Medan Bersiap Terapkan New Normal

Berita Kawasan

Medan Bersiap Terapkan New Normal

Dengan pemerintah pusat yang terus menggaungkan kondisi new normal atau kenormalan baru di tengah pandemi COVID-19, Pemerintah Kota (Pemkot) Medan juga turut mempersiapkannya. Menurut Pemkot Medan, konsep dari penerapan new normal sudah dimiliki pihaknya. Namun persiapan masih tetap diperlukan dalam rangka menerapkan kebijakan ini secara efektif, seperti dari sisi infrastruktur hingga ke masyarakat Kota Melayu Deli.

Dalam new normal sendiri protokol kesehatan menjadi kunci agar menekan penyebaran virus SARS-CoV-2 yang memicu COVID-19 jika masyarakat ingin kembali beraktivitas di tengah pandemi ini. Hal ini juga turut menjadi agenda yang dibicarakan dalam rapat Kebijakan Strategis Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Sumatera Utara Pasca Tanggap Darurat yang digelar pada pekan lalu. Pada rapat yang langsung dipimpin Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan Akhyar Nasution mengungkapkan, pihaknya saat ini masih tengah proses mempersiapkan konsep penerapan new normal.

Medan Bersiap Terapkan New Normal

Untuk saat ini persiapan Pemkot Medan adalah melakukan pembaharuan terhadap Perwal No.11/2020 tentang Karantina Kesehatan Dalam Rangka Percepatan Penanganan COVID-19. Di mana walau pasal-pasal yang ada di peraturan wali kota itu sudah sejalan dengan kebijakan new normal tapi revisi tetap dibutuhkan agar sesuai dengan keputusan Menteri Kesehatan (Menkes) dan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri).

“Dalam melakukan revisi Perwal No.11/2020, kita akan merujuk kepada Keputusan Menkes dan Kemendagri. Dengan demikian penegakkan Perwal No.11/2020 akan tetap dilakukan sejalan pelaksanaan new normal,” ujar Plt Wali Kota Medan di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara (29/5/2020).

[Baca Juga: Hampir Semua Kecamatan Medan Berstatus Zona Merah COVID-19]

Akhyar menyebut, pihaknya hingga kini tetap akan terus melaksanakan karantina kesehatan dalam usaha menekan penyebaran COVID-19. Hal ini tak terlepas dari indikasi peningkatan pasien yang positif terinfeksi virus SARS-CoV-2 beberapa waktu terakhir.

“Kita tidak mau orang yang ada di rumah itu akan tertular COVID-19, karena ada anggota yang positif COVID-19 menjalani isolasi mandiri di rumah. Saat ini jumlah warga yang masuk kategori orang tanpa gejala terus bertambah. Hal ini terjadi akibat adanya hubungan kekerabatan dengan anggota keluarga yang positif COVID-19. Jadi begitu ada anggota keluarga yang positif COVID-19, maka yang bersangkutan harus menjalani karantina di rumah sakit,” sebut Akhyar.

[Baca Juga: Akibat COVID-19, PMI Kota Medan Krisis Stok Darah]

Selain itu mengenai edukasi penggunaan masker juga akan terus diperkuat oleh Pemkot Medan ketika semakin mendekati new normal. Karena orang nomor satu di Kota Melayu Deli itu memandang penggunaan masker oleh masyarakat sangatlah penting untuk membantu memutus mata rantai penyebaran virus SARS-CoV-2 di wilayahnya.

Persiapan new normal lainnya dari Pemkot Medan, menurut Akhyar adalah mengenai kesiapan untuk pelayanan publik yang nantinya kelengkapan infastrukturnya akan dibagi menjadi yang berisiko rendah, berisiko menengah, dan berisiko tinggi. Hal yang juga dilakukan Pemkot Medan adalah analisa mengenai apakah kegiatan belajar-mengajar di sekolah dapat dilakukan dalam kondisi new normal.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.