Melalui Hobi Ikan Cupang, Ivanplastik Sukses Kembangkan Bisnisnya

Bisnis

Melalui Hobi Ikan Cupang, Ivanplastik Sukses Kembangkan Bisnisnya

Bagi Anda mungkin nama usaha Ivanplastik terasa asing tapi bagi penghobi ikan cupang atau bahkan breeder ikan hias ini maka nama tersebut akan langsung akrab. Mengingat bisnis dari Ivan Prima Kosalim ini menjajakan berbagai keperluan untuk memelihara ikan cupang. Dari mulai stoples, saringan untuk mengangkat ikat, alat pengukur ikan cupang, obat, hingga pakannya tersedia di usaha Ivanplastik. Tapi tak hanya sampai situ saja, Ivan pun saat ini telah melebarkan sayapnya dengan menjadi seorang breeder ikan cupang dengan lokasi peternakan di Depok.

Melalui Hobi Ikan Cupang, Ivanplastik Sukses Kembangkan Bisnisnya

Namun bisnis Ivan ini bukanlah kali pertamanya ia terjun di dunia entrepreneur. Mengingat sebelum mengembangkan usaha Ivanplastik, pria ini sebelumnya sudah berprofesi sebagai wirausahawan dengan fokus bisnisnya di peleburan plastik. Sayangnya, bisnis pertama Ivan itu mengalami kegagalan hingga ia bahkan mengalami kerugian.

“Awalnya saya memang kerja itu dulu di Australia sebelumnya, saya pulang, saya ada modal, saya bangun usaha plastik. Sudah berjalan kurang lebih empat tahunan, itu kan kerjaan utama saya untuk ngidupin sehari-sehari saya dengan keluarga, pada saat itu ada sempat masa sepi ya di dunia plastik. Jadi nyari bahan agak baku susah, pabrik-pabrik langganan juga jual barang susah, itu akhirnya kita kena dampak,” ungkap Ivan kepada PingPoint.co.id di Maddie Land Betta Farm, Kecamata Cilodong, Kota Depok (13/12/2019).

[Baca Juga: Hobi Sejak Belia, Ali Jadikan Ikan Cupang Ladang Dulang Rupiah]

Dampak terhadap iklim bisnis plastik kala itu, memicu dirinya kesulitan dalam menjalankan usahanya, khususnya dalam sisi penjualannya. Bahkan dampak tersebut juga terasa dari sisi rekan bisnis Ivan kala itu dengan dirinya yang sudah mengucurkan dana modal tapi ia tidak mendapatkan barangnya. Menurutnya, inilah salah satu pemicu terbesar yang membuat bisnis plastiknya jatuh.

Melalui Hobi Ikan Cupang, Ivanplastik Sukses Kembangkan Bisnisnya

“Akhirnya saya mutusin untuk bermain (di usaha) ikan cupang dengan fokus saya mulai dari aksesorisnya. Tapi saya sudah main ikan cupang dulu (sebelumnya) cuman enggak dibisnisin. Saya pelajarin, saya pelihara seperti biasa, terus akhirnya saya ketemu masalah-masalah, saya yang cari solusinya di bidang ini. Akhirnya saya mulai stok perlengkapan A, B, C sampai Z ampe akhirnya ratusan variasi, hanya untuk ikan cupang,” ungkapnya.

Dengan menggunakan nama Ivanplastik, dirinya pun mulai membuka toko online di berbagai marketplace serta e-commerce. Lambat laun, namanya pun semakin dikenal dengan kelengkapan aksesoris untuk ikan cupang yang dijual di usahanya, bahkan banyak juga pihak-pihak yang ikut menjadi reseller dari Ivanplastik.

[Baca Juga: Depok Serius Budidayakan Ikan Cupang]

Setelah ia berhasil sebagai Ivanplastik, barulah dengan uang yang ia kumpulkan, Ivan pun membangun peternakan ikan cupangnya bernama Maddie Land Betta Farm yang resmi berdiri sekitar dua bulan yang lalu. Di peternakan ini, Ivan bersama karyawannya mengembangkan dan menjual berbagai jenis ikan cupang yang populer di kalangan penghobi seperti jenis Halfmoon, Koi, Hellboy, Giant, Blue Rim, Nemo, Black Samurai, dan masih banyak lagi dengan harga yang beragam, tergantung ukuran serta pola warnanya.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Octavia 2 years, 9 months lalu
    octavia

    Ingin dapat penghasilan tambahan dengan bermain game yuks bergabung sekarang juga du Dupa88. net, hanya dengan bermodal 25K mendapat kesempatan menang hingga jutaan rupiah, yuks bergabung sekarang juga jngan sampai ketinggalan.