Revitalisasi JPO GBK Masuk Tahap Akhir

Berita Kawasan

Mau Selfie? Ini Pilihan JPO Nan Artistik di Ibu Kota untuk Foto-foto

Saat ini sedang marak pendapat pro dan kontra mengenai dilepasnya atap miliki sebuah jembatan penyeberangan orang (JPO) di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta. Keputusan dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengenai pembongkaran atap JPO yang membentang dekat Menara Astra, Gedung Bumiputera, Gedung Sudirman Plaza/Indofood Tower, dan Wisma Nugra Santana itu, ternyata memiliki alasan, yakni untuk mempermudah penyeberang untuk berswafoto atau selfie dengan latar belakang pemandangan gedung bertingkat.

Namun ada beberapa keluhan yang disampaikan dari pengguna JPO di wilayah tersebut, karena mereka merasa kepanasan dan pasti basah saat hujan turun. Di samping adanya perbedaan pendapat dari berbagai pihak mengenai pembongkaran atap JPO tersebut, kota Jakarta masih memiliki sejumlah JPO yang menjadi lokasi yang menarik untuk mengambil foto maupun selfie dan tergolong instagramable.

[Baca Juga: Disinyalir Rawan Bahaya, Pot di JPO Cempaka Putih Dibongkar]

Jika Anda berfoto di beberapa JPO di Jakarta yang memiliki desain artistik, menurut pantauan PingPoint.co.id berikut adalah JPO yang patut Anda sambangi tersebut.

Revitalisasi JPO GBK Masuk Tahap Akhir 1.jpg

1) JPO Gelora Bung Karno (GBK)

JPO GBK menggunakan ornamen-ornamen berbentuk segi empat berwarna putih yang dipasang secara spiral di sepanjang JPO. Cincin itu dimaksud menjadi simbolisasi dari semangat bangsa Indonesia untuk terus maju dan berkembang. Secara fungsi, cincin gelora berupa bidang berwarna putih dipilih untuk optimalisasi cahaya matahari yang dipantulkan ke atas jembatan. Hal itu juga untuk menangkap transformasi cahaya yang dinamis dari pagi sampai sore hari, hingga munculnya gemerlap lampu gedung bertingkat di sekitarnya.

Deretan Jembatan Penyeberangan Orang Berdesain Artistik di Ibu Kota Polda Metro Jaya

2) JPO Polda Metro Jaya

Desain JPO Polda Metro Jaya dibuat lebih artistik menggunakan konsep cincin besi yang seolah-olah melapisi kerangka JPO. Selain itu, tim kontraktor juga telah memasang lima CCTV pada masing-masing JPO. JPO ini juga dilengkapi fasilitas lampu RGB (red, green, blue) yakni sejenis lampu sorot yang bisa memancarkan tiga warna yakni merah, hijau, dan biru secara bergantian. Ada 98 titik pemasangan lampu RGB di JPO Polda Metro Jaya.

Deretan Jembatan Penyeberangan Orang Berdesain Artistik di Ibu Kota Bundaran Senayan

3) JPO Bundaran Senayan

Revitalisasi dan peresmian JPO Bundaran Senayan bersamaan dengan JPO GBK dan JPO Polda Metro Jaya. JPO Bundaran Senayan dirancang dengan landasan datar berbahan kayu komposit dan memiliki pegangan berbahan serupa. Pada sisi kiri dan kanan jembatan berbatas besi warna hitam dan beratap transparan. Landasan datar ini merupakan fasilitas ramah disabilitas.

Saat naik ke arah jembatan utama sepanjang 68 meter, pejalan kaki akan melihat desain jajaran pagar putih dan lampu yang menyala di malam hari. Jembatan utama warna kekuningan, pantulan cahaya terlihat artistik saat malam hari. Pejalan kaki pun bisa menikmati keindahan langit Jakarta dan suasana gedung perkantoran di sekitarnya karena atap dibuat transparan.

Deretan Jembatan Penyeberangan Orang Berdesain Artistik di Ibu Kota JPO Dukuh Atas

4) JPO Dukuh Atas

JPO Dukuh Atas menggantikan JPO lama yang membentang tepat di tengah Jalan Jenderal Sudirman. JPO ini dibangun untuk menghubungkan JPO Dukuh Atas sisi Timur dengan Halte Transjakarta Dukuh Atas 2 yang melayani koridor 6 Dukuh Atas-Ragunan dan koridor 4 Pulogadung-Dukuh Atas.

Hiasan artistik berbentuk segi enam berwarna putih dan abu-abu tampak melapisi JPO Dukuh Atas. Warna hiasan tersebut terlihat mencolok sehingga JPO yang baru bisa terlihat dari gedung Wisma Bumiputera yang berjarak sekitar 500 meter dari sana. JPO itu juga dilengkapi pagar pembatas dari besi berwarna hitam. Selain itu, JPO ini telah dilengkapi atap yang menutup seluruh kerangka jembatan secara sempurna sehingga dapat melindungi pejalan kaki dari terik matahari dan hujan.

Deretan Jembatan Penyeberangan Orang Berdesain Artistik di Ibu Kota JPO Sumarno

5) JPO Sumarno, Penggilingan

JPO instagramable lainnya berada di Penggilingan, Jakarta Timur tepatnya di depan Pengadilan Negeri Jakarta Timur. Desain yang dihadirkan berbentuk artistik dengan dihiasi lampu yang bisa berganti-ganti warna. JPO ini dibangun dengan kombinasi gaya modern dan lokal, serta dilengkapi lift untuk mempermudah penyandang disabilitas, lansia, dan ibu hamil.

JPO Jelambar Unik dan Ramah Disabilitas 1.jpg

6) JPO Jelambar Barat

JPO ini terletak di Jalan Pangeran Tubagus Angke, Tambora, Jakarta Barat. JPO Jelambar Barat, Jakarta Barat berhias ornamen Betawi dengan nuansa warna didominasi biru dan merah muda pada bagian pagarnya. Menariknya, jembatan tersebut memiliki atap yang berdesain modern, yaitu atap membran berwarna putih dengan model melengkung. Pada sisi arah Jalan Daan Mogot, tersedia fasilitas lift bermodel kaca transparan yang mampu menampung sekitar 20 orang di dalamnya. Masih pada sisi yang sama, di balik lift, pejalan kaki bisa menggunakan tangga manual.

[Baca Juga: JPO Jelambar Unik dan Ramah Disabilitas Setelah Direvitalisasi]

Guna mendapatkan atmosfer yang bagus dalam mengambil foto, sebaiknya Anda mengunjungi beberapa JPO di atas saat matahari mulai rendah atau bahkan di malam hari. Sehingga lampu-lampu JPO dan lampu bangunan di sekitarnya turut meramaikan latar belakang foto Anda.

Read More

Artikel Lainnya

Wali Kota Jakarta Barat Kembali Ngantor Usai Pulih dari COVID-19 .jpg

Berita Kawasan

Wali Kota Jakarta Barat Kembali Ngantor Usai Pulih dari COVID-19

30 September 2020, 12:10

Setelah menjalani perawatan di rumah sakit akibat COVID-19, Wali Kota Jakarta Barat akhirnya kembali beraktivitas setelah pulih sepenuhnya.

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik .jpg

Berita Kawasan

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik

29 September 2020, 16:08

Salah satu inovasi yang diterapkan di Terminal Jatijajar di masa pandemi seperti sekarang adalah pemberlakukan sistem e-ticketing.

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir.jpg

Berita Kawasan

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir

29 September 2020, 15:03

Wali Kota Tangerang memastikan pihaknya sudah mempersiapkan skenario antisipasi terhadap potensi terjadinya banjir akibat musim hujan.

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember

29 September 2020, 14:02

Pemkot Tangerang saat ini tengah bekerja keras untuk mengubah status wilayahnya dari zona orange menjadi zona hijau COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.