2020, 13:43

Resmi mulai menjalani cuti untuk Pilkada Depok 2020, jabatan Mohammad Idris untuk sementara digantikan Dedi Supandi.


Comments


Please Login to leave a comment.