ads
BOGOR_KESEHATAN_MELAWAN DBD DENGAN POLA HIDUP SEHAT

Kesehatan

Melawan DBD dengan Pola Hidup Sehat

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Jargon ini begitu terkenal di dunia kesehatan. Sebab memang, melakukan pencegahan akan jauh lebih baik dibanding harus berobat setelah terserang penyakit. Hal tersebut juga ditekankan Dinas Kesehatan Kota Bogor. Demi menekan kasus demam berdarah dengue atau DBD yang berpotensi mengalami peningkatan di musim hujan, pihaknya rajin mengampanyekan pola hidup sehat sebagai langkah pencegahan. Diharapkan, kampanye tersebut dapat menekan atau mengurangi jumlah kasus DBD di Kota Bogor. Kampanye ini juga mendorong warga yang mengalami gejala DBD untuk segera memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan seperti puskesmas, atau beberapa rumah sakit (RS) di Kota Hujan seperti RSUD Bogor, RS PMI Bogor, RS Mulia Bogor, atau RS Hermina Bogor.

Dalam kampanye ini, satuan kerja perangkat daerah yang dipimpin Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Rubaeah tersebut menjadikan masyarakat sebagai subjek, bukan objek sebagaimana biasanya. Masyarakat diberdayakan untuk mampu secara mandiri menjamin terpenuhinya kebutuhan kesehatan yang berkesinambungan, dan mengembangkan sejumlah prakarsa dalam membangun lingkungan sehat. Hal ini dilakukan karena Dinas Kesehatan Kota Bogor melihat kalau sejauh ini kasus DBD dan beberapa penyakit lainnya muncul karena lingkungan dan pola hidup yang kurang sehat.

[Baca Juga : 5 Cara Mengusir Nyamuk yang Anti-Mainstream]

"Sekitar 75 persen penyebaran penyakit terjadi karena pengaruh lingkungan yang kotor dan perilaku atau pola hidup sehat masyarakat yang masih minim," kata Rubaeah saat memberikan penyuluhan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Cimanggu Barata, Kedung Badak, belum lama ini. "Penyakit demam berdarah adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus dan ditularkan oleh nyamuk. Selain itu, penyakit DBD juga berkembang di tengah kondisi lingkungan yang kurang sehat dan kurang bersih. Kondisi Ini akibat tidak diterapkannya PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat),” lanjutnya.

Kampanye pencegahan DBD dan pola hidup sehat dilakukan Dinas Kesehatan Kota Bogor dengan dua cara. Pertama, dengan program Pemberantasan Sarang Nyamuk atau PSN yang dilakukan secara serentak. Hal ini dimaksudkan supaya nyamuk tidak menyebar dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Program ini juga termasuk penerapan 3M, yakni menguras, menutup, dan Mengubur. Ketiganya dilakukan pada tempat atau barang yang berpotensi jadi sarang nyamuk DBD. Kegiatan 3M sendiri minimal dilakukan satu minggu sekali untuk menghilangkan jentik-jentik nyamuk.

[Baca Juga : Cara Atasi Bahaya Nyamuk Pantai di Jakarta]

Sementara yang kedua, Rubaeah menjelaskan, pihaknya melakukan PSN plus. Hal tersebut dilakukan dengan cara menanam pohon, atau dengan memelihara ikan di sumber-sumber genangan air. Dengan demikian, lingkungan yang mendorong pola hidup sehat akan tercipta, dan penyebaran virus atau kasus DBD pun bisa ditekan atau diminimalisir.

Jika upaya menjaga lingkungan dan pola hidup sehat sudah dijalankan, tapi masih ditemukan gejala atau ada masyarakat yang terserang DBD, Rubaeah mengimbau agar penderita segera datang ke sarana kesehatan terdekat untuk mendapatkan pertolongan pertama. Sarana yang dimaksud bisa puskesmas, atau beberapa rumah sakit seperti RSUD Bogor, RS PMI Bogor, RS Mulia Bogor, dan RS Hermina Bogor. Hal tersebut perlu dilakukan karena mutasi penyebaran virus DBD sulit diprediksi. Di sisi lain, langkah ini juga perlu dilakukan agar tenaga medis dan dinas terkait bisa mengetahui pola baru atau penyebab lain yang berisiko menyebabkan DBD pada diri seseorang.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Kampus PUPR Jadi Contoh Greenship Neighborhood.jpg

Properti dan Solusi

Kampus PUPR Jadi Contoh Greenship Neighborhood

T3 24 February 2019, 10:00 a.m.  |  2 Views

Kampus PUPR yang dikembangkan Kementerian PUPR sebagai percontohan Greenship Neighborhood.

Buruknya Infrastruktur Pendidikan di Bekasi.jpg

Pendidikan

Tahun 2019 Jadi Prioritas Infrastruktur Pendidikan di Bekasi

T3 24 February 2019, 09:00 a.m.  |  2 Views

Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di setiap daerah, termasuk Jawa Barat pembanguan infrastruktur seharusnya jadi perhatian penting bagi pemerintah setempat.

Vaksin Rabies Gratis di Stan Dinas KPKP Jakarta.jpg

Berita Kawasan

Vaksin Rabies Gratis di Stan KPKP Jakarta Indonesia Pet Show 2019

T3 23 February 2019, 09:00 a.m.  |  5 Views

Dinas KPKP Jakarta memberikan layanan vaksi gratis untuk pengunjung yang membawa hewan peliharaan mereka ke JIPS 2019.

Kampung Batik Siap Tampil di Festival Budaya Musim Semi Belanda.jpg

Kecantikan dan Fashion

Kampung Batik Siap Tampil di Festival Budaya Musim Semi Belanda

T3 23 February 2019, 10:00 a.m.  |  3 Views

Belanda merupakan negara pertama yang akan diperkenalkan batik buatan warga di wilayah paling timur Kota Tangerang ini.


Comments

Please Login to leave a comment.

ads