Melalui Produknya, Kreatif Kabin Soroti Perhatian Terhadap Konservasi Orangutan.jpg

Bisnis

Melalui Produknya, Kreatif Kabin Soroti Perhatian Terhadap Konservasi Orangutan

Pernahkah Anda mendengar istilan urban toys? Jika di mata awam, urban toys atau yang juga disebut dengan art toys dipandang hanyalah sebagai “mainan” semata. Padahal urban toys merupakan mainan atau figure yang dibuat oleh desainer serta seniman dengan jumlah yang sangat terbatas sehingga masuk ke dalam ketegori benda koleksi. Sehingga tak heran bila harganya cukup membuat para penggemar urban toys rela merogoh kocek dalam-dalam.

Di Indonesia sendiri sudah ada sejumlah seniman serta desainer yang berusaha menghadirkan unsur kekhasannya dalam produk urban toys yang mereka hadirkan dengan salah satu pemain barunya adalah Kreatif Kabin. Menariknya, Kreatif Kabin memiliki ikonnya sendiri yang ditujukan akan pandangan mereka mengenai konservasi orangutan.

Melalui Produknya, Kreatif Kabin Soroti Perhatian Terhadap Konservasi Orangutan   .jpg

Kreatif Kabin sendiri merupakan bentukan tiga orang yang terdiri dari Johanes Salikin sebagai CEO, Irene Nadya sebagai CMO, dan Lilis sebagai COO. Di mana ketiganya memiliki hobi yang serupa dan di masa pandemi COVID-19 ini mereka ingin produktif dalam menghasilkan karya melalui produk yang mencerminkan Kreatif Kabin dengan menyertakan elemen dari Indonesia.

Setelah melalui proses diskusi, ketiganya memang ingin menghadirkan urban toys sebagai produk utamanya dan sempat ingin menjadikan astronot sebagai ikon Kreatif Kabin. Namun setelah mempertimbangkan lebih jauh, ketiganya mendapat inspirasi menjadikan orangutan sebagai karakter utama dari Kreatif Kabin apalagi primata ini memang endemik dari Indonesia.

[Baca Juga: Fashion Designer Diana Putri Rilis Koleksi Eau De Couture]

“Jadi kalau misalnya ikon kita itu Ranggu, nah Ranggu itu sebenarnya orangutan. Jadi selama kita main di dunia game, hot toys, statue, figure, mereka itu figur-figur yang digunakan itu ada di film dan di game. Jadi enggak pernah ada orang yang bikin statue (khas) Indonesia, walau sekarang ada tapi itu film Indonesia, bukan membawa unsur Indonesia ke statue itu. Jadi kita mikir mencoba gabungin budaya apa yang di Indonesia bisa hilang (punah) atau sudah mau hilang atau bahkan orang udah lupain, jadi kita gabungkan dengan game,” jelas Iren kepada PingPoint.co.id melalui Google Meet (14/9/2020).

Dengan Ranggu ini, pihak Kreatif Kabin juga ingin menghadirkan nilai atau value khusus di dalam urban toys yang mereka produksi. Pasalnya, mereka merasa perhatian terhadap orangutan beberapa waktu terakhir sudah semakin kikis padahal di satu sisi primata ini nyaris punah akibat deforestasi bahkan sempat muncul kasus di mana orangutan terseret kasus prostitusi. Oleh karena itulah, Kreatif Kabin menjadikan Ranggu sebagai ikon yang memang menyiratkan perhatian mereka terhadap orangutan.

Seri Komik Digital

Produk Ranggu dari Kreatif Kabin sendiri sebenarnya terbilang beragam dari sisi perencanaan bisnisnya. Di mana selain menjadi urban toys, Ranggu ke depannya akan memiliki seri komik digitalnya sendiri dan merchandise. Namun untuk saat ini produk yang masih menjadi fokus dari Kreatif Kabin adalah urban toys dengan seri Apengers (Ranggu sebagai karakter-karakter Avengers) yang produksinya sejalan dengan rilisnya game Marvel Avenger’s pada 14 Agustus 2020 di konsol dan PC.

Melalui Produknya, Kreatif Kabin Soroti Perhatian Terhadap Konservasi Orangutan .jpg

“Kita produksi itu ada enam (karakter) kurang lebih, kita banyakan handmade manual jadi butuh waktu yang cukup lama untuk menghasilkan (produk) yang bagus. Jadi yang kita baru selesai itu ada tiga figure yang selesai diwarna, sisanya masih blank. (Enam karakternya) ada Black Panther, terus Groot, kita buat Thanos, Iron Man, Captain America, sama Thor,” ujar Johannes.

Terkait harganya sendiri, setiap figure Apengers (kecuali Black Panther) dibanderol Kreatif Kabin di harga Rp1.399.000. Sedangkan khusus untuk karakter Black Panther, Kreatif Kabin memiliki caranya sendiri untuk memperingati Chadwick Boseman yang wafat karena kanker usus besar pada akhir Agustus 2020 yang lalu, di mana Black Panther versi Apengers dibanderol Rp1.600.000 dengan keuntungan dari penjualan figure ini akan disalurkan ke Yayasan Kanker Anak Indonesia.

[Baca Juga: Intip 5 Koleksi Tas Mewah Milik Wulan Guritno!]

Pihak Kreatif Kabin menyebut, dibanderolnya figure mereka di atas Rp1 jutaan dikarenakan semua produksinya masih sepenuhnya handmade dengan detail serta bersifat terbatas sehingga berbeda dengan figure atau mainan pada umumnya yang sudah diproduksi secara masif. Bahkan di setiap pembelian figure-nya, Kreatif Karbin akan menyertakan kartu yang memperlihatkan berapa jumlah figure itu yang tersedia di pasaran.

Selain Apengers, karakter figure Ranggu yang dalam waktu dekat siap dijual adalah seri PES 2021 dengan ikon Kreatif Kabin tersebut yang terlihat menggunakan kostum jersey tim sepak bola ternama dunia. Bagi Anda yang penasaran dengan produk Kreatif Kabin, bisa langsung mencari figure-nya di sejumlah toko game di DKI Jakarta, salah satunya di PSE ITC Mangga Dua atau langsung cek ke akun Instagram @kreatifkabin.

Read More

Artikel Lainnya

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.

Di Bawah Rp500 Ribuan, Amazfit Neo Siap Diluncurkan .jpg

Bisnis

Di Bawah Rp500.000-an, Amazfit Neo Siap Diluncurkan

25 September 2020, 18:43

Perusahaan Huami siap meramaikan pasar jam tangan pintar di Indonesia dengan produk Amazfit Neo yang memiliki harga tak sampai Rp500 ribuan.

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

Kecantikan dan Fashion

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

25 September 2020, 16:06

Ternyata algoritma matematika bisa menghasilkan corak batik. Begini cara membuat batik frctal dengan apliksi yang diciptakan anak bangsa.

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan.jpg

Berita Kawasan

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan

25 September 2020, 13:28

Baru-baru ini Polda Metro Jaya dan Bank DKI berkolaborasi dalam memudahkan pembayaran pajak kendaraan melalui aplikasi bernama Si Ondel.


Comments


Please Login to leave a comment.