Melatih Keseimbangan Tubuh Melalui Permainan Tradisional Egrang

Berita Kawasan

Melatih Keseimbangan Tubuh Melalui Permainan Tradisional Egrang

Pernah mencoba bermain egrang? Atau bahkan sering bermain egrang? Selain sebagai permainan yang dimainkan baik anak-anak maupun orang dewasa, egrang juga dikategorikan sebagai salah satu olahraga tradisional dari Indonesia. Terbukti dengan diadakannya kategori lomba egrang dalam Kejuaraan Olahraga Tradisional tingkat Provinsi DKI Jakarta yang belum lama ini diselenggarakan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta.

Melansir warisanbudaya.kemdikbud.go.id (1/1/2014), permainan egrang merupakan salah satu permainan tradisional yang dapat dijumpai di berbagai daerah, salah satunya Jakarta. Di daerah lain, permainan tradisional egrang memiliki nama yang berbeda-beda. Misalnya, sebagian wilayah Sumatera Barat menyebutnya dengan nama tengkak-tengkak. Atau, masyarakat Bengkulu mengenalnya dengan sebutan ingkau.

Melatih Keseimbangan Tubuh Melalui Permainan Tradisional Egrang

Permainan tradisional egrang terbilang sangat unik, karena sangat dibutuhkan keterampilan dan keseimbangan tubuh bila menaikinya. Sehingga, jika ingin melatih keseimbangan tubuh dengan cara yang tradisional, sebenarnya bisa juga dengan memainkan permainan tradisional ini. Alat permainan tradisional ini menggunakan dua batang bambu dengan ukuran yang sama.

[Baca Juga: Hadang, Sebutan Lain Permainan Tradisional Gobak Sodor]

Biasanya, ukuran panjang bambu kurang lebih 2,5 meter yang dilengkapi dengan tempat pijakan kaki yang rata dengan lebar kurang lebih 20cm dan jaraknya sekitar 50 cm dari bawah. Meski begitu, ukuran egrang bisa disesuaikan dengan pemakainya tergantung usia. Jika yang bermain orang dewasa, maka egrang dibuat lebih panjang dan tinggi, sedangkan untuk anak dibentuk dengan ukuran yang lebih pendek.

Tak semua orang bisa bermain permainan tradisional yang berguna melatih keseimbangan ini. Namun, jika sudah sekali mencoba, banyak orang yang penasaran untuk bisa memainkannya. Karena, permainan tradisional egrang bersifat hiburan sekaligus kompetitif. Jenis permainan egrang yang biasa dilakukan adalah untuk balapan per individu atau pun sepak bola egrang.

[Baca Juga: Mengenal Permainan Olahraga Tradisional Sumpitan]

Untuk bermain egrang, tidak ada tempat khusus karena permainan tradisional ini bisa dimainkan dimana saja, seperti tanah lapang, jalanan, atau tepi pantai. Jika dilombakan, permainan egrang biasanya dibuat garis start dan garis finish. Pemain yang lebih dahulu mencapai garis finish akan dinyatakan sebagai pemenang.

Selain sebagai olahraga tradisional yang melatih keseimbangan tubuh, egrang juga memiliki nilai budaya, yaitu kerja keras, keuletan, dan sportivitas sebagaimana dilansir klasika.id (2/9/2019). Kapan terakhir Anda bermain permainan tradisional ini?


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.