PURI_PENDIDIKAN_MELATIH KEMAMPUAN OTAK KANAN DI HEGURU PURI INDAH_ICHWAN_REVISI 01-01.jpg

Pendidikan

Melatih Kemampuan Otak Kanan di Heguru Puri Indah

Anak secara alami memiliki kemampuan otak kanan yang aktif. Namun, kemampuan otak kanan umumnya menjadi sulit dikembangkan dan laju belajar yang cepat menurun ketika seorang anak tumbuh dewasa. Untuk mempertahankan atau meningkatkan kemampuannya, perlu ada metode khusus yang bisa dipelajari. Lembaga pendidikan Heguru Puri Indah punya metode untuk melatih kemampuan otak kanan.

Metode lembaga yang berada di Jalan Puri Indah Raya Blok T5, Kembangan, Jakarta Barat ini yang diberi nama Henmi Educational General Laboratory (HEGL) ini dikembangkan Hirotada dan Ruiko Henmi selama lebih dari 30 tahun. Metode Heguru adalah program pelatihan yang yang menekankan pada pembentukan karakter positif dan bertujuan untuk membentuk anak-anak menjadi pemimpin masa depan.

Kunci keberhasilan metode HEGL yaitu pengembangan otak kanan. Teknik pendidikan anak usia dini yang efektif ini berfokus pada pemanfaatan kemampuan seorang anak untuk menyerap informasi dibandingkan dengan pendekatan pengajaran konvensional.

[Baca Juga: Jaga Kebugaran Otak untuk Atasi Kesulitan Belajar]

Di Heguru Jepang, HEGL ini terus menerus disempurnakan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan dasar sedini masa prenatal atau masa kanak-kanak anak. Melatih kemampuan otak memungkinkan seorang anak untuk mengembangkan kemampuan kognitif dengan kecepatan yang luar biasa.

Ruiko Henmi CEO Heguru menjelaskan untuk membentuk karakter dan pola pikir anak harus ada metode pendekatan yang efektif sehingga pengembangan otak kanan anak bisa lebih baik. "Orang tua bisa mengandalkan bagaimana anak untuk menghapal benda di sekitar dengan musik dan cerita," katanya saat seminar parenting berjudul Unlocking Your Child’s Genious! di Heguru, Puri, Jakarta Barat (22/5/2018).

Kondisi belajar itu bisa mengandalkan musik dan cerita ditambah dengan pemahaman benda di sekitar, akan akan mudah untuk menghafal dan mengurangi rasa bosan ketika belajar di dalam kelas. Selain itu, anak juga akan dirangsang untuk meningkatkan fundamental kemampuan berpikir kritis, berhitung, dan kemampuan verbal-nya. “Anak akan mudah menemukan bakatnya,” ucap Ruiko.

Dalam setiap program pelatihan, siswa akan didorong untuk mengembangkan pikiran kreatif mereka melalui kegiatan yang menyenangkan dan interaktif yang melatih pemahaman, ingatan, kemampuan berpikir analitis dan logis.

[Baca Juga: Sekolah Ini Menerapkan Metode Khusus agar Siswanya Sukses]

Modul ini tidak hanya meningkatkan kemampuan belajar siswa, rutinitas juga menumbuhkan apresiasi dalam seni dan ketajaman untuk olahraga. Dengan demikian, seorang siswa kemudian akan memaksimalkan potensi penuh dari otak kanan. Selain itu, akan ada dua guru di setiap pelajaran untuk membawa pengiriman terbaik bagi siswa. “Anak akan jadi lebih peka dan mudah menghapal dari apa yang dilihat. Biasanya anak usia 0 sampai 6 tahun lebih peka dan bisa belajar dari apa yang mereka lihat, tinggal bagaimana orang tua dan guru menyiasatinya,” lanjutnya.

Heguru Puri Indah yang merupakan cabang pertama di Indonesia ini membuka empat program kelas. Ada Pre-Natal Education, Infant and Toddler Class, Pre School Class dan Primary Class. Sementara untuk tenaga pengajar pun memiliki kriteria khusus. Pengajar terlebih dahulu dikirim ke Jepang untuk mengikuti pelatihan. Sehingga bisa benar-benar mengaplikasikan metode pembelajaran dengan lebih efektif.

Tidak hanya siswa, orang tua juga mendapat manfaat dari program pendidikan. Setiap orang tua akan menikmati membesarkan anak-anak mereka sambil memanfaatkan potensi sebenarnya dari Metode Heguru. Jadi, tak hanya buah hatinya, para orang tua juga bisa belajar lebih mengenal karakter anak mereka.

Read More

Artikel Lainnya

Selama Pandemi, Ratusan Ribu Keluarga Surabaya Bebas Retribusi PDAM

Berita Kawasan

Selama Pandemi, Ratusan Ribu Keluarga Surabaya Bebas Retribusi PDAM

10 April 2020, 08:00

Pemkot Surabaya memahami bahwa wabah COVID-19 kian menambah beban masyarakat. Sebanyak 231.211 KK Masyarakat Berpenghasilan Rendah dibebaskan retribusi PDAM.

Dukung Belajar Dari Rumah, UGM Berikan Subsidi Pulsa ke Mahasiswa

Pendidikan

Dukung Belajar Dari Rumah, UGM Berikan Subsidi Pulsa ke Mahasiswa

09 April 2020, 20:00

Dukungan pulsa atau paket data ini rupanya bukan hanya diberikan ke mahasiswa untuk proses belajar, tapi juga tenaga pengajar.

Cegah Covid-19, Pemkot Depok Perpanjang Masa Belajar di Rumah

Pendidikan

Cegah Covid-19, Pemkot Depok Perpanjang Masa Belajar di Rumah

09 April 2020, 19:00

Pemkot Depok kembali mengumumkan perpanjangan masa belajar di rumah dalam rangka menekan penyebaran wabah COVID-19 di wilayahnya.

Diet Kaldasa, Solusi Mengurangi Prilaku Autisme

Kesehatan

Diet Kaldasa, Solusi Mengurangi Prilaku Autisme

09 April 2020, 18:00

Kaldasa sendiri merupakan singkatan dari kaldu, sayur dan daging. Tiga komponen tersebut diyakini mampu membuat anak dengan autisme lebih tenang dan lebih fokus.


Comments


Please Login to leave a comment.