Melatih Keseimbangan Tubuh Melalui Permainan Tradisional Egrang

Berita Kawasan

Melatih Keseimbangan Tubuh Melalui Permainan Tradisional Egrang

Pernah mencoba bermain egrang? Atau bahkan sering bermain egrang? Selain sebagai permainan yang dimainkan baik anak-anak maupun orang dewasa, egrang juga dikategorikan sebagai salah satu olahraga tradisional dari Indonesia. Terbukti dengan diadakannya kategori lomba egrang dalam Kejuaraan Olahraga Tradisional tingkat Provinsi DKI Jakarta yang belum lama ini diselenggarakan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta.

Melansir warisanbudaya.kemdikbud.go.id (1/1/2014), permainan egrang merupakan salah satu permainan tradisional yang dapat dijumpai di berbagai daerah, salah satunya Jakarta. Di daerah lain, permainan tradisional egrang memiliki nama yang berbeda-beda. Misalnya, sebagian wilayah Sumatera Barat menyebutnya dengan nama tengkak-tengkak. Atau, masyarakat Bengkulu mengenalnya dengan sebutan ingkau.

Melatih Keseimbangan Tubuh Melalui Permainan Tradisional Egrang

Permainan tradisional egrang terbilang sangat unik, karena sangat dibutuhkan keterampilan dan keseimbangan tubuh bila menaikinya. Sehingga, jika ingin melatih keseimbangan tubuh dengan cara yang tradisional, sebenarnya bisa juga dengan memainkan permainan tradisional ini. Alat permainan tradisional ini menggunakan dua batang bambu dengan ukuran yang sama.

[Baca Juga: Hadang, Sebutan Lain Permainan Tradisional Gobak Sodor]

Biasanya, ukuran panjang bambu kurang lebih 2,5 meter yang dilengkapi dengan tempat pijakan kaki yang rata dengan lebar kurang lebih 20cm dan jaraknya sekitar 50 cm dari bawah. Meski begitu, ukuran egrang bisa disesuaikan dengan pemakainya tergantung usia. Jika yang bermain orang dewasa, maka egrang dibuat lebih panjang dan tinggi, sedangkan untuk anak dibentuk dengan ukuran yang lebih pendek.

Tak semua orang bisa bermain permainan tradisional yang berguna melatih keseimbangan ini. Namun, jika sudah sekali mencoba, banyak orang yang penasaran untuk bisa memainkannya. Karena, permainan tradisional egrang bersifat hiburan sekaligus kompetitif. Jenis permainan egrang yang biasa dilakukan adalah untuk balapan per individu atau pun sepak bola egrang.

[Baca Juga: Mengenal Permainan Olahraga Tradisional Sumpitan]

Untuk bermain egrang, tidak ada tempat khusus karena permainan tradisional ini bisa dimainkan dimana saja, seperti tanah lapang, jalanan, atau tepi pantai. Jika dilombakan, permainan egrang biasanya dibuat garis start dan garis finish. Pemain yang lebih dahulu mencapai garis finish akan dinyatakan sebagai pemenang.

Selain sebagai olahraga tradisional yang melatih keseimbangan tubuh, egrang juga memiliki nilai budaya, yaitu kerja keras, keuletan, dan sportivitas sebagaimana dilansir klasika.id (2/9/2019). Kapan terakhir Anda bermain permainan tradisional ini?


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digita l.jpg

Pendidikan

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digital

15 May 2022, 10:38

Di era digital saat ini, SDM di Tanah Air didorong memiliki kemampuan public speaking yang tak hanya bersifat luring tapi juga daring.

Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata Ini Dipanen Wagub Ariza.jpg

Berita Kawasan

Panen Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata

13 May 2022, 16:04

Wagub Ariza baru-baru ini bersama istrinya merasakan langsung bagaimana memanen buah belimbing serta sayur bayam di lahan eduwisata urban farming Jakarta Selatan.

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmi n.jpg

Hobi dan Hiburan

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmin

13 May 2022, 10:02

Pada hari ini, DJ Lyfes asal negara Belanda meluncurkan hasil kolaborasinya besama produser EDM dalam negeri DJ Yasmin.

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022.jpg

Pendidikan

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022

12 May 2022, 19:32

Acer Indonesia telah mempersiapkan hadiah total Rp500 juta dalam ajang penghargaan ASSA 2022 demi mempercepat transformasi digital di sekolah SD hingga SMA/SMK di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.