ANCOL_PROPERTI_MEGA PROYEK APARTEMEN DI ANCOL BARAT UNTUK MILENIAL_ICHWAN_REVISI 01-01.jpg

Properti dan Solusi

Mega Proyek Apartemen di Ancol Barat untuk Milenial

Jakarta masih memiliki daya tarik properti yang menarik. Hal itu dibuktikan dengan adanya kerja sama antara Crown Group dan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk untuk membangun hunian di kawasan Jakarta Utara. Proyek apartemen di Ancol Barat ini bernama Water Front Lifestyle yang menggabungkan konsep mixed-use dan diklaim memiliki fasilitas kelas dunia.

Kedua pengembang ini adalah developer kawakan yang sudah terkenal reputasinya di sektor properti. Crown Group merupakan pengembang properti kenamaan yang berbasis di Sydney, Australia, yang didirikan oleh Iwan Sunito dan Paul Sathio. Crown Group memulai proyek apartemennya pada 1996 dengan nilai proyek AUS$28 juta di Bondai, Sydney.

Pada Agustus 2017, grup ini baru saja meluncurkan apartemen terbaru dan proyek hotel bintang lima pertamanya di Parramatta, salah satu distrik di Sydney yaitu Skye Hotel & Suites dan V by Crown Group. Grup ini berkembang berkat dukungan talenta muda terbaik di dalamnya.

Sedangkan PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk adalah pengembang yang dikenal dengan pembangunan pembangunan Ancol Taman Impian. Kemudian perseroan ini juga melakukan proyek penataan fungsi pada bisnis lainnya, seperti Padang Golf Ancol yang dialihfungsikan menjadi Ocean Ecopark pada tahun 2011. Perseroan sejak tahun 2012 mulai mengembangkan bisnis MICE (Meeting, Incentive, Conference and Exhibition) serta mendorong kreativitas industri kreatif dengan mendirikan Ecovention.

Di pertengahan tahun ini, keduanya bergabung membangun kawasan hunian mewah yang dibangun di atas lahan seluas 4,7 hektare. Hunian mewah ini akan berupa apartemen dengan lima tower apartemen mewah berkonsep luxury water front living dengan fasilitas water front pertama di Indonesia seperti yatch club, water front promanade, dan fasilitas komersial eksklusif.

Proyek prestisius senilai Rp7 triliun ini akan menjadi yang pertama di daerah Ancol menggabungkan konsep mixed use dengan water front development iconic seperti Dubai, Singapura, dan Sydney Australia. "Hunian vertikal ini akan menjadi representasi dari DNA Crown Grouo dengan konsep Substance, Prestige, Architectural Intelligence, Commercial Value, dan Experience (SPACE)," kata CEO Crown Group Iwan Sunito dalam press conference di Hotel Grand Hyatt, Senin (7/5/2018).

Alasan memilih Ancol karena wilayah ini memiliki punya potensi besar untuk menjadi kota tepi pantai berkelas dunia. Salah satu yang mendorongnya karena Ancol sudah memiliki kelengkapan ekologi kota seperti pelabuhan bisnis, pusat belanja, dan rencana pengembangan Mass Rapid Transit (MRT).

Apartemen ini menyasar segmen middle dan upper class dengan karakteristik generasi milenial yang mendominasi komposisi demografi Indonesia. Rencananya pada November 2019, unit apartemen tahap pertama yang akan dipasarkan adalah apartemen tingkat rendah atau low rise di tepi pantai dengan jumlah unit mencapai 200-300 unit dengan dimensi luasan yang lumayan besar.

Kemudian secara bertahap pula akan dipasarkan unit high rise-nya. Secara keseluruhan, total unit apartemen lima tower dengan segmen pasar salah satunya adalah generasi milenial ini akan ada sekitar 2.000 sampai 3.000 unit dengan berbagai tipe dan ukuran hunian. Hingga saat ini, belum dapat diketahui tipe, ukuran luasan bangunan, dan harga yang ditawarkan oleh Water Front Lifestyle.

Progres terakhir yang didapat dari mega proyek apartemen di Ancol Barat ini akan melibatkan sejumlah biro arsitek dari luar negeri dan dalam negeri yang diundang untuk berkompetisi memberikan rancangan desain terbaik. Setelah desain terbaik diperoleh, proyek ini akan memulai pembangunannya pada akhir 2019 mendatang.

Read More

Artikel Lainnya

Selama Pandemi, Ratusan Ribu Keluarga Surabaya Bebas Retribusi PDAM

Berita Kawasan

Selama Pandemi, Ratusan Ribu Keluarga Surabaya Bebas Retribusi PDAM

10 April 2020, 08:00

Pemkot Surabaya memahami bahwa wabah COVID-19 kian menambah beban masyarakat. Sebanyak 231.211 KK Masyarakat Berpenghasilan Rendah dibebaskan retribusi PDAM.

Dukung Belajar Dari Rumah, UGM Berikan Subsidi Pulsa ke Mahasiswa

Pendidikan

Dukung Belajar Dari Rumah, UGM Berikan Subsidi Pulsa ke Mahasiswa

09 April 2020, 20:00

Dukungan pulsa atau paket data ini rupanya bukan hanya diberikan ke mahasiswa untuk proses belajar, tapi juga tenaga pengajar.

Cegah Covid-19, Pemkot Depok Perpanjang Masa Belajar di Rumah

Pendidikan

Cegah Covid-19, Pemkot Depok Perpanjang Masa Belajar di Rumah

09 April 2020, 19:00

Pemkot Depok kembali mengumumkan perpanjangan masa belajar di rumah dalam rangka menekan penyebaran wabah COVID-19 di wilayahnya.

Diet Kaldasa, Solusi Mengurangi Prilaku Autisme

Kesehatan

Diet Kaldasa, Solusi Mengurangi Prilaku Autisme

09 April 2020, 18:00

Kaldasa sendiri merupakan singkatan dari kaldu, sayur dan daging. Tiga komponen tersebut diyakini mampu membuat anak dengan autisme lebih tenang dan lebih fokus.


Comments


Please Login to leave a comment.