Mau Kurus Ayo Jalan Kaki Setelah Makan

Kesehatan

Mau Langsing? Ayo Jalan Kaki Setelah Makan

Setelah makan biasanya seseorang akan merasa kekenyangan dan malas untuk bergerak. Tapi ternyata berjalan santai setelah makan bisa memberikan manfaat untuk pencernaan. Maksud dari berjalan santai bukan Anda langsung berjalan setelah selesai makan, tapi lebih tepatnya memberi waktu bagi tubuh untuk beristirahat sebentar sekitar 10-15 menit dan selanjutnya melakukan jalan santai.

Mau Kurus Ayo Jalan Kaki Setelah Makan

Jalan santai yang dilakukan setelah makan tidak hanya membakar beberapa kalori, melainkan mampu membantu proses pencernaan, dalam hal ini membuat organ tubuh dapat bekerja lebih baik. Berjalan santai setelah makan juga meningkatkan perjalanan makanan dan membantu penderita sakit maag, seperti yang dirangkum dari Fitsugar.com (9/12/10).

Berjalan santai selama 10 menit bisa menjadi cara yang mudah untuk menenangkan pikiran, menghilangkan stres, meningkatkan tambahan energi dan juga membantu menurunkan tekanan darah. Jalan santai ini dapat Anda lakukan di mana saja, jika berada di rumah cukup melakukan jalan di dalam rumah, sedangkan jika berada di luar bisa berjalan santai sambil menikmati udara segar.

[Baca Juga: 5 Manfaat Berjalan-jalan di Area Hutan untuk Kesehatan]

Perlu dicatat, bahwa seseorang tidak dianjurkan untuk berjalan cepat atau berlari setelah makan besar, karena bisa membuat suplai darah yang seharusnya membantu proses pencernaan menjadi dialihkan untuk berjalan cepat. Serta membuat jantung bekerja dua kali lipat lebih besar.

Berjalan santai atau perlahan-lahan akan merangsang gerakan peristaltik pada usus sehingga menghindari penumpukan makanan, membuat peredaran darah menjadi meningkat dan enzim-enzim yang bekerja saat proses pencernaan jumlahnya cukup untuk mencerna makanan yang telah Anda konsumsi. Jalan santai setelah makan malam bisa membantu seseorang tidur lebih cepat dan membantu mengurangi ketagihan ngemil makanan lemak tinggi dan manis saat larut malam.

[Baca Juga: Wah, Ada Car Free Day di Jalan Layang]

Jika seseorang memiliki penyakit diabetes atau cenderung memiliki kadar gula darah tinggi, sebaiknya harus menjaga kadar gula darah melalui asupan yang dikonsumsi. Jalan kaki setelah makan dapat membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuh, tapi tunggu sekitar 1-2 jam sebelum melakukan jalan santai, agar menunggu kinerja insulin dalam tubuh mengatur kadar gula darah secara normal dahulu.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.