Mati Lampu Lakukan 5 Kegiatan Ini Untuk Mengisi Waktu Luang

Pendidikan

Mati Lampu? Lakukan 5 Kegiatan Ini Untuk Mengisi Waktu Luang

Pemadaman listrik memang tidak sering terjadi, khususnya di kawasan DKI Jakarta. Tapi, tak bisa dipungkiri pemadaman listrik bisa saja terjadi kapan pun tanpa ada pemberitahuan sebelumnya. Berbagai hal bisa mengakibatkan aliran listrik menjadi padam. Seperti yang terjadi pada 4 Agustus 2019 lalu, hampir seluruh wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, bahkan hingga mencapai wilayah Bali mengalami pemadaman listrik akibat adanya gangguan salah satu menara listrik tegangan tinggi di kawasan Ungaran, Jawa Tengah .

Jika sudah mati lampu, tidak sedikit orang yang mati gaya. Namun, sebenarnya ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan saat terjadi pemadaman listrik. Berikut lima kegiatan yang bisa dilakukan saat mati lampu berdasarkan rangkuman dari berbagai sumber.

[Baca Juga: Keseruan Anak-anak Mengenal Sampah di Pinggir Ciliwung]

1. Bercerita dengan Bayangan Senter atau Lilin

Aktivitas yang satu ini cocok sekali bagi yang sudah punya anak. Anda bisa memanfaatkan kegelapan dengan mengasah kreativitas. Gunakan senter atau lilin untuk membuat bayangan dari jari tangan atau mainan anak. Anda bisa membuat bayangan menyerupai bentuk hewan atau lainnya yang sesuai dengan cerita yang Anda inginkan.

2. Menulis

Jika senang menulis, tak ada salahnya mengisi waktu luang di saat mati lampu dengan menulis. Menulis bisa di sebuah kertas atau buku kosong. Tentu saja, tetap dengan bantuan lampu darurat, lilin atau senter ya untuk bisa melakukan aktivitas ini. Atau, Anda juga bisa menulis di ponsel yang biasanya memiliki fitur catatan.

[Baca Juga: 5 Rekomendasi KDrama yang Wajib Ditonton Saat Waktu Luang]

3. Menonton Film

Bila masih memiliki cukup baterai pada ponsel pintar atau laptop, Anda bisa mengisi waktu luang dengan menonton film. Kini sudah banyak platform dan penyedia ragam film yang bisa diunduh, mulai dari film Indonesia hingga film produksi luar negeri. Jadi, Anda bisa menghibur diri di tengah kegelapan ruangan saat mati lampu.

4. Makan di Luar Rumah

Jika perut sudah lapar, makan di tengah kegelapan terkadang membuat nafsu makan berkurang. Sehingga, tak sedikit orang yang keluar rumah untuk menikmati makanan di warung makan atau restoran bersama teman atau pun keluarga. Jika makan di luar rumah saat listrik padam, ada sensasi tersendiri loh. Coba saja rasakan sensasinya.

5. Tidur

Jika sudah terbiasa tidur dalam gelap, tentu tidak akan sulit untuk memejamkan mata dan tidur dengan nyenyak. Jika sudah lelah dan ingin istirahat, ini adalah pilihan terakhir yang tepat.

Dari lima kegiatan yang bisa dilakukan saat mati lampu, yang mana sering Anda lakukan, Pointers?


Read More

Artikel Lainnya

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar.jpg

Berita Kawasan

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar

05 December 2022, 14:15

Festival Dayung Ciliwung 2022 berhasil digelar pada akhir pekan kemarin yang disebut digelar untuk meningkatkan kepedulian publik Ibu Kota untuk menjaga lingkungan sungai.

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakart a Barista League 2022 Sukses Digelar.jpg

Berita Kawasan

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakarta Barista League 2022 Sukses Digelar

05 December 2022, 10:14

Pada akhir pekan kemarin, Pemprov DKI Jakarta sukses menggelar event Jakarta Barista League 2022 yang menjadi wadah kompetisi bagi para barista dari berbagai wilayah Tanah Air.

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.


Comments


Please Login to leave a comment.