Mediland Hyperlight Disinfection Robot, Alkes Steriliasai Ruangan

Kesehatan

Mediland Hyperlight Disinfection Robot, Alkes Steriliasai Ruangan

Berbagai inovasi dalam bidang kesehatan terus dilakukan di tengah pandemi COVID-19 yang melanda hampir seluruh negara di dunia. Adapun inovasi yang dilakukan yakni mulai dari upaya penemuan obat, hingga upaya pencegahan.

Dalam upaya pencegahan penyebaran virus SARS-CoV-2 atau virus Corona baru, salah satu inovasi alat kesehatan terbaru yakni Mediland Hyperlight Disinfection Robot. Alat yang diproduksi oleh Surgika Alkesindo tersebut merupakan teknologi robot yang secara khusus didesain untuk mencegah masyarakat, termasuk tenaga medis dari kontaminasi patogen berbahaya yang dapat terjadi di rumah sakit.

Mediland Hyperlight Disinfection Robot, Alkes Steriliasai Ruangan

Potensi ancaman tersebut Direktur Utama Srugika Aleksindo dr. Handy Gunawan menjelaskan bahwa potensi ancaman itu disebut juga sebagai Healthcare-Associated Infection (HAI). Potensi tersebut kian berbahaya di tengah pandemi COVID-19.

“Resiko ini dapat membahayakan keselamatan tenaga kesehatan dan juga pasien. Terlebih saat ini di seluruh dunia, dan Indonesia khususnya sedang berpacu dengan waktu mengatasi pandemi COVID- 19, strain virus corona yang sangat mudah menular,” kata Handy, dalam keterangan pers yang diterima Ping Point (11/5/2020).

Metode UVC

Lebih lanjut Handy menjelaskan bahwa teknologi ini menggunakan metode disinfeksi Ultraviolet Germicidal Irradiation (UVGI). Metode ini menggunakan sinar ultraviolet gelombang pendek (UVC).

UVC berguna untuk membunuh mikro organisme dengan menghancurkan nucleic acids dan mengganggu DNA mereka. Proses tersebut membuat mikro organisme tidak dapat melakukan fungsi selular yang vital.

Mediland Hyperlight Disinfection Robot memiliki spesifikasi terdiri dari enam lampu amalgam ultra violet (UV) dan teknologi reflektor berputar yang dipatenkan. Teknologi itu berguna untuk mendistribusikan secara efektif output UVC ke area sekitarnya agar dapat membunuh mikro organisme.

[Baca Juga: Peneliti Indonesia Kolaborasi Buat Robot Sterilisasi Ruang Isolasi Medis]

“Sebuah teknologi terdepan yang mudah, cepat dan tidak memancarkan ozone, serta tidak meninggalkan residu berbahaya, menjadikannya aman bagi lingkungan sekitar,” katanya.

Mengingat situasi pandemi COVID-19 seperti ini, Handy mengatakan menjadi penting untuk mensterilkan ruang ganti di rumah sakit atau klinik setiap satu jam sekali. Sebab, dalam ruangan tersebut menjadikannya sangat rentan terjadi infeksi virus. Selain itu jika melepaskan Alat Pelindung Diri (APD) dengan cara yang salah, maka dapat mengakibatkan virus beterbangan di ruang ganti.

[Baca Juga: Cegah Penularan COVID-19, Begini Sterilisasi Limbah Infeksius]

Handy mengatakan penggunaan Mediland Hyperlight Disinfection Robot juga dapat digunakan di fasilitas umum maupun kendaraan umum seperti pesawat terbang, MRT, dan bus.

“Hadirnya Mediland Hyperlight Disinfection Robot merupakan solusi aman dan efektif bagi kebutuhan sangat penting untuk kesehatan, sterilisasi, baik rumah sakit, klinik maupun instansi korporasi menengah hingga besar saat pandemi COVID-19 dan juga masa yang akan datang”, tutup dr Handy.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.