Melalui Pelatihan Seni Budaya, Peserta Kenali Batik Jakarta Barat

Kecantikan dan Fashion

Melalui Pelatihan Seni Budaya, Peserta Kenali Batik Jakarta Barat

Pada 2 Maret 2020 Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat melalui Suku Dinas (Sudin) Pariwisata dan Kebudayaan (Parbud) Jakarta Barat resmi memulai program pelatihan seni budaya mereka yang diberikan secara gratis. Program ini dibagi menjadi tiga yaitu seni rupa batik, teater, serta tari Betawi dengan peserta sekitar 90 orang. PingPoint.co.id pun berkesempatan untuk melihat pelatihan batik dan berdialog dengan instruktur.

Serupa dengan dua pelatihan seni budaya lainnya, pelatihan batik diikuti 30 peserta. Mereka terbagi menjadi masyarakat umum yang memang tertarik dengan batik, pelajar, sampai guru seni. Di mana para instruktur telah membagi jadwal setiap harinya dalam agenda pelatihan ini untuk memastikan para peserta mengetahui dasar-dasar mengenai batik, khususnya Jakarta Barat, hingga berhasil membuat karya kain batik.

Melalui Pelatihan Seni Budaya, Peserta Kenali Batik Jakarta Barat

“Hari ini kita menjelaskan sedikit mengenai sejarah batik, apa itu batik, proses membatik secara benar, perbedaan kain batik dengan kain tekstil yang lain. Terus langsung kita membuat pola pembuatan batik sampai akhirnya kita terapkan ke dalam kainnya dulu,” jelas perwakilan instruktur pelatihan batik Siti Indriani Chaerunissa kepada PingPoint.co.id di Pusat Pelatihan Seni Budaya Jakarta Barat, Jalan Rama Raya No.1, Kelurahan Rawa Buaya, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat (2/3/2020).

[Baca Juga: Mengulik Sepak Terjang Komunitas Batik Rusun Pulogebang]

Sebelum para peserta mulai menggambar pola, para instruktur pun menjelaskan mengenai apa yang menjadi khas dari batik di Jakarta Barat. Di mana pola utama pembeda batiknya dengan wilayah lain adalah gambar dua objek yang menjadi ikon di wilayah ini.

“Hanya Jakarta Barat yang punya ikon, jadi Jakarta Barat dengan lantang bilang ikonnya ikan cupang serit dan bunga anggrek dendrobium. Oleh karena itu batiknya kita mengacu ke sana, nah warna-warnanya kalau mau disesuaikan sebetulnya lebih diutamakan warna kuning dan ungu. Cuman kesulitan dalam membatik itu untuk latar kuning agak susah, karena mereka harus nyanting dan lainnya. Kebanyakan suka bleber, suka apa, nah itu yang membuat warnanya jadi colourful yang lain” sebut Siti.

Melalui Pelatihan Seni Budaya, Peserta Kenali Batik Jakarta Barat

Setelah menggambar pola di kertas sesuai dengan dua ikon Jakarta Barat itu, para peserta nantinya akan mulai mencoba memindahkan gambar itu ke kain yang berukuran 2x1,5 meter. Dengan bantuan para instruktur yang mencoba mengimplementasikan ide gambar mereka yang sesuai dengan logika di pola gambar seni batik. Barulah setelah itu mereka akan diajarkan menyanting hingga menghasilkan karya batik sepenuhnya di hari ke-10.

[Baca Juga: Batik Bekasi Berpartisipasi di West Java Chrafhastival 2019]

“Kita upayakan mereka membuat membuat walau motifnya masih besar atau apa (yang penting) tapi mengetahui proses menyanting secara benar, mewarnai, proses bahwa batik itu seperti apa, itu yang kita tekankan. Jadi sampai akhir mereka tahu tahapan-tahapannya, sampai proses pewarnaan, lorod, sampai menjadi kainnya,” tambah instruktur pelatihan seni budaya batik di Jakarta Barat tersebut.


Read More

Artikel Lainnya

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival BBM untuk Pembangunan Masjid

Berita Kawasan

Karang Taruna Ratujaya Depok Adakan Festival untuk Pembangunan Masjid

01 February 2023, 16:19

Festival BBM tersebut telah digelar oleh Katar RW 04 Ratujaya pada Sabtu, 28 Januari 2023 lalu.

Bogor Street Festival CGM 2023 Lebih Meriah, Jangan Sampai Ketinggalan

Berita Kawasan

Bogor Street Festival CGM 2023 Lebih Meriah, Jangan Sampai Ketinggalan!

01 February 2023, 13:56

Bogor Street Festival Cap Go Meh yang akan digelar pada 5 Februari mendatang, selain memberikan keberkahan dalam hal ekonomi, juga menjadi simbol kebersamaan dan persatuan.

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.


Comments


Please Login to leave a comment.